ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Bagaimana Cara Mengendalikan Kolesterol? Berikut 5 Cara Mengendalikan Kolesterol - Bospedia.com

Kolesterol diketahui sebagai pemicu berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, gangguan jantung hingga stroke. Sebenarnya kolesterol merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya belebihan di dalam tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit.

Jika Anda punya penyakit kolesterol, Anda harus mengatur pola hidup yang sehat. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

1. Mengetahui kadar kolesterol
 1. Mengetahui kadar kolesterol
sumber gambar obattradisionalterbaik.web.id

Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol total seseorang berada di bawah 200 mg/dL, dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di bawah angka 130, dan HDL (kolesterol baik) berada di atas angka 40.

2. Menjaga keseimbangan berat badan
2. Menjaga keseimbangan berat badan
sumber gambar agenresmigreenworldtasikmalaya.com

Mengurangi berat badan yang berlebih merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Peniltian juga menunjukkan bahwa berat badan yang berlebihan dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Meskipun kita hanya mengkonsumsi sedikit lemak, namun tidak terlihat penurunan kadar kolesterol yang berarti. Mengurangi sekitar 2.5 - 4.5 kg berat badan diduga dapt memperbaiki kadar kolesterol.

3. Aktifitas fisik rutin
olahraga jalan pagi
sumber gambar cara.media

Salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan berolahraga secara rutin. Jalan kaki atau jenis olahraga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan saja bahwa kita berolahraga 30 menit setiap hari dan lima hari dalam seminggu.

4. Berkenalan dengan lemak baik
4. Berkenalan dengan lemak baik
sumber gambar: ahlikolesterol.com

Jika telah terdiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi, biasanya disarankan agar kita menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya kita mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Seperti: selai kacang, alpukad, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak tersebut membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan HDL.

5. Mengkonsumsi Multivitamin
 5. Mengkonsumsi Multivitamin
sumber gambar draxe.com

Sekalipun telah mengkonsumsi makanan yang sehat, tetap saja ada kemungkinan tubuh kita kekurangan unsur nutrisi tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kita disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen makanan untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya pilih multivitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12, karena ketiganya memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Demikianlah tips mengendalikan kolesterol. Semoga bermanfaat dan sehat selalu :)