Pernahkah Anda Mengunjungi Pulau Tidore, Berikut Enam Destinasi Wisata Di Kota Tidore Kepulauan - Bospedia.com

Di wiliyah timur Indonesia dikenal sebagai daerah dengan penorama alam yang indah. Air lautnya yang bening, pasir pantainya yang rata-rata berwarna putih dan lanskap dengan floranya yang khas hutan tropis, sangat menggoda setiap mata yang memandang. Di dukung dengan keasriannya nan alami, alam Indonesia timur semakin menggiurkan pelancong destinasi wisata mana pun. Akan tetapi, hal yang disayangkan dari semua ini adalah minimnya publikasi dari pemerintah setempat. Sehingga jarang para turis mengetahui destinasi wisata di Indonesia bagian timur, yang lebih terkhusus di daerah Kota Tidore Kepulauan, Profinsi Maluku Utara.

Berangkat dari niat baik untuk membantu pemerintah memublikasikan destinasi wisata di Tidore, kali ini Bospedia.com menyajikan informasi seputar tempat yang merupakan tujuan wisata di kota Tidore Kepulauan.



1. Puncak Kie Matubu

Image source Google.com

Dulu di zaman sebelum kesultanan Tidore, puncak yang kini bernama Kie Matubu tersebut bernama Marijang yang dalam bahasa Indonesia berarti "Yang paling indah". Ya, memang nama tersebut pantas untuk puncak seperti Kie Matubu tersebut. Sebagai puncak tertinggi di profinsi Maluku Utara, Kie Matubu menawarkan keindahan yang tidak kalah indah dengan puncak-puncak lain di Indonesia. Apalagi sebagai puncak di pulau kecil Tidore, maka di Puncak Kie Matubu anda dapat melihat pulau-pulau kecil lain di sekitarnya dengan puncaknya yang begitu indah. Seperti pulau ternate, Moti, Makian, Halmahera. Apalgi di malam hair anda bisa meyaksikan keindahan sinar lampu di kota Tidore maupun Ternte serta Sofifi yang merupakan Ibu Kota Maluku Utara.

2. Benteng Tore

Image source Google.com

Benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis ini memiliki peran penting pada masanya. Benteng yang menghadap ke pulau halmahera tersebut menawarkan keindahan laut yang eksotis. Apalagi, ketika anda naik ke bangunan benteng tersebut, anda juga dapat menyaksikan Kedaton Kesultanan Tidore.

3. Pulau Failonga

Image source Google.com

Image source Google.com

Pulau kecil tanpa penghuni ini, merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menjanjikan keindahannya. Terletak dintara pulau Tidore dan Halmahera, pulau ini sangat diminati untuk dilakukan camping. Dimalah hari angin di pulau ini sangat sejuk.

4. Pulau Maitara

Image source Google.com

Pulau kecil berpenghuni ini terletak di antara pulau Tidore dan Ternate. Saat ini pemerintah Kota Tidore menjadikan pulau ini sebagai icon wisata Kota Tidore kepulauan. Dimalam hari anda dapat menyaksikan keindahan kota Ternate dari pulau ini. Selain keindahan agronya, pulau ini juga menawarkan keindahan dasar lautnya dengan beribu biota lautnya. 

5. Pantai Cobo

Image source Google.com

Terletak di timur pulau Tidore, pantai cobo menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah dengan tempat-tempat lain di Tidore. Dengan pasirnya berwarna putih, pantai ini menghadap ke Jailolo dan anda juga dapa melihat kota Ternate di pantai ini. Sehingga sangat cocok jika anda melakukan foto-foto di sini.     

6. Pantai Rum

Image source Google.com

Rum merupakan sebuah kelurahan atau desa di utara Kota Tidore Kepulauan. Pelabuhan yang menghubungkan transportasi laut antara Tidore dengan Ternate ada di sini. Jika Anda ingin ke pulau Maitara pun lewat Kelurahan Rum. Pantai yang sepanjang bibirnya terdapat pohon kelapa tersebut sangat indah dan cocok untuk digunakan refresing dan melepas kepenakan kalian. Sangat cocok juga untuk wisata keluarga, apalagi anda dapat menyaksikan sunset di pantai Rum ini