Cara Mudah Menemukan Referensi Di Perpustakaan Bagi Kamu Yang Sering Kesulitan - Bospedia.com

Buku yang disediakan di perpustakaan sebenarnya sudah diolah dan dikelola oleh pustakawan dengan sangat rinci agar pemustaka bisa  mencari sumber referensi yang mereka butuhkan. Namun kadangkala masih ada beberapa pemustaka yang kesulitan mencari sumber referensi, baik itu dari buku, jurnal, majalah, atau koleksi tercetak lainnya. Maka dari itu, mencari buku di perpustakaan harus menggunakan beberapa trik untuk dapat menemukannya, nah kali ini Bospedia.com akan berbagi beberapa cara mudah menemukan koleksi perpustakaan :



1. Belajarlah untuk menelusuri koleksi lewat sistem informasi perpustakaan

ini adalah salah satu jenis sistem informasi yang disediakan diperpustakaan, untuk memasukkan beberapa database buku
image source www.airmediapersada.com

Sistem informasi perpustakaan sangat dibutuhkan untuk membantu menemukan koleksi secara cepat, jika kamu belum pernah pergi ke perpustakaan, maka jangan malu-malu untuk bertanya kepada pustakawan bagaimana cara menelusuri informasi yang paling tepat.


2. Cari koleksi yang kamu inginkan lewat OPAC (online public access cataloging) atau sistem informasi yang ada di perpustakaan tersebut

online public access cataloging adalah hal yang paling pokok dan sangat di perpustakan agar perpustakaan menjadi bagus
image source lrc.bloomfield.edu.ph

Mencari koleksi lewat OPAC akan sangat membantu kamu saat kesulitan mencari koleksi diperpustakaan. banyaknya buku yang disediakan diperpustakaan tidak akan selesai kamu baca jika kamu hanya ingin mencari satu atau dua koleksi saja. Dengan adanya OPAC, kamu cukup menulis kode buku yang kamu cari, setelah itu kamu dapat langsung menuju ke rak yang sesuai dengan kode buku tersebut.


3. Jika kamu sudah mencatat kode buku maka kamu dapat langsung mencari buku tersebut ke rak

kode buku juga bisa disebu dengan nomor kelas untuk membantu pemustaka menemukan buku di perpustakaan
image source panduan.blankonlinux.or.id

Fungsi utama kode buku adalah untuk mengelaskan buku tersebut sesuai dengan subjek yang ada. Jika buku tersebut sudah mengelompok, maka pemustaka akan mudah untuk mencari koleksi di perpustakaan. Begitu pula jika buku tersebut di beri kode, maka akan semakin rapi sehingga pemustaka akan senang untuk memanfaatkannya.


4. Mintalah Pustakawan untuk mengajari kamu cara mencari buku di rak

pustakawan yang sedang mengajari pemustakanya untuk menggunakan koleksi perpustakaan
image source duniaperpustakaan.com

Jika kamu merasa kesulitan mencari buku maka segeralah untuk menemui pustakawan, dan mintalah untuk mencarikan buku yang kamu cari ke rak. Peran pustakawan disini sangatlah penting untuk membantu pemustaka menemukan koleksi yang ada diperpustakaan. Seperti tugas utama pustakawan adalah menyediakan dan menyampaikan informasi kepada pemustaka.


Nah, sangat disayangkan bukan kalau kamu tidak menyempatkan diri ke perpustakaan? banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke perpustakaan. Berbagai jenis koleksi akan disediakan disana, jadi kamu tidak perlu untuk repot-repot membeli buku yang akan kamu gunakan sebagai referensi. Terima kasih telah membaca Cara Mudah Menemukan Referensi Di Perpustakaan Bagi Kamu Yang Sering Kesulitan di Bospedia.com, ikuti terus artikel kami,, :)