Tahukah Anda Tokoh Spiritual Berpengaruh Di Abad Ini? Berikut Adalah Lima Tokoh Tersebut - Bospedia.com

Dunia dengan berbagai gemerlab perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, tidak semerta-merta menjadikan manusia itu terbebas dari belenggu kegelisahan. Kegelisahan tersebut muncul dikarenakan kebanyakan dari kita kehilangan arah dan tujuan hidup. Sehingga tindakan yang dianggapnya sebagai solusi untuk keluar dari kondisi tersebut kerap dilakukan. Berbagai peristiwa bersar nan menggerikan seperti aksi terorisme, perang bersaudara, dan aksi bunuh diri serta masih banyak lagi merupakan efek dari ketidak mampuannya manusia modern lepas dari persoalan hidupnya. Sehingga mereka mengalami berbagai kegelisahan. 

Di tengah-tengah masyarakat modern yang selalu dalam kegelisahan tersebut, ternyata mereka juga mencari sosok yang dianggap sebagai sandaran hidup dan penyejuk hati mereka yang selalu gelisah itu. Para tokoh-tokoh tersebut, kata-katanya bagaikan semerbak semilir angin yang menyejuk hati seseorang. Dan mereka menjadikan para tokoh-tokoh tersebut juga sebagai oase yang berada dalam sahara kegelisahan mereka. Berikut Bospedia.com akan menyejikan kelima tokoh spiritual yang paling berpengaruh di dunia tersebut.


1. Ayatullah Ali Khamenei

Image source Google.com

Tokoh ini dalam pemerintahan  Republik Islam Iran merupakan Rahbar atau Pemimpin Spiritual. Lahir pada tahun 1940, pemimpin spiritual sekaligus ulama tersohor di Iran maupun umat Syi'ah ini, merupakan berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya merupakan Ulama dan Ibunya merupakan orang yang sangat memahami agama Islam dengan baik. Beliau merupakan murid Pemimpin Revolusi Islam Iran, yaitu Ayatullah Imam Ruhullah Khomeini.

2. Paus Fransiskus

Image source Google.com

Pemimpin Gereja Katolik Vatikan yang berasal dari Argentina ini merupakan seorang yang tersohor dan berpengaruh di kalangan umat Katolik. Majalah Time merilis informasi mengenai tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh, dan Paus yang bernama Asli Jorge Mario Bargoglio tersebut termasuk di dalamnya. 

3. Dalai Lama

Image source Google.com

Pemimpin spiritual Tibet yang bernama asli Tenzin Gyatso ini tidak begitu dikenal orang dengan nama aslinya itu. Akan tetapi jika dipanggilnya dengan nama Dalai Lima, maka orang-orang pasti memahaminya sebagai pemimpin spiritual Tibet. Sebagian umat Budha meyakini Dalai Lama -14 ini sebagai reinkarnasi dari Budha. Hal tersebut lantaran sifat dan tingkahnya yang ramah dan selalu membaur dengan berbagai lapisan masyarakat.

4. Thic Nhat Hanh

Image source Google.com

Walaupun usianya yang sudah seabad, tokoh spiritual yang satu ini masih saja melakukan perjalanan keliling dunia. Perjalanannya tersebut beliau lakukan dengan misi memperkenalkan cara meditasi kepada masyarakat internasional, agar mereka juga bisa menenangkan hati dan diri mereka. Selai sebagai seorang spiritualis, Thic juga aktif dalam dunia tulis menulis. Sudah 100 artikel ditulisnya. Kebanyakan dari tulisannya adalah puisi dan sejarah Buddha.

5. Deepak Chopra

Image source Google.com
Tokoh kelahiran Indian ini, di kabarkan merupakan tokoh spiritul bagi selebriti Amerika Serikat. Hal tersebut karena kedekatan beliau dengan sejumlah artis-artis terkenal Amerika. Seperti Michael Jackson, Madona, Angelina Jolie, Brad Pitthingga Chaterine Zeta Zones. Tokoh ini dulunya merupakan seorang lulusan kedokteran, namun berkat pengembangan dirinya untuk menjadi seorang konsultan bagi mereka yang mengalami stres hingga jatuh mental yang menjadikannya sebagai tokoh spiritual selebriti,