Lebih baik kamera jelek lensa bagus atau kamera bagus lensa jelek?

Di era fotografi digital, baik kamera maupun lensa berlakon serius dalam mematokkan nilai kualitas gambar. Kamera digital lewat teknologi sensor dan kontrol warna, kontras (dynamic range), dan noise di ISO tinggi. disamping itu, makin bagus kameranya, kinerja kamera makin baik dalam Perihal lancar dan autofokus.

http://www.ipodzones.com


Seperti lensa mematokkan aperture / bukaan yang bisa dipakai, ketajaman, bokeh (kehalusan area yang tak fokus), detail halus yang bisa ditangkap, tahan pada suar saat lensa teras warna langsung, warna, distorsi, chromatic abberation (CA), dan vinet.

Jenis fotografi juga mematokkan perbedaan kualitas antara kedua, bila memotret dengan cahaya yang terkendali layaknya di dalam studio, atau cahaya yang cukup, kamera pemula dengan lensa dasar yang murah telah amat baik. Malah, bila memotret di pencahayaan yang terlampau kontras, gelap, atau butuh memotret yang berurutan dengan cepat, itulahkan kamera yang lebih baik lebih bagus.

Tentu saja, kalau begitu sesegera mungkin pilih, saya akan memprioritaskan lensa yang bagus dulu. Lagian dari aspek ekonomi, harga kamera kebiasaannya turun cukup laju seiring berjalannya waktu, lebih banyak lagi harga stabil, dan frekuensi bisa naik menuruti inflasi dan kurs.