5 Cara Untuk Meningkatkan Metabolisme Anda Saat Anda Semakin Tua

Ingat saat-saat ketika sesekali menikmati burger dan pizza tidak banyak memberi kontribusi pada perut Anda seperti sekarang? Seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme Anda cenderung turun. Dengan bertambahnya usia, lebih mudah untuk menambah berat badan karena tidur yang tidak memadai dikombinasikan dengan beberapa kebiasaan tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok berkontribusi pada massa otot yang lebih rendah dan metabolisme yang lebih lambat. Ini mungkin alasan mengapa olahraga teratur dan makan sehat disarankan sebagai faktor penting setiap saat.



Namun, ada lagi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme Anda dan mengurangi kerusakan pada tubuh Anda kapan pun Anda merasa ingin makan cepat atau junk food.



Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu Anda memiliki metabolisme yang lebih cepat:


1. Miliki makanan yang lebih pedas

Ada penelitian yang telah menunjukkan berbagai manfaat kesehatan dari makanan spicier. Sebuah studi yang dilakukan tahun lalu menyatakan bahwa capsaicin pada cabai dapat meningkatkan metabolisme dan bahkan mencegah penambahan berat badan ekstra pada konsumsi makanan yang kaya akan lemak. Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa 1 gram cabai dapat mengurangi nafsu makan Anda. Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi 5 gram cabe rawit bisa langsung meningkatkan metabolisme hingga 20% selama sekitar 30 menit.

2. Lakukan latihan beban

Sementara kardio membantu pembakaran kalori berlebih, latihan beban penting untuk menjaga massa otot. Massa otot membantu membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pria yang lebih tua, terbukti bahwa pelatihan ketahanan selama 16 minggu membantu mengurangi lemak dan meningkatkan metabolisme. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa latihan beban lebih efektif pada wanita dibandingkan pria.

3. Miliki diet kaya protein

Protein penting dalam menjaga massa otot yang membantu dalam membakar lebih banyak kalori. Orang yang mengkonsumsi lebih banyak protein telah dilaporkan memiliki tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi.

4. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan kaya protein berkhasiat mengurangi makanan ringan untuk sisa hari itu. Makan di antara makanan biasanya mengandung banyak makanan tidak sehat yang mengandung gula tinggi. Satu studi di Inggris bahkan menyebutkan bahwa orang yang makan sarapan 2 jam setelah bangun kemungkinan akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

5. Minum air putih

Selain sangat baik untuk kesehatan, minum lebih banyak air juga berkontribusi pada tingkat metabolisme yang lebih baik. Ini membantu dalam merasa kenyang dan mencegah makan berlebih. Dan minum air hangat atau yang pada suhu kamar lebih bermanfaat daripada minum air dingin.