Masalah Umum Samsung Galaxy J3 Dan Perbaikannya

J3 Samsung adalah smartphone terjangkau yang diluncurkan tahun lalu. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup layak, cocok untuk smartphone yang jangkauannya. Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi pengguna saat menggunakan ponsel.



Kami telah mengumpulkan daftar masalah dan tip berguna tentang cara mengatasinya. Panduan singkat ini menawarkan masalah umum Samsung Galaxy J3 dan perbaikannya.



Masalah Umum Samsung Galaxy J3 Dan Perbaikannya


Masalah 1 - Masalah WiFi Samsung J3



Dua masalah paling umum yang dihadapi pengguna dengan Wi-Fi adalah crash koneksi dan sinyal buruk. Berikut adalah beberapa solusi yang mungkin untuk masalah WiFi Samsung J3.

Solusi

Nonaktifkan Switch Jaringan Pintar

Fitur ini memungkinkan Anda beralih secara otomatis dari data WiFi ke ponsel jika koneksi Wi-Fi tidak stabil. Peralihan ini mengganggu sinyal secara teratur terutama saat jaringan WiFi Anda mencoba mendapatkan koneksi yang stabil. Menonaktifkan fitur ini akan membiarkan perangkat Anda berkonsentrasi untuk mendapatkan jaringan yang stabil tanpa harus kembali ke perangkat mobile.

  1. Hubungkan J3 Anda ke WiFi dan pergi ke Settings
  2. Sentuh berikutnya pada Connections
  3. Ketuk WiFi
  4. Sekarang sentuh Menu (tiga ikon titik di sebelah kanan Anda)
  5. Ketuk Smart Network Switch dan matikan


Setel ulang Pengaturan Jaringan
  1. Pergi ke pengaturan
  2. Ketuk Backup & Reset
  3. Ketuk Reset Network Settings
  4. Anda mungkin diminta untuk pola / kata sandi / PIN jika Anda telah mengamankan telepon Anda dengannya. Setelah yang dibutuhkan, Anda perlu menekan Reset Settings untuk konfirmasi.

Lupakan Jaringan dan Sambungkan Sekali Lagi
  1. Di panel pemberitahuan tahan dan tekan ikon WiFi - ini akan membuka Pengaturan WiFi
  2. Carilah jaringan yang Anda hadapi
  3. Setelah mengetuknya lalu tekan sekali lagi di Lupakan
  4. Hidupkan ulang perangkat Anda dan hubungkan kembali ke jaringan WiFi dari yang baru
Usap Partisi Cache

Kita semua sadar akan masalah kecil yang bisa muncul jika partisi cache menjadi usang dan berantakan.
  1. Pastikan perangkat Anda memiliki cukup baterai. Jika tidak maka isi ulang sebelum Anda dapat memulai prosesnya.
  2. Matikan Samsung J3 Anda
  3. Tekan dan tahan tombol Home, tombol Volume Up, dan tombol Power
  4. Lepaskan Power saat logo Samsung muncul tapi tetap memegang tombol Home dan tombol Volume Naik
  5. Begitu logo Android muncul, lepaskan tombol Home dan Volume
  6. Gunakan tombol Volume Turun dan sorot Wipe Cache Partition
  7. Konfirmasikan pilihan menggunakan tombol Power
  8. Gunakan tombol Volume Turun lagi untuk menyorot Ya dan buat pilihan menggunakan tombol Daya
  9. Saat proses restart selesai J3 dan periksa apakah masalah WiFi tetap ada

Masalah 2 - Masalah Layar Samsung J3



Ada berbagai jenis masalah layar yang dilaporkan oleh pengguna J3. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Garis di Layar
  2. Masalah Screen Flickering
  3. Layar Hitam Kematian

Berikut adalah beberapa solusi yang mungkin untuk mengatasi masalah layar Samsung J3.

Solusi


Pendekatan untuk memecahkan masalah garis pada masalah Screen and Screen Flickering adalah sama.

Meskipun ada kerusakan fisik di layar, beberapa pengguna menghadapi masalah garis di layar mereka. Bagi beberapa orang, masalahnya adalah dengan layar yang berkedip-kedip. Untuk mulai dengan, Anda bisa mulai dengan pemecahan masalah Samsung j3. Hal ini dapat dilakukan dengan me-restart dan memeriksa telepon Anda dalam Safe Mode. Dalam Mode Aman, semua aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan. Ini akan membantu Anda memahami jika ada masalah dengan salah satu aplikasi.

Mode aman
  1. Jika ada kesalahan perangkat lunak maka telepon bisa dimulai di Safe Mode untuk melihat apakah masalahnya terjadi.
  2. Pertama, ketuk tombol Apl terkini dan tutup semua aplikasi menggunakan ikon Tutup
  3. Tekan tombol Power dan tahan terus sampai tampilan pilihan berbeda
  4. Tekan dan tahan Power off, Anda akan menemukan mendapatkan prompt untuk Reboot ke Safe Mode
  5. Ketuk pada pilihan ini, ini akan me-restart perangkat tapi akan memakan waktu lebih lama dari waktu yang biasa dilakukan untuk memulai. Sekarang ketika telepon restart akan mulai di Safe Mode. Anda akan dapat melihat Safe Mode di pojok kiri bawah Home Screen.
  6. Jika baris tidak ada di layar Anda, mungkin itu karena aplikasi yang salah. Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi satu per satu atau mengembalikan ke setelan pabrik.
  7. Kembali ke mode normal cukup mudah. Cukup tekan tombol Power dan klik pada pilihan untuk Restart.

Usap Partisi Cache

Saat berada dalam Safe Mode Anda juga dapat mencoba dan menghapus partisi cache untuk memeriksa apakah masalah tetap ada. Proses untuk menghapus partisi cache telah disebutkan di atas. Menyeka partisi cache membantu karena akan menyegarkan dan membersihkan telepon. Ini juga bisa memperbaiki banyak masalah dan masalah kecil.

Hard Reset

Ini akan menghapus semua data dan pengaturan Anda. Jadi, pastikan Anda mengambil cadangan yang tepat dulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Tekan dan tahan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Up dan tunggu logo Samsung muncul
  2. Ini akan memakan waktu beberapa saat agar menu Hard Reset muncul
  3. Gunakan tombol Volume Turun dan gulir ke bawah untuk menemukan Wipe Data / Factory. Sekarang pilih dengan menggunakan tombol Power
  4. Gulir ke bawah menggunakan tombol Volume Turun untuk menyorot Ya-Hapus Semua Data Pengguna dan kemudian sekali lagi pilih menggunakan tombol Daya
  5. Samsung J3 Anda akan menghapus semua isinya dan kemudian melakukan reboot ke pengaturan awal layarnya.

Layar Hitam adalah saat telepon Anda akan mati secara otomatis dan akan gagal untuk restart. Samsung J3 Anda juga tidak akan menyala. Ini mungkin sekali lagi menjadi masalah perangkat lunak atau firmware crash. Berikut adalah beberapa solusi yang mungkin untuk mengatasi masalah layar Samsung J3 Black Screen:

Lepaskan Baterai dan Soft Reset

Karena J3 memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda dapat mencoba menarik penutup smartphone dengan hati-hati untuk melepaskan baterai. Setelah ini tekan terus tombol Daya selama satu menit dan kemudian pasang kembali baterai ke posisinya. Saat Anda memulai ulang setelah langkah ini, telepon Anda mungkin akan dihidupkan.

Isi Telepon Anda

Setelah soft reset jika Anda masih tidak melihat ponsel Anda menyala, biarkan baterai terpasang. Pastikan semua kabel, slot dan titik steker tidak apa-apa.

Jika telepon Anda tidak mulai, Anda harus menghubungi operator, bengkel, atau Samsung Anda.


Masalah 3 - Samsung J3 Overheating


Overheating adalah hal yang tidak menyenangkan terjadi dengan smartphone Anda. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi kepanasan. Ini harus segera dilihat karena smartphone yang tetap terlalu panas untuk waktu yang lama bisa rentan terhadap gagap dan tertinggal. Hal itu bisa mengakibatkan kegagalan hardware juga. Berikut adalah beberapa cara bagaimana Anda bisa mencegah masalah overheating Samsung J3 Anda.

Solusi


Mengisi Telepon dalam Mode Aman

Biasanya, ponsel akan menampilkan masalah panas saat pengisian. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang salah dapat menyebabkan banyak masalah dan mengganggu fungsinya. Sebagai salah satu solusinya, Anda bisa mencoba dan mengisi J3 Anda dalam mode Aman. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Isi ulang ponsel Anda dalam mode ini untuk memeriksa apakah masalahnya masih ada. Anda tahu aplikasi pihak ketiga bertanggung jawab atas kepanasan jika telepon Anda tidak menunjukkan masalah saat berada dalam Mode Aman. Anda kemudian dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi satu per satu atau mengembalikan ke setelan pabrik.

Ada beberapa hal kecil yang perlu diingat saat Anda menggunakan J3 Anda. Mengikuti mereka akan membantu Anda menghindari masalah yang terlalu panas:
  1. Lepaskan casing telepon saat Anda mengisi baterai.
  2. Hindari penggunaan telepon Anda saat Anda mengisi baterai. Bermain game atau menonton video saat pengisian telepon Anda bukan sesuatu yang harus Anda lakukan.
  3. Menjaga telepon Anda di bawah sinar matahari langsung atau sumber panas untuk waktu yang lama bisa berbahaya.
Hard reset

Hard Reset juga membantu dalam memecahkan masalah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan melakukan Hard Reset pada perangkat Anda untuk mengatasi masalah overheating Samsung J3.


Masalah 4 - Masalah Kartu SD



Kartu SD adalah bagian penting dari perangkat Anda. Ini membantu dalam memperluas penyimpanan data ponsel Anda. Samsung J3 menawarkan perpanjangan maksimum 16 GB untuk penggunanya. Beberapa pengguna telah melaporkan masalah pada kartu SD - perangkat gagal mengenali kartu di dalam slot. Masalah lain yang dihadapi beberapa pengguna adalah karena mereka tidak dapat mentransfer data dari penyimpanan internal ke kartu SD mereka.

Solusi

Masukkan kembali kartu SD

Matikan J3 Anda dan lepaskan kartu SD dari slotnya. Bersihkan slot dengan kain katun lembut dan letakkan kembali kartu SD di tempatnya. Sekarang restart untuk memeriksa apakah berhasil.

Format SD Card

Solusi lain adalah dengan mengambil back-up kartu SD Anda di komputer atau laptop dan memformatnya. Anda kemudian dapat menyalin kembali konten itu lagi dan memasukkan kembali kartu tersebut.


Masalah 5 - Masalah Baterai Samsung J3


Samsung J3 menawarkan baterai 2.600 mAh. Jika Anda melihat baterai tak terduga pada perangkat Anda, ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba.

Solusi

Nonaktifkan GPS

Bila pelacak lokasi Anda berada di atasnya cenderung mengalirkan banyak energi. Hidupkan hanya bila Anda membutuhkannya. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkannya:

Pengaturan> Lokasi dan matikan. Anda akan diminta untuk lokasi dan lokasi Google Location consent screen. Ketuk Setuju untuk mematikannya.
Matikan Bluetooth

Pastikan Bluetooth Anda dimatikan saat Anda tidak menggunakannya.

Tutup Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi adalah kekuatan dan data yang kelaparan. Mereka akan tetap mengkonsumsi energi dan data saat mereka berlari di latar belakang. Ketuk tombol Recent Apps lalu tekan ikon 'X' untuk menutup semuanya.


Masalah 6 - Samsung Galaxy J3 Touch Screen Tidak Bekerja


Ada dua alasan mengapa layar sentuh mungkin tidak berfungsi - masalah perangkat lunak dan yang lainnya mungkin merupakan masalah fisik seperti telepon Anda basah atau Anda menjatuhkannya secara tidak sengaja.

Jika itu adalah masalah fisik Anda perlu menghubungi peritel terdekat atau Samsung Anda. Di sisi lain, tidak, coba solusi di bawah ini.

Solusi

  1. Anda dapat mencoba mengeluarkan kartu SIM perangkat Anda dan kemudian memasukkannya kembali setelah satu menit. Sekarang restart ponsel anda.
  2. Ada kemungkinan telepon Anda telah menumpuk cache dan gagap atau tertinggal. Kosongkan cache telepon Anda dengan mengikuti langkah-langkah di atas.
  3. Solusi lain yang mungkin adalah melakukan Factory Reset.
  4. Buka Pengaturan di perangkat Anda
  5. Buka User dan Backup
  6. Di layar ini tekan Backup and Reset
  7. Berikut pilih Factory Data Reset
  8. Sekarang pilih Reset Device lalu ketuk Delete All.