5 Penyebab Cepatnya Rambut Beruban

Setiap kali Anda mendengar istilah rambut beruban, gambar seorang lansia muncul di benak Anda. Tapi waktu telah berubah, rambut beruban tidak lagi muncul hanya pada usia tua, mulai dari anak-anak hingga anak muda, uban prematur kini telah menjadi umum terjadi.



Penuaan dini bisa terjadi karena beberapa alasan. Meskipun tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika kondisinya turun temurun, ini mungkin menjadi perhatian serius bagi yang lain. Mungkin indikasi fakta bahwa ada sesuatu yang benar-benar salah dan Anda memerlukan perhatian medis untuk hal yang sama.


Lihatlah kemungkinan penyebab uban prematur:


1. Penyakit jantung

Pemutihan dini terkadang bisa menjadi indikasi kondisi medis yang mendasarinya. Pada pria, beruban sebelum usia 40-an sebenarnya bisa menjadi indikasi adanya penyakit jantung. Selama tahap awal, tidak menunjukkan gejala apapun, namun tidak kalah pentingnya jika Anda memeriksanya. Meski beruban dan adanya penyakit jantung adalah kondisi langka, seseorang tidak boleh ketinggalan untuk memeriksanya dan mendapatkannya diperiksa oleh seorang ahli.

2. Merokok

Efek buruk dari merokok bukanlah berita bagi kita semua. Kerusakan yang bisa dilakukan pada paru-paru dan kulit Anda diketahui semua orang. Namun, fakta bahwa itu bisa membuat rambut Anda berubah beruban pada usia dini tidak diketahui banyak orang. Meskipun Anda mungkin tidak dapat melihat keriput di kulit kepala Anda, merokok dapat mempengaruhi rambut Anda dengan mengendurkan folikel rambut.

3. Stres

Stres tidak akan pernah berdampak positif pada Anda. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental, emosional dan fisik Anda sama sekali. Orang yang diketahui lebih banyak mengalami stres dan yang tidak perlu daripada yang lain cenderung lebih rentan terkena uban pada usia dini.

4. Kurang gizi

Diet Anda akan tercermin dalam tubuh Anda dalam beberapa cara atau yang lain. Ini bisa muncul di kulit Anda dalam bentuk jerawat dan pada rambut Anda dalam bentuk uban prematur. Kurangnya nutrisi di tubuh Anda bisa menjadi penyebab potensial terjadinya uban prematur. Jika Anda mengalami kekurangan vitamin B-2, B-6 dan B-12, bisa menyebabkan uban dini.


5. Penggunaan gel rambut yang berlebihan, semprotan rambut dan produk lainnya

Jika Anda mengekspos rambut Anda ke banyak bahan kimia sesekali dalam bentuk semprotan rambut, gel rambut, pengepres dan ikal, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan uban prematur.