25 Fakta Menakjubkan Tentang Ilmu Biologi yang Wajib Anda Tau

Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang paling menarik sehingga siswa lebih suka belajar dengan antusias. Tapi, tahukah Anda tentang beberapa fakta menakjubkan yang tidak ada dalam buku kelas Anda?



Di sini, kita akan membahas 25 fakta yang mungkin belum pernah Anda dengar. Baca terus dan mencerahkan diri Anda dengan fakta-fakta ini.

Fakta # 1

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa warna darah kita merah? Inilah jawabannya - zat besi yang ada dalam darah kita membentuk cincin atom yang disebut porphyrin, bentuk struktur ini menghasilkan warna merah. Bentuk porfirin dipengaruhi oleh adanya oksigen di tubuh Anda.

Fakta # 2

Tubuh manusia dewasa terdiri dari ± 100 triliun sel. WOWW! Sel-sel ini dapat dibedakan menjadi 200 jenis dengan beragam bentuk.

Fakta # 3

Tulang manusia adalah arsitektur yang sempurna. Paha belakang yang menopang berat tubuh kita saat berjalan lebih kuat bila dibandingkan dengan beton padat dengan berat yang sama.

Fakta # 4

Sumsum tulang kita menghasilkan 260 miliar sel darah merah (RBCs) dan 135 miliar sel darah putih (WBCs) per hari.

Fakta # 5

Pernahkah Anda bertanya-tanya kapan Anda pergi ke dokter, mengapa dia memeriksa lidah Anda  pada saat pertama kali memeriksa? Alasannya, lidah kita bertindak sebagai cermin kesehatan kita. Penyakit tertentu memiliki kecenderungan untuk mengubah warna lidah Anda.

Fakta # 6

Berapa banyak alveoli yang membentuk paru-paru manusia? Jawabannya adalah 300 juta. Dan luas permukaan alveolar diperkirakan sekitar ± 100 kali lebih lebar dari permukaan tubuh manusia.

Fakta # 7

Rasa haus tidak hanya terjadi saat tubuh kehilangan banyak cairan tapi juga terjadi karena kadar garam dalam darah meningkat. Alasan mengapa garam cenderung mengikat air.

Fakta # 8

Apa organ terbesar dari tubuh manusia? Cukup mengejutkan, tapi jawabannya adalah kulit Anda.

Fakta # 9

Apakah Anda tahu tentang ular terkecil di dunia? Jika tidak, maka inilah jawabannya - ular ulir Barbados.

Fakta # 10

Hubungan antara ibu jari dan hidung Anda - panjang ibu jari Anda sama dengan panjang hidung Anda.

Fakta # 11

Ingin tahu arti berbagai tatapan mata? Studi dan penelitian yang berbeda telah membuktikan bahwa ketika mata manusia menemukan sesuatu yang menarik, murid-muridnya bertambah, dan jika melihat sesuatu yang kurang menarik, puparnya melebar.

Fakta # 12

Setiap nukleus dalam tubuh manusia memiliki DNA yang panjangnya 6 kaki.

Fakta # 13

Magnetoreception adalah jenis kompas magnetik yang ada pada beberapa burung migran yang membantu mereka menavigasi menggunakan medan magnet bumi.

Fakta # 14

Rahang adalah salah satu bagian terkuat dari tubuh manusia ketika harus mengerahkan kekuatan.

Fakta # 15

Penasaran ingin tahu bagaimana lumba-lumba tidur? Lalu, begini, lumba-lumba tidur setengah bangun. Mereka membuka satu mata sementara mereka secara sadar bernapas dan mengambang di permukaan air.

Fakta # 16

Telur burung unta merupakan telur terbesar di dunia. Ini sama dengan volume sebanyak 30 butir telur ayam.

Fakta # 17

Kehidupan bulu mata tidak lebih dari 5 bulan.

Fakta # 18

Tahukah Anda, kekuatan yang dihasilkan oleh otak kita sudah cukup untuk menerangi bola lampu? Ya, saat itulah kita sudah bangun.

Fakta # 19

Apa bunga terbesar di dunia? Rafflesia Arnoldii. Ini bisa tumbuh sebesar payung.

Fakta # 20

Sekarang, bahwa Anda tahu tentang bunga terbesar di dunia, Anda juga harus tahu tentang tanaman berbunga terkecil di dunia, Wolffia. Satu buket penuh bunganya sesuai dengan kepala pin penekan.

Fakta # 21

Armadillos menghabiskan sekitar 80% dari hidup mereka untuk tidur!

Fakta # 22

Bagaimana semut makan? Ingin tahu? Semut tidak bisa mengunyah makanan mereka, mereka menggerakkan rahang mereka ke samping seperti gunting untuk mengeluarkan jus dari makanan.

Fakta # 23

Bayi lahir dengan rabun dekat. Mereka mulai fokus dengan benar hanya antara usia 3 sampai 6 bulan.

Fakta # 24

Harapan hidup manusia akan meningkat 9,78 tahun jika semua penyakit kardiovaskular utama dieliminasi.

Fakta # 25

Dalam kuda laut, Jantan melahirkan anak muda.