7 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Jerawat

Jerawat bisa sangat menyebalkan, terutama saat mereka mulai bermunculan tepat di wajah. Anda bahkan tidak menyadarinya, tapi makanan favorit Anda bisa menjadi alasan jerawat itu timbul di wajah Anda. Ada kalanya konsumsi beberapa makanan bisa lebih berbahaya daripada kebaikan tubuh Anda. Diet yang terdiri dari makanan tidak sehat dapat menyebabkan jerawat untuk sebagian besar.



Jerawat disebabkan oleh sekresi terlalu banyak minyak (sebum) dalam tubuh. Hal ini juga dapat disebabkan oleh genetika, siklus haid tidak teratur, stres, cuaca panas dan lembab dan bahkan oleh makeup berbasis minyak. Jerawat juga bisa menyebabkan bekas luka di wajah jika tidak diurus dengan baik. Untuk menghindari jerawat yang tidak diinginkan itu, Anda hanya perlu men-tweak diet Anda sedikit. Berikut daftar makanan yang harus Anda hindari untuk mendapatkan kulit bebas jerawat.


1. Susu

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Kita minum susu setiap hari dengan asumsi sangat sehat untuk tubuh dan sistem pencernaan. Namun, ini mungkin tidak benar secara keseluruhan. Kelebihan susu bisa menyebabkan tubuh menghasilkan banyak insulin dan karenanya dianggap insulinogenic. Susu juga bisa menyebabkan sistem pengiriman hormon padat dan hormon secara langsung terkait dengan jerawat. Jadi, jika Anda ingin tetap bersih dari jerawat, maka susu dan produk susu jangan dikonsumsi berlebihan.


2. Roti

Gluten yang hadir dalam roti tidak hanya merusak usus halus, tapi juga meningkatkan peradangan di tubuh. Konsumsinya juga bisa menguras antioksidan di tubuh Anda. Mengurangi roti dari dalam tubuh anda dapat memperbaiki sistem kesehatan anda.


3. Bayam

Bayam biasanya dianjurkan untuk kulit yang sehat dan jernih. Namun, mengkonsumsi bayam secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat di wajah Anda. Hal ini terutama karena bayam mengandung iodium dalam jumlah besar.


4. Gorengan

Makanan cepat saji dapat memperparah jerawat untuk sebagian besar. Lemak yang ada dalam gorengan bisa membuat kulit Anda terlihat tidak sehat dan bahkan bisa menyebabkan akumulasi minyak berlebih.


5. Alkohol

Alkohol tidak hanya bisa memicu peradangan tapi juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan kadar testosteron atau estrogen dalam tubuh. Asupan alkohol yang berlebihan dapat membuat Anda berisiko kekurangan zinc dan seng dianggap sebagai pejuang melawan jerawat. Alkohol bagaimanapun juga tidak baik bagi tubuh yang berfungsi sebagai alasan lain untuk menghindarinya.


6. Kafein

Selain menyebabkan jerawat, kafein memiliki kecenderungan untuk menyebarkannya ke seluruh kulit juga. Jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih jernih, maka Anda harus membatasi atau menghindari minum kopi atau apapun yang mengandung kafein di dalamnya.


7. Makanan pedas

Kelebihan makanan pedas bisa membahayakan sistem pencernaan sebagian besar dengan menyebabkan radang di saluran pencernaan. Makanan yang mengandung akan rempah-rempah dapat menghasilkan jerawat berjerawat pada kulit.

Jadi, ambillah perubahan dalam makanan harian Anda dan hindari jerawat yang menjengkelkan yang cenderung terjadi sesekali.