ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

6 Makanan dan Buah - buahan yang Sehat Kaya akan Yodium

Yodium dianggap sebagai mineral penting untuk diet Anda. Kelenjar tiroid dalam tubuh membutuhkan yodium untuk memproduksi hormon tiroid. Wanita hamil atau menyusui membutuhkan yodium dalam jumlah lebih tinggi. 

6 Makanan dan Buah - buahan yang Sehat Kaya akan Yodium


Jika Anda kekurangan yodium, kelenjar tiroid Anda bisa membengkak - suatu kondisi yang dikenal sebagai gondok. Kekurangan yodium juga bisa menyebabkan hipotiroidisme, kelelahan, otot lemah dan penambahan berat badan. Kelainan tiroid adalah gejala paling umum kekurangan yodium dalam tubuh. Defisiensi yodium juga bisa menyebabkan nyeri otot, kelemahan, kelenjar ludah bengkak dan mulut kering. Ahli gizi Pooja Malhotra mengatakan bahwa pisang, wortel, stroberi, susu, biji-bijian, makanan laut, telur dan yoghurt adalah beberapa sumber yodium yang sehat.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui beberapa sumber yodium yang sehat:

1. Produk susu




Produk susu dianggap salah satu sumber utama yodium. 1 cangkir susu dapat menyediakan sekitar 59 sampai 112% asupan yodium harian Anda. Yogurt dan keju cottage merupakan sumber yodium yang bagus.

2. garam beryodium




Dianjurkan untuk memasak makanan dengan garam beryodium. Tapi sebaiknya hindari mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak.

3. Udang




Udang adalah makanan kaya protein dan rendah kalori yang merupakan sumber yodium yang baik dan sehat. Udang juga kaya akan vitamin B12 dan fosfor. Udang dan sumber makanan laut lainnya merupakan sumber yodium yang baik karena mereka cenderung menyerap yodium di air laut.

4. Tuna




Tuna adalah makanan rendah kalori lainnya yang kaya akan protein dan yodium. Tuna juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

5. Telur




1 butir telur adalah sumber protein, lemak, vitamin dan mineral yang baik. Tapi sumber utama yodium adalah kuning telur.

6. plum kering




Plum atau plum kering juga kaya akan sumber yodium. Prune juga membantu menghilangkan konstipasi. Vitamin A, K, potasium dan zat besi merupakan nutrisi lain yang ada pada plum kering.
Post a Comment

Post a Comment