7 Cara Jitu untuk Mencegah Penipisan Rambut (Rambut Rontok)

Rambut rontok, kebotakan dan rambut menipis bisa menjadi mimpi buruk dan dapat mempengaruhi anda apalagi anda diusia remaja. Dari pola makan yang buruk anda, apapun bisa menjadi penyebab rambut menipis. Tapi yang lebih penting adalah mengetahui bagaimana mencegah kondisi yang semakin buruk.

7 Cara Jitu untuk Mencegah Penipisan Rambut (Rambut Rontok)

Nah ada beberapa cara sederhana untuk melakukan ini. Ahli rambut menjelaskan berbagai penyebab rambut menipis pada wanita. Dia mengatakan, "Salah satu penyebab utama rambut yang menipis pada wanita adalah tiroid yang terganggu, kekurangan nutrisi seperti Vitamin B12, B3 dan juga bisa menjadi kekurangan serritin. Stres juga bisa menjadi penyebab penting, baik stres fisik maupun mental dapat bertanggung jawab. Tekanan fisik mengacu pada penyakit di tubuh atau operasi. Efeknya akan terlihat setelah 2 sampai 3 bulan kejadian. Bisa juga terjadi setelah kehamilan. "

Di sini kita mendaftarkan 7 cara menakjubkan untuk mencegah penipisan rambut:

1. Pola Diet Anda

Ahli Rambut menekankan pentingnya diet di sini. Dia mengatakan bahwa diet kaya protein itu penting. Seseorang harus mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin. Protein bukan hanya blok bangunan tubuh Anda; Mereka juga merupakan elemen penting dari rambut Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya protein. Makanan seperti ayam, susu, telur dan ikan bisa bekerja dengan baik. Selain itu, asam lemak omega 3 adalah suatu keharusan. 2 sampai 3 porsi salmon atau mackerel dalam seminggu adalah suatu keharusan. Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa memercikkan beberapa biji rami di salad atau sereal Anda.

2. Hindari gaya rambut yang berlebihan

Ponytails, cornrows, anggrek elegan terlihat sangat menarik, tapi bisa jadi alasan mengapa Anda mengalami rambut yang menipis. Karena gaya rambut ini, rambut mungil di kulit kepala Anda akan ditarik dan pecah karena tekanan berlebih. Inilah sebabnya mengapa rambut menipis karena styling terjadi. Jika Anda ingin mengikat rambut Anda dengan ekor kuda, gunakan karet elastis yang tidak menarik rambut Anda terlalu keras dan bisa dilepas dengan mudah juga. Banyak rambut hilang karena kencangnya karet gelang dan band rambut. Dr Kapoor menekankan pada kebutuhan untuk menjaga rambut tetap bersih. Dia mengatakan bahwa orang sebaiknya tidak berhenti mencuci rambut karena rambut rontok. Mencuci rambut secara teratur itu penting

"Membersihkan rambut secara teratur dan menyeluruh dengan sampo ringan itu penting. Selain itu, orang harus menghindari penggunaan air keras untuk mencuci rambut karena rambutnya rontok," kata Dr Kapoor.

3. Hindari penggunaan alat rambut yang panas

Pelurus rambut, setrika pengeriting dan pengering rambut, semua alat ini bisa membuat rambut Anda terlihat menarik, tapi hanya untuk rentang waktu yang singkat. Apa yang sebenarnya mereka lakukan pada rambut Anda bukanlah sesuatu yang tidak ingin Anda dengar. Panas dengan cara apapun tidak akan berhasil pada rambut Anda. Bonds di dalam rambut untai patah karena kelebihan panas yang menyebabkan rambut rapuh yang pecah dengan mudah. Jika Anda menggunakan alat semacam itu pada rambut Anda, pastikan Anda memeriksa tingkat panas dan Anda tidak menyimpannya dalam kontak dengan rambut Anda selama lebih dari 10 detik.

4. Oleskan bawang pada rambut Anda

Jus bawang merupakan salah satu teknik yang paling kuat untuk menumbuhkan kembali rambut dan mencegah rambut menipis. Kandungan sulfur tinggi jus bawang merah meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Sifat antibakteri dari jus bawang merah membunuh bakteri yang bisa menyebabkan rambut rontok.

5. Pijat dengan minyak hangat

Pijat kepala yang lambat tapi menyeluruh dengan beberapa minyak hangat bisa memberi keajaiban bagi rambut Anda. Panaskan sedikit minyak kelapa atau almond dan perlahan pijat di kulit kepala Anda dengan ujung jari Anda. Jangan sampai kasar pada rambut Anda karena pijatan yang keras juga bisa menyebabkan rambut menipis. Hal ini meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, membuat akar rambut lebih kuat dan kondisi kulit kepala dengan baik.

6. Cobalah untuk tidak stres

Percaya atau tidak, stres merupakan faktor utama yang menyebabkan rambut rontok. Dan bukan hanya faktor utama, itu adalah akar penyebab rambut rontok. Jadi cobalah beberapa trik sederhana seperti bermeditasi, mendengarkan musik atau berjalan-jalan agar tetap stres setiap saat.

7. Telur dan keriting rambut

Kedua telur dan dadih adalah cara yang bagus untuk mengkondisikan rambut Anda. Tapi keduanya juga dikenal sebagai hair fall preventioners. Kandungan sulfur dan protein tinggi pada telur sangat penting untuk rambut sehat dan kuat. Ambil putih dua butir telur, campurkan dengan dua sendok makan yogurt dan tambahkan dua sendok bubuk nimba ke dalamnya. Sekarang aplikasikan di rambut Anda. Biarkan istirahat selama satu jam dan kemudian bersihkan.