ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Yang perlu diketahui saat memasak makanan Jepang di rumah

Restoran Jepang dapat dengan mudah ditemukan di ibu kota, tapi memasak makanan sendiri di rumah adalah pengalaman yang sepenuhnya unik.

Syafaruddin, koki utama restoran Senju Omakase, Teppanyaki & Sake di Plaza Indonesia, yang telah bekerja di restoran Jepang sejak tahun 2001, mengatakan bahwa beras berkualitas tinggi merupakan salah satu faktor terpenting dalam menyiapkan masakan Jepang.

Yang perlu diketahui saat memasak makanan Jepang di rumah
Yang perlu diketahui saat memasak makanan Jepang di rumah

"Anda pasti punya nasi bagus, seperti Hitomebore. Merek lain, seperti Kokuho, juga bagus meski berasal dari California," katanya.

Berasal dari Jepang, Hitomebore adalah beras kualitas premium yang menawarkan tekstur yang lembut namun lengket dan lembut dengan sedikit manis, cocok untuk nasi meja atau pembuatan sushi. Sementara itu, Kokuho adalah nasi medium dari California yang memiliki tekstur yang agak lengket namun lembut.

Bagi yang berminat membuat sashimi atau sushi, bahan segar dan bersih adalah suatu keharusan, terutama untuk ikan. "Jika ikan belum dipotong, Anda bisa dengan mudah melihat kesegarannya, seperti dari insang dan mata," kata Syafaruddin, menambahkan bahwa ikan yang dibeli dari supermarket cukup baik untuk membuat makanan Jepang.

"Untuk salmon, Anda bisa membeli dari supermarket dan kemudian garamkan di atasnya sampai matang dan tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu, cuci dengan air es tiga kali, gunakan air baru setiap saat, untuk menghilangkan rasa asin dan bakteri," katanya. . "Anda kemudian bisa menunggu salmon mengering atau menggunakan kain bersih atau tissue." Syafaruddin lebih lanjut menyarankan koki rumah untuk menyajikan sushi atau sashimi bersama wasabi, yang bertindak sebagai penetralisir.

Mengenai peralatan memasak, menurutnya lebih baik punya pisau khusus untuk tugas itu. Tapi bagi mereka yang jarang memasak makanan Jepang, pisau tajam dan bersih akan melakukannya.

"Karena bahannya sensitif, disarankan juga mengolah makanan di ruangan dengan suhu ruangan yang stabil," tambahnya.
Post a Comment

Post a Comment