10 Manfaat Arang Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Dikenal sebagai pengobatan ampuh alami yang dapat membantu menjebak racun dan bahan kimia dalam tubuh, arang aktif terbuat dari berbagai sumber. Ini memungkinkan tubuh untuk tidak menyerap kembali racun dan bahan kimia di dalam tubuh dan membantu penyembuhan secara alami. Arang aktif dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk overdosis obat dan keracunan. Ini digunakan di banyak pusat trauma darurat di dunia. Kondisi kesehatan lain seperti kembung, kolesterol tinggi, gas dan aliran empedu juga dapat ditangani dengan menggunakan arang aktif.

10 Manfaat Arang Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui
10 Manfaat Arang Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui


Bagaimana cara kerja arang aktif?

Dalam jutaan pori-porinya yang kecil, arang aktif menangkap racun dan bahan kimia berbahaya di dalam tubuh. Dalam hal menelan dengan alkohol, minyak atau asam korosif, arang aktif tidak digunakan.

Namun, sebaliknya atau menyerap racun, arang aktif mengadsorpsi mereka. Adsorpsi adalah proses di mana nutrisi, racun dan bahan kimia bereaksi untuk mendapatkan basah dan berasimilasi dalam aliran darah. Adsorpsi membuat elemen-elemen ini berikatan ke permukaan.

Permukaan arang aktif berpori dengan muatan listrik negatif yang membuat racun bermuatan positif dan ikatan gas dengannya. Hal yang perlu dicatat di sini adalah bahwa arang aktif jauh berbeda dari arang barbeque - yang mengandung racun dan bahan kimia.

Manfaat menggunakan arang aktif

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan arang aktif adalah minum sekitar 16 gelas air per hari. Dapat menyebabkan dehidrasi dan menjadi sangat penting untuk minum banyak air, yang juga membantu menyingkirkan racun dari tubuh.

Berikut adalah beberapa penggunaan arang aktif

1. Pemutihan gigi

Arang aktif dapat membantu Anda memiliki gigi yang lebih putih. Ini mempromosikan kesehatan mulut yang baik dengan menjaga keseimbangan pH di mulut dan menjaga rongga mulut, getah karet dan bau mulut di teluk. Arang aktif mengadsorpsi elemen plak dan pewarnaan pada gigi.

Anda dapat menambahkan bubuk arang aktif ke sikat gigi yang basah dan menyikat gigi seperti biasa. Sikat dengan benar di area gigi yang ternoda. Siram air melalui mulut secara menyeluruh dan bilas sampai ludah Anda bersih.

Orang-orang dengan topi gigi, mahkota atau veneer porselen harus menghindari penggunaan arang aktif karena dapat menodai gigi mereka dan juga membuat mereka sensitif.

2. Menyaring air

Arang aktif menjebak beberapa pengotor air termasuk bahan kimia, pelarut, pestisida dan limbah industri. Ini adalah sistem penyaringan air bahan populer. Namun, virus, bakteri, dan mineral air keras tidak dapat terjebak oleh arang aktif.

3. Anti-penuaan

Kerusakan sel di ginjal, hati dan kelenjar adrenal dapat dicegah dengan arang aktif. Penuaan disebabkan karena beban beracun pada tubuh kita yang disebabkan oleh makanan dan kondisi hidup yang tidak bersih atau beracun. 2 kapsul arang aktif setiap hari dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan membantu Anda memiliki saluran pencernaan yang sehat.

4. Pembersihan jamur

Arang aktif dapat digunakan untuk membersihkan jamur di rumah. Orang yang tinggal di rumah dengan cetakan biasanya rentan terhadap risiko kesehatan. Arang aktif dapat digunakan untuk mengobati jamur ini.

5. Pembuangan darurat racun

Arang aktif dapat digunakan secara efektif dalam kasus overdosis obat-obatan farmasi yang tidak disengaja atau bertujuan. Overdosis aspirin, opium, kokain, acetaminophen dan morfin dapat diobati dengan bantuan arang aktif. Namun, mengkonsumsi arang aktif dalam jumlah yang tepat dalam waktu satu jam adalah penting.

6. Manfaat kulit

Jerawat, bau badan, ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gigitan kulit dapat dikurangi dengan menggunakan arang aktif. Ruam yang disebabkan oleh poison ivy, oak atau gigitan ular juga bisa diobati dengan menggunakan arang aktif.

Untuk mengobati gigitan nyamuk atau sengatan lebah, Anda dapat menambahkan 1 kapsul arang aktif menjadi 1/2 sdm. minyak kelapa dan oleskan pada area yang terkena. Ulangi setiap 30 menit sampai rasa tidak nyaman hilang.

Jerawat diobati dengan arang aktif dengan menambahkan 2 sdt dalam gel lidah buaya dan menerapkannya dengan lembut pada wajah. Arang aktif mengikat dengan racun dan kotoran yang menyebabkan jerawat.

7. Mengobati keracunan alkohol dan mencegah hangover

Arang aktif membantu menghilangkan racun dengan cepat yang dapat menyebabkan keracunan. Mengkonsumsi arang aktif bersama alkohol dapat mengurangi konsentrasi alkohol dalam darah.

8. Membersihkan pencernaan

Menggunakan arang aktif membantu dalam memiliki saluran pencernaan yang bersih karena menghilangkan racun yang menyebabkan alergi, mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan oksidatif.

Pembersih pencernaan melalui arang aktif melibatkan hanya makan buah dan sayuran organik. Pastikan Anda mengonsumsi cukup air dengan arang aktif.

9. Mengurangi gas dan kembung

Tidak nyaman gas dan kembung dapat dikurangi dengan menggunakan arang aktif. Ia bekerja dengan mengikat produk sampingan dalam makanan yang menyebabkan gas dan ketidaknyamanan. Anda dapat mengambil sekitar 500 mg arang aktif sebelum makan makanan yang menyebabkan gas. Jangan lupa untuk minum segelas air segera setelah mengaktifkan arang.

10. Mengurangi kolesterol tinggi

Studi mengatakan bahwa arang aktif membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.