6 Alasan Mengapa Kunyit Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit utama yang orang-orang di Indonesia hadapi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi yang dapat berkontribusi terhadap berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung, stroke dan bahkan penyakit ginjal. Ini adalah alasan mengapa sangat penting untuk mengawasi tekanan darah Anda dan memastikan bahwa itu pada tingkat normal. Berolahraga dan diet adalah dua faktor penting yang menentukan tekanan darah. Dan ternyata, kunyit adalah rempah ajaib yang memiliki manfaat mengejutkan dalam mengatur tekanan darah.

6 Alasan Mengapa Kunyit Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi
6 Alasan Mengapa Kunyit Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi
Bukan hanya bumbu emas kunyit yang sangat dihargai sebagai bagian dari Ayurveda, ia juga dikenal karena banyak khasiatnya sebagai obat. Ini adalah bumbu yang termasuk dalam hampir semua masakan dan masakan Indonesia.

Ini dia 6 Alasan Mengapa Kunyit Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi

1. Kurkumin membantu menurunkan tekanan darah

Kunyit populer untuk curcumin antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah. Sifat antioksidannya bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Kurkumin juga melindungi terhadap disfungsi vaskular di tubuh.

2. Kunyit mencegah kerusakan arteri

Selain mengatur tekanan darah, kunyit juga membantu dalam merawat kerusakan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Seperti disebutkan di atas, tekanan darah tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung. Alasan umum di balik penyakit jantung adalah akumulasi plak di arteri. Plak menyempit arteri dan memperlambat aliran darah ke jantung, otak dan berbagai bagian tubuh lainnya.

Memiliki tekanan darah tinggi dalam kasus ini, menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada jaringan di arteri. LDL (atau buruk) kolesterol mulai mengendap di arteri dalam bentuk plak di dinding arteri. Kurkumin dalam kunyit dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut yang disebabkan arteri karena tekanan darah tinggi.

3. Kunyit membantu dalam mengatur gula darah tinggi dan kolesterol tinggi

Selain mengatur tekanan darah, kunyit secara signifikan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Kedua kondisi ini adalah alasan untuk penyakit jantung. Sifat-sifat antioksidan kurkumin membantu mengatasi kondisi ini secara efektif.

4. Sifat anti-inflamasi Turmeric membantu menurunkan tekanan darah

Sifat anti-radang kunyit adalah alasan lain yang berkontribusi terhadap popularitas rempah-rempah. Curcumin memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menjaga hipertensi di teluk. Peradangan dalam tubuh berisiko karena dapat berkontribusi pada kekakuan di arteri jantung - yang pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi kunyit secara teratur dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

5. Perubahan trombosit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi dicegah oleh kunyit

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan perubahan jumlah trombosit dalam darah. Tekanan darah yang terus berubah dapat membuat platelet menjadi hiperaktif. Ini mengarah pada pembentukan gumpalan di arteri - yang dapat memblokir suplai darah dari jantung ke seluruh tubuh. Namun penelitian mengklaim bahwa kunyit dapat mencegah perubahan aktivitas trombosit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

6. Turmeric menghambat enzim ACE

Angiotensin-converting enzyme dapat dihambat oleh kunyit. Enzim ini dapat mempersempit pembuluh darah Anda. Penghambatan ACE oleh kunyit dapat membantu merilekskan pembuluh darah, sehingga mengatur tekanan darah. Sangat menarik, bagaimanapun, bahwa banyak obat untuk tekanan darah bekerja melalui mekanisme yang sama.

Hal yang perlu diingat saat mengonsumsi kunyit untuk tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi kunyit dalam jumlah berlebihan harus dihindari. Ini dapat menyebabkan sakit perut atau bisul dalam skenario kasus yang lebih buruk. Orang yang memiliki batu empedu atau menderita obstruksi di bagian empedu mereka harus mengkonsumsi kunyit dalam jumlah terbatas dan hanya mengkonsumsi di bawah pengawasan dokter mereka.

Karena kunyit dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, kunyit dapat menyebabkan gula darah rendah dalam kasus orang yang menderita diabetes - yang juga mengonsumsi obat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Kunyit dapat menyebabkan penipisan darah. Inilah alasan mengapa disarankan untuk berhenti menggunakan kunyit sebelum operasi.