8 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin E

Anda semua pasti pernah mendengar bahwa Vitamin E itu sehat dan harus menjadi bagian penting dari makanan Anda. Namun, alasannya mungkin tidak diketahui semua orang. Nah, Anda baru saja memeriksa ke tempat yang tepat untuk menemukan jawaban Anda! Vitamin E adalah antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas ini merusak lemak esensial tubuh Anda dan mempercepat proses penuaan Anda. Konsumsi vitamin E secara teratur mencegah kerusakan ini dan memperlambat penuaan. Antioksidan yang larut dalam lemak ini ditemukan berlimpah dalam kacang, sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan laut.


Bila tubuh gagal menyerap nutrisi dari makanan Anda karena beberapa alasan, suplemen Vitamin E direkomendasikan. Tapi apa manfaat kesehatan yang bisa kita harapkan dari konsumsi vitamin E secara teratur? Mari cari tahu.

1. Hidup sel lebih lama

Kalian semua tahu apa yang berkarat pada logam. Nah, itulah yang radikal bebas lakukan terhadap sel sehat tubuh kita. Dan jika Anda membiarkan hal-hal menjadi terlalu lama, radikal bebas bahkan mungkin membahayakan kesehatan jantung Anda. Konsumsi vitamin E secara teratur dapat mencegah kerusakan ini dan meningkatkan umur sel yang lebih lama.

2. Membalikkan penuaan

Penuaan dini adalah kondisi umum akhir-akhir ini, berkat adanya radikal bebas di sekitar kita. Saat mereka bersentuhan dengan sel kulit yang sehat, mereka merusak sel dan menyebabkan kulit kendor dan berkerut. Vitamin E dapat mencegah kerusakan ini dengan meningkatkan produksi kolagen. Protein serat ini mempertahankan elastisitas kulit, sehingga mencegah garis-garis halus dan keriput.

3. Mengobati sengatan sinar matahari

Radiasi ultraviolet bisa menyebabkan sengatan sinar matahari. Tapi ada satu solusi bantuan cepat untuk ini dan itu adalah minyak vitamin E. Ambil beberapa tetes minyak vitamin E dan gosok ke daerah yang terkena. Antioksidan dalam minyak ini bisa menyembuhkan luka bakar dengan menenangkan kerusakan radiasi.

4. Pengobatan untuk stretchmark

Tanda peregangan pasca kehamilan tidak pernah menyenangkan untuk dilihat. Tanda peregangan ini adalah hasil elastisitas kulit yang buruk antara lapisan atas dan bawah kulit. Pemakaian vitamin E secara teratur dapat mengembalikan elastisitas kulit dan meringankan stretch mark.

5. Menyeimbangkan kolesterol

Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk berfungsinya saraf, hormon, dan sel. Namun, oksidasi kolesterol bisa berbahaya bagi jantung Anda. Studi menunjukkan bahwa konsumsi vitamin E melawan oksidasi kolesterol. Selain itu, isomer Tocotrienol pada vitamin E memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Ini memperlambat perkembangan arteri tebal dan keras, sehingga mencegah risiko serangan jantung.

6. Rambut Menjadi Tebal

Jika Anda mengalami kerusakan rambut karena faktor lingkungan, vitamin E dapat memberi Anda sedikit kelegaan. Hanya beberapa tetes minyak vitamin E yang bisa mencegah rambut menipis, kering dan serpihan kulit kepala dan ujungnya pecah. Hal ini juga dapat membuat rambut Anda terlihat lebih sehat dan meningkatkan volume mereka.

7. Gejala PMS

Ladies, kita tahu bahwa Anda mengalami masa-masa sulit ketika Anda PMS. Untuk mengatasi kram, kegelisahan dan hasrat lainnya selama menstruasi, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin E dua sampai tiga hari sebelum siklus Anda dimulai. Vitamin E menyeimbangkan hormon Anda dan membuat menstruasi menjadi masalah yang sangat menyusahkan bagi Anda.

8. Meningkatkan ketahanan fisik dan kekuatan otot

Pasca latihan, otot Anda berada di bawah tekanan oksidatif yang hebat dan kehabisan energi. Vitamin E menawarkan dua manfaat lipat dengan mempertahankan energi dan memperlambat stres oksidatif. Ini juga menawarkan peningkatan kekuatan otot.