8 Tanda Bahwa Seseorang Memiliki Harga Diri yang Rendah

Orang yang kebanyakan diam dalam pertemuan sosial, atau biasanya merasa nyaman sendirian adalah orang yang memiliki harga diri rendah. Sepertinya mereka kurang percaya diri. Harga diri yang rendah jauh lebih berakar dari pada rendahnya kepercayaan diri. Seseorang dengan harga diri yang rendah mengalami inferioritas yang kompleks dan merasa tidak berharga di hampir semua aspek hidupnya. Mereka menyerah pada argumen dengan sangat cepat dan meminta maaf terlalu sering. Anda mengkritik mereka sedikit dan mereka akan mengalami depresi. Inilah beberapa tanda klasik seseorang yang memiliki harga diri rendah.

8 Tanda Bahwa Seseorang Memiliki Harga Diri yang Rendah
8 Tanda Bahwa Seseorang Memiliki Harga Diri yang Rendah

meningkatkan harga diri AndaMembuat harga diri Anda dengan percaya bahwa ada lebih banyak kehidupan daripada mencela diri sendiri

Berikut adalah beberapa tanda peringatan seseorang dengan harga diri rendah:

1. Meminta Maaf terlalu sering

Meminta maaf adalah kebiasaan umum lainnya di antara orang-orang yang memiliki harga diri rendah. Mereka pasti percaya bahwa apapun yang salah terjadi, itulah alasan di baliknya. Nilai diri mereka yang rendah adalah mengapa mereka merasa seperti ini.

Jika meminta maaf tidak perlu merupakan kecenderungan umum dalam diri Anda, cobalah katakan pada diri sendiri bahwa itu bukan salah Anda.

2. Mereka terlalu kritis terhadap orang lain

Orang dengan harga diri rendah biasanya akan terlihat terlalu kritis terhadap orang lain dan mencoba mengendalikan rekan mereka. Tidak hanya mereka terus mengatakan hal-hal yang mencela diri sendiri, mereka juga akan terlalu protektif, cemburu dan tidak aman.

3. Mereka mencoba menyerah pada argumen

Orang yang rendah diri akan mencoba menghindari pertengkaran dan konflik apapun. Untuk menghindari pertengkaran, mereka juga bisa menyetujui hal-hal yang tidak mereka yakini. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan mereka untuk mengekspresikan diri sepenuhnya. Jadi, orang dengan harga diri rendah tidak memiliki teman dekat karena tidak ada yang tahu seperti apa mereka sebenarnya.

Mereka harus berusaha meyakinkan bahwa pendapat mereka sangat berharga.

4. Mereka menghindari tantangan dan terlalu peka

Orang dengan harga diri rendah akan terlihat menghindari tantangan atau apapun yang baru. Mereka mendapatkan banyak perubahan suasana hati dan cukup sensitif tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang mereka.

5. Mereka tidak bisa menghadapi kritik

Orang dengan harga diri rendah biasanya tidak dapat menghadapi kritik. Setiap kali atasan atau orang tua mereka memberikan kritik konstruktif, mereka bahkan sering menangis. Inilah salah satu tanda klasik seseorang dengan harga diri rendah.

Anda mungkin bisa mencoba berpikir rasional sebelum bereaksi terhadap kritik semacam itu di masa depan.

6. Mereka bergantung pada orang lain untuk mengambil keputusan

Orang dengan harga diri rendah akan selalu memiliki kecenderungan untuk mengambil keputusan berdasarkan kepemimpinan orang lain. Karena takut konflik atau pertengkaran, mereka tidak dapat mengatakan tidak atau menolak apapun yang menghalangi jalan mereka.

7. Mereka menemukan kebahagiaan dalam materialisme

Orang dengan harga diri rendah biasanya akan menemukan kebahagiaan dalam berbelanja. Barang-barang yang bersifat materialistik membantu mereka dalam berurusan dengan harga diri mereka yang rendah. Mereka percaya bahwa hal-hal ini bisa membuat mereka merasa bahagia.

Oleh karena itu, jika Anda juga menemukan kebahagiaan dalam kepemilikan materi, cobalah menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai atau keluarga Anda untuk mengetahui nilai hubungan nyata dan lebih bermakna.

8. Mereka mudah tertekan

Depresi adalah salah satu kecenderungan paling umum pada orang yang memiliki harga diri rendah. Mereka tidak merasa bersosialisasi dan atau mencoba sesuatu yang baru. Mengambil hobi atau melakukan hal-hal yang Anda cintai dapat membantu dalam mencegah depresi.

Jika Anda berhubungan dengan tanda-tanda yang disebutkan di atas, sudah saatnya Anda mulai menilai kembali harga diri Anda. Penting untuk percaya bahwa Anda baik seperti Anda dan bahwa ada banyak hal selain hidup mencela diri sendiri dan terlalu peka terhadap berbagai hal.