7 Gejala Kanker Kolorektal yang Harus Anda Ketahui

Kanker kolorektal terjadi saat sel-sel yang melapisi usus besar atau rektum tumbuh tak terkendali. Tapi yang aneh dari bentuk kanker ini adalah tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Baru saat kanker stadium lanjut memang mulai menunjukkan gejala apapun. Tapi kunci untuk pencegahan adalah deteksi dini dan pengobatan. Memahami tanda-tanda awal penyakit tertentu mungkin akan mempermudah pasien. Namun demikian, sangat penting bagi orang untuk melakukan skrining rutin sehingga kanker kolorektal didiagnosis pada waktunya dan dapat diobati dengan tepat.

7 Gejala Kanker Kolorektal yang Harus Anda Ketahui
7 Gejala Kanker Kolorektal yang Harus Anda Ketahui

Meskipun kanker kolorektal tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, ada beberapa yang dapat Anda waspadai.

1. Jika Anda pernah mengalami diare, mual, tinja tipis dan mual beberapa waktu sekarang, dapatkan itu diperiksa oleh dokter. Anda mungkin berisiko terkena kanker kolorektal.

2. Bahkan setelah buang air besar, mungkin ada kejadian saat Anda merasa perlu mengunjungi toilet lagi. Ketidakmampuan untuk merasa lega setelah memiliki satu juga bisa menjadi gejala.

3. Jika Anda memperhatikan darah rektum, warnanya merah terang, Anda harus mendapatkannya diperiksa oleh dokter Anda.

4. Sering kram dan sakit perut juga merupakan pertanda penyakit ini.

5. Jika Anda merasa terlalu lemah dan lelah sebagian besar waktu, Anda bisa berisiko terkena penyakit ini.

6. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan tidak diinginkan juga merupakan faktor risiko potensial untuk kanker kolorektal.

7. Darah dalam tinja adalah gejala yang paling penting dari kanker kolorektal. Meskipun tidak terlihat pada semua kasus kanker kolorektal; itu masih merupakan salah satu gejala yang paling penting yang harus diwaspadai. Jika Anda mengalami pendarahan rektum, sangat penting bagi Anda untuk mengkomunikasikannya kepada dokter Anda untuk penanganan dan diagnosis tepat waktu. Dalam bentuk apapun, pendarahan rektum tidak boleh diabaikan.