10 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin B6

Makanan adalah bahan bakar tubuh manusia. Tapi bagaimana sebenarnya tubuh mengubah makanan menjadi energi? Nah, itu adalah Vitamin B6. Nutrisi penting ini adalah alasan mengapa Anda mendapat energi dari makanan. Tapi bagian anehnya adalah tubuh Anda bisa kehabisan nutrisi penting ini dalam waktu singkat. Dan bukan hanya diwajibkan mengubah makanan menjadi energi. Hal ini diperlukan untuk berfungsinya otak dan sistem saraf dengan baik. Tapi fakta terpenting tentang Vitamin B6 adalah nutrisi yang larut dalam air. Tubuh manusia tidak dapat menahan mineral yang larut dalam air terlalu lama sehingga Anda perlu mengisi mineral ini setiap hari.

10 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin B6
10 Manfaat Kesehatan Terbaik dari Vitamin B6

Kebutuhan harian nutrisi ini berbeda untuk orang-orang dari segala umur dan jenis kelamin lainnya. Selain itu, berbeda untuk wanita hamil dan menyusui.

Sumber vitamin B6 terbaik termasuk:

  • Alpukat
  • Ayam
  • Pistachio
  • tuna
  • Buncis
  • bayam
  • Biji bunga matahari
  • biji wijen
  • Pisang
  • Kentang
  • Sereal yang diperkaya
  • kacang polong

Tapi apa sebenarnya nutrisi super ini yang ditawarkan? Nah, Anda bisa mengharapkan beragam manfaat kesehatan dari konsumsi rutin vitamin B6. Lihatlah.

1. Kesehatan jantung

Hati Anda membutuhkan vitamin B6 untuk pembuluh darah yang lebih sehat. Homocysteine ​​adalah asam amino yang didapat darah dari konsumsi makanan kaya protein biasa. Kelebihannya terkait dengan peradangan dan risiko penyakit jantung lebih tinggi. Vitamin B6 membantu mengatur homosistein dalam darah. Menggabungkan vitamin B6 dengan folat secara signifikan dapat menurunkan kadar homosistein dan mencegah risiko penyakit jantung di masa depan. Hal ini juga diperlukan untuk mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol yang lagi relevan dengan kesehatan jantung yang baik.

2. Fungsi otak

Homocysteine ​​juga bertanggung jawab atas gangguan fungsi saraf. Konsumsi vitamin B6 secara teratur dapat mencegah gangguan tersebut terjadi. Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan fungsi kognitif dan kerusakan otak yang buruk. Ini menghadapkan orang pada risiko Alzheimer dan demensia yang lebih besar.

3. Meningkatkan mood Anda

Vitamin B6 meningkatkan produksi hormon bahagia yang dikenal sebagai serotonin dan norepinephrine. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutinnya meningkatkan produksi kedua hormon ini di otak, sehingga meningkatkan mood. Hal ini juga dikenal untuk mencegah depresi dan kecemasan.

4. Mengobati anemia

Hemoglobin memindahkan oksigen ke otak dan memobilisasi zat besi. Tubuh Anda membutuhkan vitamin B6 untuk menghasilkan hemoglobin dalam darah. Defisiensi hemoglobin menyebabkan anemia. Kondisi ini melibatkan gejala seperti kelelahan, nyeri dan nyeri. Peningkatan konsumsi vitamin B6 bisa mencegah anemia di tempat pertama.

5. Kesehatan mata

Pola makan dan kekurangan gizi yang buruk dapat menyebabkan kesehatan mata yang buruk. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B6 dengan folat dan beberapa nutrisi lagi dapat mencegah risiko penyakit mata dan kehilangan penglihatan.

6. Mengobati tekanan darah tinggi

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi vitamin B6 dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Selain itu, ini mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga mencegah penyakit jantung.

7. Meredakan gejala PMS

Banyak vitamin B6 bisa membantu mengurangi gejala PMS. Gejala PMS seperti nyeri payudara, mual, kram, dll, bisa dikurangi dengan konsumsi rutin vitamin B6. 10 hari sebelum menstruasi dimulai, mulai minum vitamin B kompleks.

8. Dapat mengobati asma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu dalam mengurangi frekuensi serangan asma. Selain itu, gejala asma seperti mengi juga secara signifikan diturunkan dengan konsumsi vitamin B6 secara teratur.

9. Mengatur siklus tidur

Bagi orang yang menghadapi insomnia, vitamin B6 adalah suatu keharusan. Nutrisi penting ini dapat meningkatkan produksi melatonin yang relevan dengan tidur yang nyenyak. Hormon ini mengatur jam internal Anda. Dengan cara ini tubuh Anda tetap sadar kapan Anda harus tidur, bangun, makan, bekerja dan beristirahat.


10. Mencegah batu ginjal

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B6 dengan magnesium bisa menjadi obat yang efektif untuk batu ginjal. Ini bisa mencegah batu ginjal dan mengobati mereka juga. Hal ini sangat membantu pada pasien yang berisiko tinggi terkena batu ginjal karena penyakit lainnya.