Ini dia 9 Tips Membantu Mengobati Depresi yang Anda Alami

Depresi atau dalam istilah medis disebut gangguan depresi mayor adalah gangguan suasana hati (mood) yang dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Seiring dengan terapi dan pengobatan, ada banyak hal yang orang depresi perlu lakukan pada tingkat pribadi. Keluar dari zona depresi bukanlah tugas yang mudah.

Ini dia Tips Membantu Mengobati Depresi yang Anda Alami
Ini dia Tips Membantu Mengobati Depresi yang Anda Alami
Anda perlu membawa beberapa perubahan dalam gaya hidup Anda dan terlibat dalam beberapa jenis aktivitas terus-menerus untuk membuat pikiran Anda tetap sibuk. Baca lebih lanjut untuk mengetahui beberapa cara alami yang dapat membantu Anda menyingkirkan depresi.

1. Berolahraga

Berolahraga adalah kegiatan utama yang bisa membuat Anda merasa sangat positif. Ini melepaskan hormon bahagia endorfin dan membuat otak bergerak menuju positif. Bahkan berjalan-jalan kecil di taman bisa sangat membantu.

2. Beri diri Anda rutinitas

Penting untuk rutinitas dan merencanakan hari Anda untuk melawan depresi. Depresi mengambil alih segalanya dan hari bisa berubah menjadi bulan dan kadang bahkan setahun. Beri diri Anda jadwal yang bisa efektif dalam membantu Anda kembali ke jalur dan menjalani kehidupan normal.

3. Tantang pikiran negatif

Pikiran negatif datang dalam kelimpahan saat Anda menderita depresi. Tapi yang perlu Anda lakukan hanyalah menantang pikiran negatif dengan mempertanyakan apakah apa yang Anda pikirkan benar benar. Misalnya, jika Anda merasa tidak ada yang mencintaimu, pikirkan jika ada bukti yang bisa membuktikan ini. Atau, jika Anda merasa belum mampu mencapai apapun dalam hidup Anda, pikirkan bagaimana Anda sejauh ini dan Anda berusia 5 tahun yang lalu.

4. Tetapkan tujuan

Rutinitas mungkin tampak monoton jika Anda tidak memberi diri Anda gol. Depresi adalah sesuatu yang bisa membuat Anda percaya bahwa Anda tidak dapat mencapai tujuan lagi. Itu membuat Anda merasa lebih buruk tentang diri Anda. Tapi pastikan untuk tidak membiarkan diri Anda turun dan memberi diri Anda gol kecil di awal. Misalnya, mulailah dengan membuat tempat tidur Anda setiap hari di pagi hari.

5. Cobalah sesuatu yang baru

Terlibat dalam sesuatu yang baru akan mematahkan kebosanan dan kebosanan dan membuat Anda merasa segar dan termotivasi. Cara termudah adalah dengan melibatkan diri dalam aktivitas yang sudah lama terlupakan. Misalnya, membaca buku di bangku di taman; atau mengunjungi tempat-tempat seperti kebun binatang atau museum. Ikuti kelas memasak atau bahasa. Belajar menang dan menang adalah melawan depresi dengan sukses.

6. Cobalah untuk menikmati apapun yang Anda lakukan

Dampak depresi sangat kuat sehingga bisa membuat segala sesuatu tidak menyenangkan atau menyenangkan. Tapi disitulah pertengkaranmu. Pikirkan aktivitas yang akan membuat Anda merasa bahagia atau aktivitas yang paling Anda sukai. Berusahalah membuat rencana mendadak dengan teman lama atau kunjungi kakek-nenek Anda. Setiap usaha kecil sepadan dengan orang-orang yang menderita depresi.

7. Makan sehat

Makan bersih dan sehat bisa membuat Anda merasa positif dan membuat Anda mengalami agensi untuk mengendalikan apa yang Anda makan. Makanan kaya asam lemak omega-3 dan asam folat dikatakan bisa meredakan depresi.

8. Mengambil tanggung jawab

Bila Anda depresi, Anda merasa ingin menyerah pada tanggung jawab pribadi, sosial dan profesional Anda. Sama seperti menetapkan tujuan kecil, mulailah dengan mengambil tanggung jawab kecil seperti kerja sukarela. Mengambil tanggung jawab akan membantu Anda mengatasi depresi dan membuat Anda merasa lebih berprestasi dalam hidup.

9. Tidur nyenyak

Depresi bisa menyulitkan tidur dan tidak bisa tidur nyenyak bisa memperburuk depresi. Untuk memastikan Anda tidur nyenyak, ikuti aturan sederhana awal tidur dan bangun pagi. Selain itu, melibatkan diri dalam berolahraga dan makan sehat akan memastikan bahwa Anda tidur nyenyak. Hindari tidur siang setiap saat dan jauhi gangguan seperti telepon dan laptop Anda pada waktu tidur.