7 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi yang Tinggi

Bayam mungkin tidak memberikan Anda kekuatan seperti Popeye. Tetapi ada satu hal yang pasti bisa memberi Kekuatan untuk Anda yaitu mengkosumsi makanan yang kaya Zat Besi. Jika kita melihat fungsi zat ini, yang paling penting adalah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membentuk sel darah merah. Jadi ya, itu memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh anda.

7 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi yang Tinggi
7 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi yang Tinggi

Rata-rata, asupan zat besi harian harus 18 mg. Namun, Anda harus ingat bahwa zat besi yang diserap oleh tubuh tergantung pada seberapa banyak yang telah disimpan. Kekurangan zat besi terjadi ketika jumlah zat besi yang Anda konsumsi lebih rendah daripada yang Anda kehilangan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Menstruasi wanita berisiko lebih tinggi terhadap defisiensi zat besi. Mengambil suplemen zat besi adalah pilihan tetapi berlebihan itu mengarah ke beberapa efek samping. Karena itu, Anda harus mencoba untuk mengisi sumber-sumber zat besi alami.

1. Kerang

Kerang seperti tiram, kerang, dan kerang memang merupakan sumber zat besi yang sangat kaya. Satu porsi 100 gram kerang adalah 28% besi. Sekarang, ini dapat bervariasi karena beberapa varietas mengandung jumlah yang sangat kurang dari besi. Tiram, di sisi lain, mengandung 10,2 gram zat besi dalam porsi 100 gram. Jenis ikan ini mengandung zat besi heme yang mudah diserap oleh tubuh, tidak seperti sumber non-heme lainnya. Mereka juga dikenal untuk meningkatkan kadar kolesterol baik Anda, dengan demikian meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Bayam

Bayam adalah tanaman hijau hijau yang dikenal menawarkan berbagai manfaat kesehatan untuk sedikit kalori. Satu porsi bayam 100 gram memberi Anda 3,2 gram zat besi. Sayuran ini adalah sumber zat besi non-heme yang mengapa itu diserap perlahan. Namun, ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang meningkatkan kecepatan penyerapan zat besi oleh tubuh. Makan bayam dengan lemak sehat seperti minyak zaitun untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

3. Daging organ seperti hati

Daging organ termasuk hati, otak, ginjal, dan jantung dan semuanya sangat bergizi. Mereka semua adalah sumber zat besi yang sangat kaya dan sehat. Seporsi 100 gram hati sapi memberi Anda 6,5 ​​gram zat besi. Mereka juga kaya protein, tembaga, selenium, vitamin B dan kolin, yang biasanya tidak didapatkan manusia dari sumber alami.

4. Daging merah

Daging merah memuaskan dan bergizi; jangan lupa, sumber zat besi yang sangat kaya. Satu porsi 100 gram daging merah memberi Anda 2,7 gram zat besi. Ini juga merupakan sumber protein, selenium dan vitamin B yang kaya. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi daging merah, ikan, dan unggas secara teratur berisiko lebih rendah menderita kekurangan zat besi. Dalam penelitian lain, diamati bahwa wanita yang mengonsumsi daging merah dapat mempertahankan zat besi lebih baik daripada mereka yang tidak.

5. Biji labu

Camilan portabel dan lezat ini juga merupakan sumber zat besi yang kaya. Satu porsi 28 gram biji labu memberi Anda 4,2 gram zat besi. Mereka juga kaya vitamin K, seng dan magnesium.

6. Cokelat hitam

Yang ini adalah kabar baik untuk para pecinta dark chocolate. Cokelat hitam juga merupakan sumber zat besi yang kaya; 3 ons dark chocolate memberi Anda 7mg zat besi. Pilih salah satu yang mengandung 45 hingga 69% padatan kakao.

7. Legum (Polong-polongan)

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi lain yang sangat kaya. Ini termasuk buncis, kedelai, kacang, kacang, dan kacang polong. Mereka adalah salah satu sumber zat besi terbaik untuk vegetarian. Satu porsi 200 gram legum dapat memberi Anda 6,6 mg zat besi. Mereka juga kaya folat, magnesium, dan potasium dan juga menyebabkan penurunan berat badan.