8 Cara Untuk Menghindari Diabetes

Banyak orang di Indonesia menderita diabetes. Bahkan Faktanya, jutaan orang terkena penyakit kronis ini. Jika diabetes tidak terkontrol, itu dapat menyebabkan gagal ginjal, penyakit jantung, kebutaan dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

8 Cara Untuk Menghindari Diabetes
8 Cara Untuk Menghindari Diabetes

Sebelum seseorang menderita diabetes, ada waktu ketika kadar gula darah tidak cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes. Fase ini dikenal sebagai prediabetes. Dalam fase ini di mana Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk mencegah diabetes berkembang.

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur atau melibatkan diri dalam aktivitas fisik dapat secara efektif mengurangi risiko diabetes. Ini karena berolahraga meningkatkan sensitivitas insulin sel Anda. Tubuh Anda membutuhkan insulin yang lebih rendah untuk menjaga kadar gula darah Anda terkendali jika Anda berolahraga secara teratur. Latihan aerobik, latihan kekuatan dan pelatihan interval intensitas tinggi dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada pasien obesitas, kelebihan berat badan dan pra-diabetik.

2. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Untuk mencegah diabetes, Anda harus meminimalkan konsumsi gula dan karbohidrat olahan. Ini karena tubuh Anda dengan cepat memecah gula dan karbohidrat halus menjadi molekul gula kecil. Molekul gula ini terserap dalam aliran darah Anda dan meningkatkan kadar gula darah Anda. Ini merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Insulin membantu mengeluarkan gula dari aliran darah ke dalam sel-sel tubuh. Orang dengan pradiabetes memiliki sel-sel tubuh yang menjadi resisten terhadap tindakan insulin. Dengan demikian, gula tetap dalam darah. Ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu. Orang yang mengonsumsi banyak makanan manis dan karbohidrat olahan lebih rentan terhadap risiko diabetes.

3. Menurunkan berat badan

Sebagian besar orang yang mengidap diabetes tipe 2 mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Orang dengan pradiabetes lebih cenderung memiliki lemak perut atau lemak visceral. Kelebihan lemak visceral dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Mengurangi bahkan sedikit berat badan dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Berolahraga secara teratur dan diet kaya protein dan serat, dan sedikit karbohidrat dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif.

4. Perhatikan ukuran porsi

Untuk mencegah diabetes, Anda perlu berhati-hati terhadap ukuran porsi dan pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Ini sangat penting bagi orang yang kelebihan berat badan dan obesitas. Makan terlalu banyak makanan pada satu waktu dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin Anda, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa melatih kontrol porsi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan insulin.

5. Minum banyak air

Seiring dengan membuang racun berbahaya dari tubuh dan membantu menurunkan berat badan, minum banyak air dapat membantu mencegah diabetes. Ketika Anda minum lebih banyak air, ada baiknya hindari minuman dan minuman manis dengan pengawet. Selain itu, air minum dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan respons insulin. Minuman manis seperti soda atau minuman ringan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

6. Merokok

Selain kanker, bahaya kesehatan utama lain yang disebabkan oleh merokok adalah diabetes. Studi telah menghubungkan merokok atau paparan asap untuk diabetes tipe 2.

7. Tetap aktif

Selain berolahraga secara teratur, makan dengan benar dan minum banyak air, penting untuk tetap aktif sepanjang hari dan menghindari perilaku menetap. Cobalah berjalan sejauh mungkin, naik tangga, hindari lift, dll, karena mereka akan membantu mencegah risiko diabetes.

8. Hindari makanan olahan

Makanan olahan memiliki pengawet dan sodium dalam jumlah besar. Mereka dapat berkontribusi untuk meningkatkan tekanan darah Anda dan bahkan dapat menyebabkan penyakit jantung, obesitas dan diabetes. Mereka tinggi lemak jenuh yang sangat berbahaya bagi tubuh. Konsumsi makanan olahan harus dihindari untuk mencegah risiko diabetes dan berbagai masalah kesehatan lainnya.