8 Kebiasaan Sehari-hari yang Merugikan Kesehatan Anda

Sedikit yang kita sadari bagaimana kebiasaan kita mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Kebiasaan yang tampaknya tidak bersalah dapat membahayakan Anda dengan cara yang bahkan tidak pernah Anda pikirkan. Misalnya, Anda mungkin merasa bahwa mendekatkan ponsel ke kepala Anda saat tidur baik-baik saja.

8 Kebiasaan Sehari-hari yang Merugikan Kesehatan Anda
8 Kebiasaan Sehari-hari yang Merugikan Kesehatan Anda

Tetapi penelitian terbaru membuktikan bagaimana itu dapat mempengaruhi otak Anda dan bagian lain dari tubuh Anda. Sama halnya, kebiasaan lain, yang Anda anggap normal, dapat benar-benar menjadi penyebab di balik masalah kesehatan yang serius atau penyakit yang mungkin melekat pada Anda di masa depan. Dan kebiasaan ini begitu akrab sehingga pos membaca ini, Anda mungkin ingin mengubah kebiasaan sehari-hari Anda sama sekali. Nah, itu adalah tujuan yang tidak realistis, untuk memulai dengan, tetapi seiring waktu Anda dapat beralih ke sehat, atau haruskah kita mengatakan kebiasaan yang lebih aman.

Berikut adalah daftar 8 kebiasaan tak berdosa yang Anda anggap normal tetapi sebenarnya menjadi bumerang bagi kesehatan Anda dalam sejumlah cara.

1. Stiffing atau menahan bersin

Tata krama menyarankan bahwa bersin terlalu keras adalah kasar atau tidak sopan. Jadi Anda mungkin lebih suka membungkuk bersin Anda sebagai gantinya. Tetapi apakah Anda tahu betapa tidak sehatnya kebiasaan ini? Sambil menahan bersin dengan menekan hidung Anda dapat memberi terlalu banyak tekanan pada intrakranial Anda. Ini menghalangi aliran darah ke otak dan menekan pembuluh darah. Ini dapat menyebabkan sakit kepala dan dalam kasus yang ekstrim, masalah pendengaran.

2. Mencuci rambut terlalu sering

Membersihkan rambut Anda secara teratur adalah penting tetapi Anda perlu melihat seberapa sering mencuci rambut. Rambut yang terlalu bersih juga bisa berbahaya bagi Anda. Mencuci rambut terlalu sering dapat merampas minyak alami mereka dan dapat membuatnya terlihat rapuh.

3. Kenakan jeans ketat

Jeans ketat mungkin terlihat sangat menarik, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Ini seperti mengorbankan kesehatan Anda hanya untuk terlihat menarik. Celana jeans ini menekan ujung saraf Anda dengan sangat keras. Ini menyebabkan perasaan ketidaknyamanan konstan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf Anda. Ini menghalangi aliran darah ke kaki Anda yang bisa membuat mereka mati rasa.

4. Menggunakan ponsel Anda sebelum tidur

Ini mungkin satu hal yang kita semua lakukan. Di era smartphone, rutin bagi seseorang untuk memulai hari dengan melihat telepon dan meliriknya dengan cepat sebelum tidur. Radiasi berbahaya dari ponsel Anda dapat melemahkan tulang Anda dan mengganggu tidur Anda, membuat Anda menjadi insomnia. Selain itu, lampu buatan pada ponsel dapat mengganggu produksi melatonin, hormon tidur. Jauhkan ponsel Anda sebelum pergi tidur demi kesehatan Anda.

5. Lupa melepas lensa kontak Anda

Setelah Anda merasa nyaman dengan lensa kontak, Anda terkadang lupa untuk melepasnya sebelum tidur. Tetapi apakah Anda tahu betapa berbahayanya hal itu bagi Anda? Anda mungkin bangun dengan bola mata yang menyakitkan di tempat pertama. Tetapi ketika ini terjadi terlalu sering, itu bisa membuat Anda terkena risiko kornea yang rusak.

6. Minum terlalu banyak air

Menjaga diri Anda terhidrasi sepanjang waktu adalah hal yang baik untuk dilakukan. Tetapi Anda perlu tahu kapan harus berhenti. Di beberapa titik waktu, minum terlalu banyak air bisa menjadi berbahaya bagi Anda. Itu bisa membuat Anda kelebihan berat badan, tidak nyaman dan kembung. Jika Anda harus pergi ke toilet lebih dari sekali dalam dua jam, itu menandakan bahwa Anda minum terlalu banyak air. Untuk rata-rata orang, tiga liter air dalam sehari seharusnya sudah cukup.

7. Terlalu sering mengambil obat penghilang rasa sakit

Terlalu sering menggunakan penghilang rasa sakit bisa membuat Anda lebih rentan terhadap rasa sakit dalam bentuk sakit kepala rebound. Sakit kepala ini terjadi ketika seseorang mulai terlalu sering menggunakan penghilang rasa sakit. Jika Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit lebih dari tiga kali seminggu, Anda meningkatkan kemungkinan Anda mengalami sakit kepala rebound.

8. Mengenakan sunblock setiap hari

Memakai tabir surya mungkin tampak seperti kebutuhan, terutama selama waktu sepanjang tahun ini. Ini, bagaimanapun, bisa merampok tubuh Anda dari vitamin D, sehingga memaparkan Anda pada risiko kekurangan, depresi dan osteoporosis. Sebagian besar vitamin D yang bermanfaat diciptakan oleh aksi sinar matahari. Jadi jika Anda terlalu sering memakai sunblock, sumber alami vitamin itu akan tersumbat. Gunakan dalam jumlah terbatas, tetapi jangan memaparkan kulit Anda ke tanning karena vitamin D. Pakailah tabir surya jika Anda takut akan efek merusak dari matahari.