Pengertian dan Jenis Dimensi Menurut para Ahli Secara Lengkap

Pengertian Dimensi – Berbicara mengenai dimensi, hal pertama yang langsung muncul di ingatan penulis adalah Bioskop 3 dimensi. Ya, bioskop 3 dimensi merupakan salah satu produk buatan manusia yang memiliki tiga unsur dimensi sehingga apa yang ditampilkan dalam layar bioskop terlihat seperti aktivitas yang nyata.

Pengertian dan Jenis Dimensi Menurut para Ahli
Pengertian dan Jenis Dimensi Menurut para Ahli

Bagi orang-orang yang bergerak atau pun menekuni dunia seni rupa ataupun arsitektur, dimensi tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang awam, istilah dimensi tentunya bukanlah istilah yang familiar di telinga mereka, terutama untuk orang awam yang tidak pernah mempelajari dunia seni rupa sama sekali.

Lantas apa sih sebenarnya dimensi itu?

Definisi dan Pengertian Dimensi

Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi : panjang, luas, tinggi, lebar, dan sebagainya.

Buku Filsafat Kuno
Menurut penjelasan yang ada dalam buku filsafat kuno, dimensi adalah sebuah sistem yang mengukur gerak bebas. Sebuah benda dikatakan berada pada dimensi nol apabila benda tersebut tidak dapat bergerak sama sekali ke arah manapun, seperti salah satu contohnya adalah titik.

Menurut Wikipedia
Dalam fisika dan matematika, dimensi dari suatu ruang atau objek secara informal diartikan sebagai jumlah minimal koordinat yang dibutuhkan untuk menentukan titik-titik yang ada di dalamnya.[1][2] Jadi, sebuah garis memiliki dimensi karena hanya satu koordinat yang dibutuhkan untuk menentukan suatu titik di permukaannya (misalnya titik di garis angka 5). Permukaan seperti bidang atau permukaan suatu tabung atau sfer memiliki dimensi keduanya karena dibutuhkan dua koordinat untuk menentukan titik pada permukaannya (misalnya untuk menentukan titik di permukaan dibutuhkan lintang dan bujurnya). Bagian dalam kubus, tabung atau sfer bersifat tiga dimensi karena dibutuhkan tiga koordinat untuk menentukan suatu titik di dalam ruangnya.

Dalam istilah fisika, dimensi merujuk pada struktur konstituen dari semua ruang (volum) dan posisinya dalam waktu (dipersepsikan sebagai dimensi skalar di sepanjang sumbu t), serta cakupan spasial objek-objek di dalamnya – struktur yang memiliki korelasi dengan konsep partikel dan medan yang berinteraksi sesuai relativitas massa dan pada dasarnya bersifat matematis. Sumbu ini atau sumbu lainnya dapat diarahkan untuk mengidentifikasi suatu titik atau struktur dalam tanggapan dan hubungannya terhadap objek lain. Teori fisika yang mencakup unsur waktu (misalnya relativitas umum) dianggap terjadi dalam "ruang waktu" empat dimensi yang didefinisikan sebagai ruang Minkowski). Teori modern cenderung lebih "berdimensi tinggi", termasuk teori medan kuantum dan string. Ruang tetap mekanika kuantum adalah ruang fungsi berdimensi tidak terbatas.

Konsep dimensi tidak dibatasi hingga benda fisik saja. Ruang berdimensi tinggi sering muncul dalam matematika dan ilmu pengetahuan atas berbagai alasan, terutama dalam bentuk ruang konfigurasi sebagaimana mekanika Lagrange atau Hamilton; keduanya adalah ruang abstrak dan terbebas dari ruang fisik yang di tempati manusia.

Selain itu banyak definisi mengenai dimensi, diantaranya sebagai berikut :




  1. Dimensi merupakan sebuah rencana penyergapan wilayah perjudian yang dilakukan suatu unit polisi dibagian anti narkoba dan perjudian.
  2. Dimensi merupakan pelaksanaan dari rencana proyek pembangunan suatu jembatan penyebrangan yang dianggap gagal, namun apabila ditinjau dari dimensi tertentu maka dapat dikatakan tidak cukup buruk hasilnya. Didalam pelaksanaan suatu proyek telah tercapai sebuah keadaan yang nyata meski tidak sepenuhnya sesuai dengan apa yang diharapkan.
  3. Dimensi merupakan suatu aktifitas meditasi yang telah dilakukan oleh kelompok manusia. Dimensi mengakui adanya batasan tetang suau kehidupan yang nyata dan tidak nyata.
  4. Era reformasi pada bidang demokrasi sudah memberikan perubahan yang dapat mengakibatkan timbulnya pengertian yang berbeda dari pengertian yang sesungguhnya mengenai kebebasan. Sebuah dimensi yang baru akan terbentuk dan berkembang dikalangan masyarakat, seolah-olah demokrasi merupakan bebas dalam berbagai hal apapun yang dapat menggangu ketertiban.
  5. Walaupun bangsa tertimpa oleh krisis multidimensi yang berkepanjangan, tetapi semboyan semangat nasionalisme yang tinggi pada akhirnya akan berhasil untuk Berjaya dan dikancah secara internasional.

Beberapa Jenis Dimensi

Dimensi Satu
Dimensi satu merupakan dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja yaitu panjang. Benda-benda dimensi satu dapat bergerak bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contoh benda dimensi satu adalah garis.

Dimensi Dua
Pengertian dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi yaitu unsur panjang dan unsur lebar. Benda-benda dimensi dua dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, dan juga bawah.

Benda-benda dimensi dua sering juga disebut dengan istilah bangun datar. Ciri utama benda-benda dimensi dua adalah memiliki luas dan keliling. Beberapa contoh benda dimensi dua yaitu segitiga, persegi panjang, persegi, dll.

Dimensi Tiga
Dimensi tiga merupakan dimensi yang memiliki tiga unsur dimensi yaitu panjang, lebar, dan juga tinggi. Benda-benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang.

Benda-benda dimensi tiga sering juga disebut dengan istilah bangun ruang. Salah satu ciri utama benda dimensi tiga adalah dapat diisi dengan benda – benda tertentu  atau dengan kata lain memiliki volume. Beberapa contoh benda dimensi tiga yaitu balok, kubus, tabung, kerucut, rumah, mobil, hewan, manusia, dll.

Dimensi Empat
Meskipun masih diperdebatkan, sebagian ahli menyatakan bahwa dimensi sangat terkait dengan masalah waktu. Sehingga, dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang dilengkapi dengan dimensi waktu.



Pencarian yang paling banyak dicari

  • dimensi fisika
  • macam macam dimensi
  • contoh dimensi
  • dimensi satuan
  • 4 dimensi
  • dimensi besaran
  • rumus dimensi
  • 5 dimensi