Pengertian Domain, Fungsi dan Manfaat domain serta Penyedia Hosting dan Domain di Indonesia

Pada dasarnya setiap orang yang pernah menggunakan jaringan internet pasti pernah menggunakan domain. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang pernah menggunakan domain, hanya sebagian kecilnya saja yang memahami apa itu domain dan apa fungsinya dalam jaringan internet. Hal ini dikarenakan istilah domain memang hanya digunakan oleh segelintir orang yang berkecimpung di dunia internet.

Pengertian Domain, Fungsi dan Manfaat domain serta Penyedia Hosting dan Domain di Indonesia
Pengertian Domain, Fungsi dan Manfaat domain serta Penyedia Hosting dan Domain di Indonesia


Lantas apa sih sebenarnya domain itu? Apa sih gunanya domain dalam jaringan internet?

Pengertian Domain

Pengertian domain adalah nama unik yang digunakan sebagai pengganti alamat server komputer yang terhubung di jaringan komputer atau pun jaringan internet.

Menurut wikipedia, Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Fungsi Domain dalam Jaringan Internet

Jika dijelaskan secara rinci, domain memiliki beberapa fungsi dasar sebagai berikut :

Memudahkan Pencarian Situs Website
Fungsi domain yang pertama untuk memudahkan aktivitas pencarian website. Sebelum domain ditemukan, setiap website hanya bisa dibuka dengan menggunakan alamat IP website tersebut, sehingga untuk membuka 100 website yang berbeda, diperlukan 100 alamat IP yang berbeda pula.

Memudahkan Pengingatan Situs Website
Selain memudahkan pencarian situs website, penggunaan domain juga memudahkan pengguna situs website dalam mengingat alamat situs. Jika sebelumnya pengingatan alamat situs hanya bisa dilakukan dengan menghafal alamat IP yang berasal dari angka (pasti sulit dihafal), kini dengan keberadaan domain, pengingatan alamat website dapat dilakukan dengan menghafal alamat IP (cara sulit) dan juga menghafal alamat domain (jauh lebih mudah).

Menunjukkan Kepemilikan Website
Fungsi domain yang ketiga adalah untuk menunjukkan kepemilikan website. Seperti yang kita ketahui, sebuah domain hanya dapat digunakan untuk satu website saja. Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan besar biasanya menggunakan nama perusahaan mereka sebagai domain website mereka sehingga para penggunanya dapat mengetahui pemilik dari website yang sedang dibukanya tersebut.

Menggambarkan Jenis Website
Fungsi domain yang berikutnya adalah untuk menggambarkan jenis website. Beberapa website tertentu biasanya sengaja dibangun dengan menggunakan domain khusus jenis website tersebut. Website – website organisasi atau pun pendidikan misalnya, website jenis ini biasanya menggunakan domain TLD .org (website organisasi) dan domain TLD .edu (website pendidikan). Oleh karena itu, dengan melihat domain TLD sebuah website, kita dapat mengetahui jenis website tersebut secara langsung (meskipun tidak berlaku untuk beberapa website).

Menunjukkan Negara Asal Website
Fungsi domain yang terakhir adalah sebagai identitas asal negara website. Beberapa website tertentu biasanya menggunakan domain negara mereka sebagai domain website. Website – website milik pemerintah atau pun organisasi pendidikan misalnya, website – website ini biasanya menggunakan domain TLD .gov.id (untuk website pemerintahan) dan domain TLD .ac.id (untuk website pendidikan) yang menginformasikan identitas negaranya.

Manfaat Domain

Sehingga dapat kita simpulkan. banyak manfaat dari penggunaan domain ini seperti:
  1. Kita tidak perlu mengingat deret angka IP yang berbeda-beda tiap website, sehingga dengan adanya domain ini memperingan kita untuk mengingat.
  2. Mudah. Karena kita tidak perlu tahu atau mengingat alamat website untuk tiap website. Dalam satu website terkadang dia bisa memiliki 1-3 IP sendiri, dengan adanya domain ini memperingan kita mengakses website tanpa perlu tahu berapa IP yang dimilikinya.
Untuk domain sendiri banyak sekali yang menjualnya dalam artian memberikan jasa pendaftaran domain. Namun tidak semua memberikan service yang baik. Misal kita mencari untuk tempat yang menyediakan jasa pendaftaran domain murah, maka bisa dipastikan tidak semua provider hosting bisa memberikan service itu. CloudMILD webhosting adalah salah satu tempat web hosting dan pendaftaran domain yang baik. Selain memberikan service domain yang murah, paket hostingnya pun tak kalah murah untuk orang yang baru belajar website. Jadi jangan ragu lagi jika ingin membeli domain murah cukup ke CloudMILD webhosting.

Komponen Domain Name System (DNS)

(Apa pengertian ahli) Berdasarkan buku pengantar jaringan komputer, ada 3 bagian yang mendukung kinerja Domain name system yaitu:
  1. Domain Name system resolvel, adalah sebuah program DNS client yang dijalankan pada komputer user dan menghasilkan DNS request program aplikasi yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan program aplikasi tentang domain
  2. Recursive Domain name system server, yang akan melanjutkan pencarian Domain name system melalui respons (balasan) query dari resolver dan mengembalikan jawaban ke resolver
  3. Authoritative Domain Name System Server, adalah bagian yang mengeksekusi jawaban jawaban keluar ke query dari recursor, pada tiap-tiap bagian jawaban atau bagian dari penunjukan atau penyerahan 
Domain Name system Server ada 3 jenis yaitu:
  1. Cache, jenis ini tidak memiliki data nama nama host dari domain tertentu. Hanya mencari jawaban dari beberapa domain name system server dan menyimpan hasil di dalam cache-nya untuk keperluan mendatang
  2. Primary (master) adalah dns server yang menyimpan list lengkap dari sebuah domain yang dikelola. Contohnya server blogger.com mempunyai otoritas penuh atas domain http://www.apapengertianahli.com/
  3. Secondary (slave) adalah cadangan dari primary server apabila server utama crash atau untuk mempermudah pendelegasiannya. Server sekunder juga menampung list lengkap dari sebuah domain, sama seperti primary domain server
(Apa pengertian ahli) Jadi dapat disimpulkan secara abal abal bahwa domain name adalah sebuah sistem penamaan alamat internet yang bersifat manusiawi.

Hal ini karena alamat IP berupa angka angka yang sulit dihapal seperti 212.53.64.01. Adanya domain name membuat penamaan alamat internet protokol menjadi mudah dan gampang diingat. Misalnya www.Kompas.com atau www.yahoo.com. Domain name boleh dikatakan sebagai alamat rumah virtual seseorang di internet.

Kelebihan menggunakan Domain Top Level

1# Memberikan kepuasan tersendiri
Saat anda menggunakan sub domain bawaan, tentu pernah merasa risih karena sub domain yang digunakan tidak bagus hingga membuat anda malas mengelola blog tersebut. Karena ketidak sukaan akan sub domain, anda memutuskan untuk menyewa sebuah domain top level yang mana membuat anda merasa puas karena berhasil mendapatkan domain yang anda sukai.

Dan akan menguntungkan lagi karena anda akan semakin semangat dalam mengelola blog, berkat kehadiran domain top level yang telah anda sewa.

2# Membuat alamat blog mudah diingat
Kelebihan lain dari penggunaan domain top level, yaitu menyingkat alamat blog dan memudahkan pengunjung dalam mengingat nama atau alamat blog anda. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan, karena jika pengunjung dapat dengan mudahnya mengingat nama blog, maka kemungkinan yang sangat besar mereka akan kembali lagi mengunjungi blog milik anda, tentu dengan catatan konten yang anda sajikan adalah konten yang berkualitas dan benar-benar bermanfaat untuk para pembaca.

3# Blog akan terlihat profesional
Dengan mengganti sub domain bawaan blog menjadi sebuah domain top level, maka blog yang anda kelola semakin terlihat profesional. Profesionalitas sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya bagi para pengunjung, berbeda bila anda memutuskan untuk menggunakan sub domain bawaan saja dengan alasan murah.

Tidak sedikit pengunjung yang akan menganggap blog anda jelek, tidak profesional, dan tidak mempercayai apa yang tersaja pada blog tersebut.

4# Anda akan semakin rajin update
Selain karena faktor kepuasan tersendiri, dengan kehadiran domain top level maka dipastikan anda akan semakin rajin dalam mengelola dan update artikel baru. Hal tersebut terjadi karena biaya sewa domain yang tidak murah, menyebabkan anda tidak mau merasa rugi dan membuat anda semakin rajin dalam mempublikasikan artikel baru.

Lama-kelamaan blog anda akan terisi dengan artikel baru yang memudahkan monetisasi serta akhirnya blog anda mampu menghasilkan uang (Balik modal deh).

5# Meningkatkan harga jual suatu blog
Hal ini mungkin berlaku untuk anda yang mulai bosan dalam mengelola suatu blog, atau bisa jadi menjual blog memang menjadi tujuan anda sejak awal. Jika anda sedang berfikiran untuk menjual blog, maka domain top level bisa sangat membantu dalam “mendongkrak” harga suatu website/blog.

Bahkan harga jual bisa saja berkali-kali lipat lebih tinggi dari saat anda membeli domain tersebut walaupun blog anda merupakan blog kosong, hal ini bisa saja terjadi karena calon pembeli benar-benar menginginkan domain anda, atau karena kebetulan nama domain anda sama dengan nama perusahaan calon pembeli dan ingin menjadikan domain anda sebagai domain website perusahaan mereka.

Kekurangan menggunakan Domain Top Level

1# Harga sewa tahunan yang cukup mahal
Domain memang tidak bisa di beli selamanya, tetapi bisa disewa dalam jangka waktu yang cukup lama. Rata-rata penyedia domain memberikan harga sewa berdasarkan hitungan tahun dengan harga yang berbeda-beda tergantung Domain TLD yang anda ingin gunakan.

Harga sewapun akan semakin mahal lagi apabila anda menyewa domain lengkap dengan paket hostingnya. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengikuti layanan seperti Adsense atau menjual produk sendiri di blog. Agar mendapat pemasukan untuk membayar sewa tahunan tersebut.

2# Susahnya mendapatkan domain yang diinginkan
Kekurangan kedua yaitu susahnya mendaftarkan alamat blog dengan nama domain yang diinginkan. Misalkan anda memiliki blog dengan nama “contohsaja.blogspot.com” maka belum tentu domain tersebut dapat didaftarkan, dan akhirnya anda perlu mencari nama lain yang masih tersedia untuk didaftarkan.

Kesulitan dalam mendaftarkan nama yang diinginkan terjadi karena Domain Top Level bersifat global, yang berarti anda harus berlomba-lomba dengan jutaan orang lainnya yang juga menginginkan nama domain seperti yang anda inginkan.

3# Rank blog akan hilang dan perlu waktu untuk memulihkannya
Ini dia alasan untuk menggunakan domain top level sejak awal. Jika anda memutuskan untuk menyewa domain setelah blog yang anda kelola terkenal, maka segala macam backlink dan rank yang sudah anda kumpulkan saat masih menggunakan sub domain akan hilang dan sirna, anda perlu mengulang mencari backlink berkualitas dan memerlukan waktu cukup lama agar rank blog bisa bagus seperti sediakala.

Penyedia Hosting dan Domain di Indonesia

Sebenarnya sangat banyak penyedia Hosting dan Domain di Indonesia, ada yang sangat murah ada juga yang mahal, ada yang masih baru dan ada yang sudah lama. Yuk baca dibawah ini…

1. RumahWeb url: https://www.rumahweb.com/
Rumahweb merupakan situs penyedia layanan hosting dan domain yang sangat baik peforma dan pelayanannya, karena sudah lama berkecimpung dari tahun 2002 di Yogyakarta. Termasuk perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang kini melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan.

2. Jagoan Hosting url: https://www.jagoanhosting.com/
Jagoan Hosting Indonesia merupakan bagian dari PT Beon Intermedia di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling JAGO namun tetap dengan harga web hosting murah. 7 tahun lebih, Jagoan Hosting Indonesia membantu & memudahkan masyarakat Indonesia untuk GO ONLINE. Sumber:Jagoan Hosting.

3. IDwebhost url: https://idwebhost.com/
IDwebhost berdiri sejak 2004 dan menjadi perusahaan domain dan hosting yang diperhitungkan di Indonesia. Prestasi yang sudah diraih oleh IDwebhost: Sejak tahun 2005 hingga saat ini menjadi 3 besar webhosting di Indonesia. Tahun 2009 memperoleh ICANN Accredited yang pertama di Indonesia. Diakui oleh Internasional sebagai reseller domain terbesar di Indonesia.

4. Idhostinger url: http://www.idhostinger.com/
Idhostinger merupakan penyedia hosting dan domain yang sudah lama berdiri, selain menyediakan domain dan hosting berbayar juga menyediakan hosting gratis dengan space 2GB, Bandwidth 100GB, PHP dan MySQL, Site Builder, Tanpa iklan atau banner.

5. NiagaHoster url: https://www.niagahoster.co.id/
Niagahoster masih termasuk satu team dengan Idhostinger, Niagahoster juga termasuk penyedia hosting dan domain yang sering sekali mengadakan promo mudah, jadi cocok untuk Anda yang suka cari harga murah.

6. QWords url: https://www.qwords.com/
Qwords.com didirikan pada Juli 2005 oleh Rendy Maulana saat berkuliah di Institut Teknologi Bandung, berawal dari sebuah ide bahwa ingin memiliki perusahaan yang mendukung aktivitas teman-teman kuliahnya (pada waktu itu) di Internet. Pada Tahun 2005 Internet Indonesia sedang masuk dalam era perkembangan, ditandai dengan banyaknya pengguna Internet yang masuk ke ranah social media pada saat itu.

7. Hosting.id url: https://www.hosting.id
Hosting.id masih belum terlalu familiar, atau mungkin karena saya yang kudet(Kurang Update). Tetapi baru-baru ini mengadakan promo domain gratis .sch.id dan .my.id jadi Hosting.id sekarang semakin populer.

8. Teamworks url: https://www.teamworks.co.id
Teamworks Indonesia adalah sebuah unit usaha yang bergerak di bidang jasa layanan Teknologi Informasi (TI) yang berupa pengembangan software beserta aplikasi pendukungnya. Teamworks Indonesia bertempat di Surabaya, dengan mengambil nilai eksotis Surabaya sebagai pendamping pesatnya pertumbuhan teknologi. Service yang disediakan Teamworks Indonesia meliputi Web Hosting, Domain Registration, Web Development, Web Design, Graphic Design, Printing, Dekstop Application, Multimedia Project, CD Interactive, Information System, IT Consultan serta berbagai hal yang menyangkut IT dan Printing.

9. MasterWeb url: http://www.masterweb.com/
PT. Master Web Network / MWN adalah perusahaan yang memfokuskan pada jasa webhosting, yang mencakup Domain Name, Shared Hosting, VPS, Colocation Server, Dedicated Server dan Managed Server. Pendiri kami adalah pelaku Internet yang telah berpengalaman sejak 1995. Kami telah berkecimpung di bidang ISP sejak 1996 dan di bidang webhosting sejak 1998. Sejak awal berdiri hingga sekarang kami merupakan perusahaan yang selalu bergairah dalam memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggan, kami sangat mengedepankan kepuasan pelayanan.

Penyedia Domain

A

  • .ac – Ascension *
  • .ad – Andorra
  • .ae – Uni Emirat Arab
  • .af – Afganistan
  • .ag – Antigua dan Barbuda *
  • .ai – Anguilla
  • .al – Albania
  • .am – Armenia *
  • .an – Antillen Belanda
  • .ao – Angola
  • .aq – Antartika
  • .ar – Argentina
  • .as – Samoa Amerika *
  • .at – Austria *
  • .au – Australia
  • .aw – Aruba
  • .ax – Åland
  • .az – Azerbaijan

B

  • .ba – Bosnia Herzegovina
  • .bb – Barbados
  • .bd – Bangladesh
  • .be – Belgia *
  • .bf – Burkina Faso
  • .bg – Bulgaria
  • .bh – Bahrain
  • .bi – Burundi *
  • .bj – Benin
  • .bm – Bermuda
  • .bn – Brunei Darussalam
  • .bo – Bolivia *
  • .br – Brasil *
  • .bs – Bahama *
  • .bt – Bhutan
  • .bv – Pulau Bouvet (tidak dipakai dan tidak terdaftar)
  • .bw – Botswana
  • .by – Belarus
  • .bz – Belize *

C

  • .ca – Kanada
  • .cc – Pulau Cocos *
  • .cd – Republik Demokratik Kongo (dulunya .zr – Zaire) *
  • .cf – Republik Afrika Tengah
  • .cg – Republik Kongo *
  • .ch – Swiss *
  • .ci – Côte d'Ivoire (Pantai Gading)
  • .ck – Kepulauan Cook *
  • .cl – Chili
  • .cm – Kamerun
  • .cn – Republik Rakyat Tiongkok *
  • .co – Kolombia
  • .cr – Kosta Rika
  • .cs – Serbia dan Montenegro (dulunya .yu – Yugoslavia; Catatan: pada tanggal 3 Juni, 2006, Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya, sehingga domain ini tidak dipakai lagi.) (kode domain .cs tidak dipakai, tidak ada DNS) (kode domain .cs dulunya dipakai untuk Cekoslowakia)
  • .cu – Kuba
  • .cv – Tanjung Verde
  • .cx – Pulau Natal *
  • .cy – Siprus
  • .cz – Republik Ceko

D

  • .de – Jerman
  • .dj – Djibouti *
  • .dk – Denmark *
  • .dm – Dominika
  • .do – Republik Dominika
  • .dz – Aljazair (Algeria)

E

  • .ec – Ekuador
  • .ee – Estonia
  • .eg – Mesir
  • .eh – Sahara Barat (tidak dipakai; tidak ada DNS)
  • .er – Eritrea
  • .es – Spanyol *
  • .et – Ethiopia
  • .eu – Uni Eropa (kode domain yang "dikhususkan" oleh ISO 3166-1)

F

  • .fi – Finlandia
  • .fj – Fiji *
  • .fk – Kepulauan Falkland
  • .fm – Federasi Mikronesia *
  • .fo – Kepulauan Faroe
  • .fr – Perancis

G

  • .ga – Gabon
  • .gb – Britania Raya (Reserved domain by IANA; deprecated – see .uk)
  • .gd – Grenada
  • .ge – Georgia
  • .gf – Guyana Perancis
  • .gg – Guernsey
  • .gh – Ghana
  • .gi – Gibraltar
  • .gl – Greenland *
  • .gm – Gambia
  • .gn – Guinea
  • .gp – Guadeloupe
  • .gq – Guinea Khatulistiwa
  • .gr – Yunani *
  • .gs – Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan *
  • .gt – Guatemala
  • .gu – Guam
  • .gw – Guinea Bissau
  • .gy – Guyana
  • H
  • .hk – Hong Kong *
  • .hm – Pulau Heard dan Kepulauan McDonald *
  • .hn – Honduras *
  • .hr – Kroasia
  • .ht – Haiti
  • .hu – Hongaria *

I

  • .id – Indonesia
  • .ie – Republik Irlandia
  • .il – Israel *
  • .im – Pulau Man *
  • .in – India *
  • .io – Teritori Samudra Hindia Britania *
  • .iq – Irak
  • .ir – Iran *
  • .is – Islandia
  • .it – Italia
  • J
  • .je – Jersey
  • .jm – Jamaika
  • .jo – Yordania
  • .jp – Jepang

K

  • .ke – Kenya
  • .kg – Kirgizstan
  • .kh – Kamboja
  • .ki – Kiribati
  • .km – Komoro
  • .kn – Saint Kitts dan Nevis
  • .kp – Korea Utara (tidak dipakai; tidak ada DNS)
  • .kr – Korea Selatan
  • .kw – Kuwait
  • .ky – Kepulauan Cayman
  • .kz – Kazakhstan *

L

  • .la – Laos *
  • .lb – Lebanon
  • .lc – Saint Lucia
  • .li – Liechtenstein *
  • .lk – Sri Lanka
  • .lr – Liberia
  • .ls – Lesotho
  • .lt – Lituania
  • .lu – Luxemburg
  • .lv – Latvia *
  • .ly – Libya *

M

  • .ma – Maroko
  • .mc – Monako
  • .md – Moldova *
  • .me – Montenegro
  • .mg – Madagaskar
  • .mh – Kepulauan Marshall
  • .mk – Republik Makedonia
  • .ml – Mali
  • .mm – Myanmar
  • .mn – Mongolia *
  • .mo – Makau
  • .mp – Kepulauan Mariana Utara *
  • .mq – Martinique
  • .mr – Mauritania
  • .ms – Montserrat *
  • .mt – Malta
  • .mu – Mauritius *
  • .mv – Maladewa
  • .mw – Malawi *
  • .mx – Meksiko *
  • .my – Malaysia
  • .mz – Mozambik

N

  • .na – Namibia *
  • .nc – Kaledonia Baru
  • .ne – Niger
  • .nf – Pulau Norfolk *
  • .ng – Nigeria
  • .ni – Nikaragua
  • .nl – Belanda * (ccTLD terdaftar pertama)
  • .no – Norwegia
  • .np – Nepal
  • .nr – Nauru *
  • .nu – Niue *
  • .nz – Selandia Baru *
O
  • .om – Oman

P

  • .pa – Panama
  • .pe – Peru
  • .pf – Polinesia Perancis
  • .pg – Papua Nugini
  • .ph – Filipina *
  • .pk – Pakistan *
  • .pl – Polandia *
  • .pm – Saint-Pierre dan Miquelon
  • .pn – Kepulauan Pitcairn *
  • .pr – Puerto Riko *
  • .ps – Otoritas Nasional Palestina *
  • .pt – Portugal *
  • .pw – Palau
  • .py – Paraguay

Q

  • .qa – Qatar
R


  • .re – Réunion
  • .ro – Rumania *
  • .rs – Serbia
  • .ru – Rusia *
  • .rw – Rwanda

S

  • .sa – Arab Saudi
  • .sb – Kepulauan Solomon *
  • .sc – Seychelles *
  • .sd – Sudan
  • .se – Swedia *
  • .sg – Singapura
  • .sh – Saint Helena *
  • .si – Slovenia
  • .sj – Svalbard dan Jan Mayen (tidak dipakai; tidak terdaftar)
  • .sk – Slowakia
  • .sl – Sierra Leone
  • .sm – San Marino *
  • .sn – Senegal
  • .so – Somalia *
  • .sr – Suriname *
  • .st – Sao Tome dan Principe *
  • .su – Uni Soviet (terdepresiasi; digantikan; kode domain "dipakai untuk pergantian" oleh ISO 3166-1)
  • .sv – El Salvador
  • .sy – Suriah *
  • .sz – Swaziland *

T

  • .tc – Kepulauan Turks dan Caicos
  • .td – Chad
  • .tf – Teritorial Perancis Selatan
  • .tg – Togo *
  • .th – Thailand
  • .tj – Tajikistan *
  • .tk – Tokelau *
  • .tl – Timor Leste (dulunya .tp) *
  • .tm – Turkmenistan *
  • .tn – Tunisia
  • .to – Tonga *
  • .tp – Timor Timur (terdepresiasi – gunakan .tl; kode domain "dipakai untuk pergantian" oleh ISO 3166-1)
  • .tr – Turki
  • .tt – Trinidad dan Tobago *
  • .tv – Tuvalu *
  • .tw – Republik Tiongkok (Taiwan) *
  • .tz – Tanzania

U

  • .ua – Ukraina
  • .ug – Uganda *
  • .uk – Inggris (kode domain yang "dikhususkan" oleh ISO 3166-1) (lihat pula .gb)
  • .us – Amerika Serikat *
  • .uy – Uruguay
  • .uz – Uzbekistan

V

  • .va – Vatikan
  • .vc – Saint Vincent dan Grenadines *
  • .ve – Venezuela
  • .vg – Kepulauan Virgin Britania Raya *
  • .vi – Kepulauan Virgin Amerika Serikat
  • .vn – Vietnam
  • .vu – Vanuatu *

W

  • .wf – Wallis dan Futuna
  • .ws – Samoa (dulunya Samoa Barat) *

Y

  • .ye – Yaman
  • .yt – Mayotte
  • .yu – Yugoslavia (kemudian berganti nama menjadi Serbia dan Montenegro)
  • (kode domain secara resmi digantikan oleh .cs (lihat di atas) namun tetap dipakai; kode domain "dipakai untuk pergantian" oleh ISO 3166-1)

Z

  • .za – Afrika Selatan *
  • .zm – Zambia
  • .zw – Zimbabwe


Pencarian yang paling banyak dicari
  • domain adalah wikipedia
  • domain adalah dan contohnya
  • domain artinya
  • domain adalah matematika
  • pengertian domain
  • domain adalah mtk
  • domain email adalah
  • apa yang dimaksud dengan domain