Pengertian Server, Jenis - Jenis Server, Fungsi dan Manfaat Server Lengkap

Berbicara menganai server, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah jaringan komputer. Ya, server memang merupakan salah satu perangkat yang berkaitan erat dengan sistem jaringan komputer. Dalam setiap jaringan komputer, akan ada setidaknya satu server yang menangani lalu lintas data yang terjadi antar perangkat komputer yang ada dalam jaringan tersebut.

Pengertian Server, Jenis - Jenis Server, Fungsi dan Manfaat Server Lengkap
Pengertian Server, Jenis - Jenis Server, Fungsi dan Manfaat Server Lengkap

Istilah server biasanya banyak digunakan oleh para akademisi atau pun praktisi yang bergerak di bidang jaringan komputer. Bagi kebanyakan orang yang bergerak di bidang ini, istilah server tentunya bukanlah istilah yang asing. Akan tetapi, bagi orang – orang awam, terutama orang – orang yang tidak memahami jaringan komputer sama sekali, istilah server tentunya merupakan istilah yang agak asing dan jarang terdengar.



Lantas apa sih sebenarnya server itu?

Definisi dan Pengertian Server

Istilah server pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “serve” yang atinya melayani. Jika diartikan dari dasar katanya, maka server merupakan setiap perangkat yang bertugas melayani dan menghubungkan komputer – komputer klien yang ada pada jaringan komputer.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian server adalah perangkat komputer sentral yang bertugas menanganai aktivitas data, serta memberikan layanan komputer klient.

Sistem Kerja Server

Seperti yang telah dijelaskan di atas, server merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya yang ada pada sebuah jaringan komputer / internet. Nah, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya, sebuah server perlu menangani database yang ada pada perangkat komputer – komputer lainnya yang ada pada jaringan komputer tersebut. Dalam aktivitas penanganan database ini, server dan klient biasanya dihubungkan dengan menggunakan kabel atau pun dengan jaringan WiFi.

Setiap database yang dikirmkan oleh klien ke server akan segera diproses sehingga apa yang ingin dilakukan oleh komputer klien dapat langsung terlaksana. Pada proses pencetakan dokumen misalnya, dengan menggunakan jaringan komputer, beberapa unit komputer dapat menggunakan satu printer secara bersama – sama melalui komputer server. Ketika komputer klient ingin mencetak dokumen, komputer server akan segera menghubungkan komputer klient dengan printer sehingga dokumen yang ingin dicetak oleh komputer klient dapat segera tercetak.

Sebuah perangkat komputer yang dijadikan server biasanya dirancang sedikit berbeda dari komputer – komputer klient. Dalam hal spesifikasi perangkat dan juga dalam hal sistem operasi misalnya, spesifikasi perangkat komputer yang digunakan sebagai server harus dibuat tinggi (karena harus menangani lalu lintas data yang cukup besar), sedangkan sistem operasinya harus menggunakan sistem operasi khusus server seperti Windows Server atau pun Linux Ubuntu Server / Linuxt Mint Server.

Jenis-Jenis Server

Nah, di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai Pengertian dan Macam-Macam Jenis serta fungsi dari Server di Dunia Komputer yang dapat menambah pengetahuan kita bersama.

1. Web Server
Web server adalah sebuah perangkat lunak yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol https atau http yang dapat diakses dengan menggunakan browser. Cara kerjanya secara sederhana adalah web server akan merespon permintaan yang ada dengan mengirimkan konten tersebut kembali dalam bentuk gambar, tulisan atau bentuk lainnya. Kemudian akan ditampilkan pada browser.

2. Fax Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang kedua adalah Fax Server. Sesuai dengan namanya, server ini digunakan untuk melayani kebutuhan Fax bagi client. Fax server ini akan membuat semua sistem penerimaan dan pengiriman fax akan melaluinya. Selain itu, biasanya sebuah fax server telah dilengkapi dengan modem untuk mendukung fax server ini.

3. FTP Server
FTP server adalah Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ketiga. Server ini memiliki protocol FTP yang dapat dilakukan sebagai protocol untuk transfer data.

4. Mail Server
Sesuai dengan namaya. Mail server ini memiliki fungsi untuk melayani client khususnya dalam hal berkirim surat. Surat surat yang ada pun akan disimpan di dalam server mail tersebut pula. Selain menyediakan layanan untuk berkirim surat, mail server ini juga menyediakan layanan pelengkap lainnya seperti web interface dimana layanan ini dapat memudahkan client untuk mengorganisir atau menulis surat yang dimiliki oleh client.

5. File Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer selanjutnya adalah File Server. File server dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang berfungsi untuk menampun sejumlah data yng dimiliki oleh client yang bersangkutan. Biasanya, kapasitas yang dimiliki oleh server ini juga bergantung pada HDD yang ada pada server tersebut.

6. Game Server
Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.

7. DNS Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer ketujuh adalah Domain Name System atau DNS Server. Server ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan informasi nama host atau domain menjadi sebuah alamat IP.

8. Proxy Server
Proxy server merupakan sebuah server yang dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan untuk content dari sebuah intranet atau internet.

9. Database Server
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer ini melayani client yang membutuhkan sebuah layanan untuk menyimpan database. port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

10. Print Server
Server ini merupakan sebuah pusat layanan untuk kegiatan percetakan atau print untuk client. Print Server Client ini merupakan salah satu Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ada.

11. Server aplikasi
Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sumber dayanya untuk dapat diproses komputer lainnya di jaringan. Yang termasuk dalam kategori jenis server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk program-program tertentu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, penjualan, dan lain sebagainya.

12. Streaming Media Server
Server ini melayani servis streaming data media seperti musik, video. Servis ini memungkinkan kita dapat mengakses sebuah konten tanpa kita mendownloadnya terlebih dahulu.

Fungsi Server:

Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server, berikut penjelasannya

Server Aplikasi
Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client,.2.

Server Data
Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. data ini dapat di akses oleh client dengna bantuan aplikasi yang ada di server.

Server Proxy
Sedangkan Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi dari komputer server :
  1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.
  2. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
  3. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras maupun berupa aplikasi supaya bisa di gunakan pada semua komputer client di dalam suatu jaringan.
  4. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.
  5. Hak akses level dalam jaringan bisa di atur, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang sudah tersimpan di dalam komputer server.
  6. Menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan pada semua komputer.
  7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server.

Manfaat komputer server

Jika dilihat dari segi manfaat, Keberadaan Komputer Server ini sangat dibutuhkan karena mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis.
Contohnya jika sebuah perusahaan memiliki 1 buah printer, maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga hanya dengan 1 komputer saja, maka akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan. Tentu saja menjadi lebih hemat jika di bandingkan harus membeli banyak printer dalam satu jaringan. Bukan hanya Printer saja, tetapi juga Resource lainnya seperti Memori, Hardisk, Scanner juga dapat di gunakan bersama.

Contoh Aplikasi Server

Aplikasi yang digunakan server untuk menjalankan jaringan antara lain:

DNS Server (Bind)
DNS (Domain Name System) bisa disebut juga nama server yang mana digunakan untuk memberikan layanan Pemetaan nama Host ke alamat IP dan bahkan sebaliknya dari alamat IP menjadi nama host.

DHCP (Dynamic Host Configurastion Protocol)
DHCP adalah layanan yang digunakan untuk mengkonfigurasikan host secara dinamis untuk dapat menerima layanan server DHCP komputer client cukup diset alamat IP secara otomatis.

FTP (Pro FTPD)
File Transfer Protocol digunakan untuk proses transfer file dimana ada dua proses yaitu Upload (mengirim) dan Download (mengambil). Port 20 untuk proses pemberian perintah dan posrt 21 untuk proses transfer.

Server HTTP (Apache)
Koneksi internet yang paling banyak digunakan oleh penggunanya adalah koneksi menggunakan protocol HTTP (Hyper Text Tranfer Protocol). HTTP digunakan untuk melihat situs yang ditulis dengan kode HTML (Hyper Text markup Languange). Transfer file download upload yang digunakan adalah port 80

Mail Server (Post Fix)
Program yang berusaha menyebarkan file/informasi untuk menanggapi suatu permintaan melalui penggunaan email. Bentuk alamat email : user@domain.

Proxy Server (Squid)
Server yang diletakan antara suatu aplikasi client (web browser client FTP) dan aplikasi server (server web, server FTP) yang dihubungi digunakan untuk efisiensi bandwith. Firewall, filter situs, dan menyimpan file dari situs yang dikunjungi.

Sistem Operasi Server

Untuk menunjang kinerja dari sebuah Komputer Server maka dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus yang memang didesign untuk server, dibawah ini adalah beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Windows
Perusahaan Microsoft mempunyai beberapa produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server. beberapa contoh produknya adalah Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, WIndows 2008 server dan Windows Server 2013

2. Novel Netware
Sistem operasi server Novel Netware merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa produknya adalah NetWare 286 2.x, NetWare 3.x, NetWare 4.x, NetWare 5.x, NetWare 6.0, NetWare 6.5 dan Open Enterprise Server

3. Mac OS
Mac Os merupakan sebuah produk unggulan dari Apple.Inc. Apple sendiri juga mempunyai produk sistem operasi server, beberpa contoh dari produk dari Apple adalah Mac OS X Server 1.0 (Rhapsody), Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server), Mac OS X Server 10.1 (Puma Server), Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server), Mac OS X Server 10.3 (Panther Server), Mac OS X Server 10.4 (Tiger Server), Mac OS X Server 10.5 (Leopard Server), Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server), Mac OS X 10.7 (Lion Server), OS X 10.8 (Mountain Lion Server), OS X 10.9 (Mavericks Server) dan OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0)

4. Linux
Produk Linux server sangat beragam, karena setiap pengembang menyediakan produk yang dikususkan untuk server, jadi disini hanya disebutkan pengembang dari sistem operasi berbasis Linux saja. beberapa contoh dari Distro Linux yang bisa sobat gunakan untuk server adalah Debian, Arch Linux, Fedora, OpenSUSE, Slackware, dan masih banyak lagi yang lain.


Pencarian yang paling banyak dicari
  • server jaringan
  • server web
  • server komputer
  • server hp
  • contoh server
  • client server
  • harga server
  • server restoran