Pengertian, Istilah, Sejarah dan Fungsi HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya

Meskipun orang-orang yang menggunakan internet tidak terhitung, banyak dari mereka yang masih belum mengerti tentang pengertian http. Padahal untuk mengunjungi sebuah situs, istilah http sangat sering digunakan. Http berasal dari singkatan kata-kata Hypertext Transfer Protocol. Istilah http ini diterapkan pada salah satu protokol di Internet.  Sederhananya, http adalah suatu fasilitas berbasis www yang memungkinkan Anda untuk mengakses informasi apapun dari suatu situs yang menggunakan bahasa HTML. Sekedar pengetahuan, informasi yang diperoleh dari http ini berasal dari fasilitas berupa gambar, text, film, suara dan lain sebagainya.

Pengertian, Istilah, Sejara dan Fungsi HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya
Pengertian, Istilah, Sejara dan Fungsi HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa http berkomunikasi dengan menggunakan TCP / IP. Klien http akan terhubung pada server http melalui TCP. Http berfungsi untuk mengirimkan permintaan ke web server dari klien web atau browser, lalu dikembalikan ke halaman web melalui server ke klien. Walaupun http adalah salah satu protokol TCP/IP yang paling populer di internet, pada dasarnya http tidak terbatas hanya untuk pemakaian dengan TCP/IP.

Beberapa Pengertian HTTP
Sebenarnya, ada banyak sekali pengertian http yang bisa Anda ketahui. Beberapa ahli di bidang ini mengatakan bahwa http atau HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol yang memiliki kegunaan untuk menjawab dan meminta antara pihak klien dan server. Klien http misalnya web browser akan memulai permintaan sederhana dengan membuat hubungan antara TCP/IP pada port  tertentu. Sementara server http yang menerima permintaan tersebut akan mendengarkan di port dan menunggu klien mengirimkan request kode. Dimana kode tersebut akan meminta halaman yang sebelumnya sudah ditentukan. Halaman tersebut akan dibarengi dengan pesan MIME yang mengandung beberapa informasi dan menjelaskan aspek penting dari permintaan tersebut.

Pengertian Domain menurut wikipedia :
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Pengertian Hosting :
Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall.

Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Pengertian WWW :
Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

Pengertian FTP :
(singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

Pengertian Hypertext Transfer Protocol (HTTP) :
adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks

Pengertian HTML :
HTML atau HyperText Markup Language adalah program mark-up yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajahan web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Pengertian URL :
(Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet

Sejarah HTTP

Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi 0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen. Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen. Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

Metode permintaan

HTTP menetapkan sembilan metode (kadang disebut "verbs") yang menunjukkan tindakan yang ingin dilakukan terhadap sumber teridentifikasi. Hal yang diwakili sumber ini, berupa data yang sudah ada atau data yang diciptakan secara dinamis, bergantung pada implementasi peladen. Biasanya sumber ini berkaitan dengan berkas atau keluaran dari berkas pelaksana yang menetap di peladen.

HEAD
Meminta tanggapan yang identik dengan tanggapan yang sesuai dengan permintaan GET, namun tanpa badan tanggapan. Ini berguna untuk mengakses informasi meta yang tertulis dalam kepala tanggapan tanpa perlu mengangkut seluruh konten.

GET
Meminta representasi sumber tertentu. Permintaan menggunakan GET (dan beberapa metode HTTP lain) "tidak boleh memiliki kepentingan melakukan tindakan selain pengaksesan". W3C telah menerbitkan prinsip panduan mengenai perbedaan ini dengan menyatakan, "desain aplikasi web harus mematuhi prinsip di atas, serta batasan sejenis."[3]

POST
Mengirimkan data untuk diproses (misalnya dari bentuk HTML) ke sumber teridentifikasi. Data dimasukkan dalam badan permintaan. Ini dapat menghasilkan pembentukan sumber baru atau pemutakhiran sumber yang sudah ada atau keduanya.

PUT
Mengunggah representasi sumber tertentu.

DELETE
Menghapus sumber tertentu.

TRACE
Menggaungkan kembali permintaan yang diterima, sehingga klien dapat melihat perubahan atau tambahan yang dilakukan oleh peladen perantara.

OPTIONS
Mengembalikan metode HTTP yang didukung peladen untuk URL tertentu. Ini dapat digunakan untuk memeriksa fungsionalitas peladen web dengan meminta '*' daripada fungsionalitas sumber tertentu.

CONNECT
Menukarkan koneksi permintaan dengan terowongan TCP/IP transparan, biasanya untuk memfasilitasi komunikasi terenkripsi SSL (HTTPS) melalui proksi HTTP tak terenkripsi.[4]

PATCH
Menerapkan modifikasi parsial terhadap sumber.[5]
Peladen HTTP diminta untuk mengimplementasikan sedikitnya metode GET dan HEAD[6] dan jika mungkin, metode OPTIONS.[butuh rujukan]

Sesi HTTP
Sebuah sesi HTTP adalah urutan transaksi permintaan dan respons jaringan dengan menggunakan protokol HTTP. Sebuah klien HTTP akan memulai sebuah permintaan. Klien tersebut akan membuka sebuah koneksi Transmission Control Protocol|Transmission Control Protocol (TCP) ke sebuah port tertentu yang terdapat dalam sebuah host (umumnya port 80 atau 8080). Server yang mendengarkan pada port 80 tersebut akan menunggu pesan permintaan klien. Saat menerima permintaan, server akan mengirimkan kembali baris status, seperti "HTTP/1.1 200 OK", dan pesan yang hendak diminta, pesan kesalahan atau informasi lainnya.

Berikut ini adalah contoh transaksi yang dilakukan oleh server dan klien S = Server C = Client

  • C : (Inisialisasi koneksi)
  • C : GET /index.htm HTTP/1.1
  • C : Host: www.wikipedia.org
  • S : 300 OK
  • S : Mime-type: text/html
  • S :
  • S : -- data dokumen --
  • S : (close connection)

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan utama yang terdapat pada HTTP dan HTTPS adalah terhadap penggunaan port. Pada HTTP, port yang digunakan adalah port 80. Sedangkan untuk HTTPS, port yang digunakan adalah 443. Dengan menggunakan HTTPS, informasi akan lebih aman karena dilakukan enkripsi pada pengiriman informasi. Informasi yang dikirim pun hanya akan dapat diakses oleh client dan server akhir.

Fungsi & Kegunaan HTTP

Pengertian HTTP dibangun dari singkatan Hypertext Transfer Protocol. HTTP dapat diimplementasikan ke salah satu protokol Internet. Namun menggunakan suite protocol TCP / IP yang paling populer. Sebuah klien HTTP membentuk koneksi TCP dengan host. Port 80 adalah port default yang digunakan untuk membentuk hubungan antara klien dan server yang menggunakan HTTP untuk Menerima permintaan kemudian server menjawab dengan baris status dan pesan

Pengertian HTTP Menurut Kamus Besar
Pengertian HTTP (menurut Wikipedie.org) HTTP adalah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web.

Definition of Hypertext Transfer Protocol (HTTP) is a networking protocol for distributed, collaborative, hypermedia information systems.HTTP is the foundation of data communication for the World Wide Web.

Pengertian HTTP (menurut Webopedia.com) HTTP adalah Singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang mendasari oleh World Wide Web. Dalam pengertian HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan apa tindakan dari Web server dan browser sebagai respon pada berbagai perintah.

Short for HyperText Transfer Protocol, the underlying protocol used by the World Wide Web. HTTP defines how messages are formatted and transmitted, and what actions Web servers and browsers should take in response to various commands.

Kesimpulan Pengertian HTTP

Pengertian HTTP adalah komunikasi protokol yang memfasilitasi transfer informasi ke Internet. HTTP adalah protokol request-response (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server. Klien adalah web pengguna atau web browser, sedangkan server adalah pemberi tanggapan dengan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, selanjutnya membentuk World Wide Web.

Fungsi dan Cara kerja HTTP

HTTP, Muncul di awal setiap alamat halaman web, HTTP menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat-aplikasi pesan antara perangkat di web. Semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS adalah variasi bagian dari HTTP, dimana browser menambahkan lapisan enkripsi

World Wide Web Consortium dan Internet Engineering Task Force, bekerja untuk pengembangan HTTP. Protokol ini digunakan untuk pengambilan interlink dokumen teks dilayanni oleh web dan untuk mengakses sumber daya melalui web dengan menggunakan uniform resource Locator (URL).

Cara Kerja Protokol menetapkan bagaimana komputer berkomunikasi satu sama lainnya. Protokol adalah seperangkat aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh komputer untuk menerima dan mengirimkan pesan. Protokol yang paling umum digunakan saat ini adalah HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dll

Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah. Pengertian HTTP dan fungsi, cara kerjanya Kegunaannya di link: Hypertext Transfer Protocol | Pengertian & Cara Kerja HTTP

Pengertian HTTPS Menurut Kamus Besar
HTTPS mencakup hal auntentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data. Autentikasi server memungkinkan pengguna memiliki kepercayaan sedang berkomunikasi dengan server yang dituju. Data yang tersandi membuat data yang dikirimkan atau diterima akan menjadi sangat rahasia. Integritas data ini terkait penyerang jaringan yang tidak dapat merusak atau mengubah komunikasi data antara client dan server karena divalidasi oleh MAC (Message Authentication Code).

HTTPS bukanlah protokol yang terpisah, tetapi HTTPS mengacu pada kombinasi dari interaksi HTTP normal melalui Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS). Hal ini menjamin keamanan dari para penyadap informasi.

SSL adalah sebuah teknologi enkripsi untuk mengamankan HTTP sehingga terjaga pengiriman data antara server dengan client. Penggunaan SSL biasanya dapat dilihat padaaddress bar browser yang digunakan. Web yang sudah terpasang SSL akan menjadihttps://namadomain.com. Kemanan seperti ini biasanya digunakan oleh web yang melakukan transaksi keuangan seperti PayPal, Intenet Banking, dan lainnya.

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-serveradalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit danlogin credential, dengan aman.

Dalam hal ini, ada dua jenis umum lapisan enkripsi diantaranya Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL). TLS adalah protokol pada jaringan komputer yang dapat menjaga kerahasiaan data yang dikirim oleh client ke server ataupun sebaliknya. Dengan itu, pihak ketiga tidak dapat menyadap data yang dikirim ke server atau ke client.

Menggunakan HTTPS akan membuat kemanan pengiriman data jauh lebih baik. Sebagai ilustrasi, ketika kita mengakses halaman web yang menggunakan HTTPS, halaman yang dikirim kepada kita telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protokol HTTPS sehingga identitas seperti nama, alamat, bahkan nomor pin akan dienkripsi sehingga tidak ada yang bisa mencuri data-data ketika proses transaksi berlangsung. Dengan hal ini, transaksi akan lebih aman.


Pencarian yang paling banyak dicari
  • fungsi https
  • contoh http
  • cara kerja http
  • fungsi ftp
  • pengertian http
  • fungsi www
  • pengertian https
  • fungsi html