Pengertian Intervensi, Macam-Macam Bentuk Intervensi dan Tindakan Intervensi

Berbicara mengenai intervensi, hal pertama yang langsung muncul di benak penulis adalah Negara Amerika Serikat. Ya, Negara Amerika Serikat memang sangat terkenal dengan kebiasaannya mengintervensi negara – negara lainnya yang lebih lemah.

Pengertian Intervensi, Macam-Macam Bentuk Intervensi dan Tindakan Intervensi
Pengertian Intervensi, Macam-Macam Bentuk Intervensi dan Tindakan Intervensi 
Istilah intervensi merujuk kepada aktivitas pengendalian atau pun mempengaruhi negara lainnya dengan tujuan menciptakan “keadilan” atau pun mendapatkan keuntungan dari negara lain yang diintervensi.

Intervensi sendiri biasanya dilakukan oleh negara – negara besar yang memiliki kekuasaan atau pun lembaga – lembaga dunia yang berpengaruh terhadap negara – negara yang mengalami konflik atau pun negara – negara yang lemah.

Definisi dan Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Parry & Grant
Menurut Parry & Grant, intervensi merupakan turut campurnya sebuah negara secara diktator terhadap negara lain yang tujuannya adalah untuk menjaga atau pun mengubah kondisi aktual tertentu.

Lauterpach
Menurut Lauterpach, pengertian intervensi adalah campur tangan sebuah negara secara diktator terhadap urusan dalam negeri negara lain dengan tujuan utama untuk memelihara atau pun untuk mengubah kondisi, situasi, atau pun barang yang ada di negara tersebut.

Black’s Law Dictionary
Menurut Black’s Law Dictionary, intervensi merupakan ikut campur tangannya suatu negara dalam urusan negara lain dengan memanfaatkan kekuatan atau pun ancaman yang dimilikinya.

Dr. Wirjono Prodojodikoro
Pengertian Intervensi Menurut Dr. Wirjono Prodojodikoro Menurut Dr. Wirjono Prdojodikoro, SH bahwa makna intervensi di kacamatanya mendefinisikan intervensi yaitu:

"Dalam intervensi hukum internasional tidak berarti luas sebagai bentuk intervensi negara asing dalam urusan satu negara, namun agak sempit, yaitu intervensi negara asing yang ditekan secara paksa atau dengan ancaman kekerasan, jika keinginan tersebut tidak terpenuhi. , "

Oppenheiman Lauterpacht
Menurut Oppenheim Lauterpacht mengatakan bahwa makna intervensi adalah intervensi diktator oleh negara terhadap urusan dalam negeri lainnya dengan niat baik untuk memelihara atau mengubah situasi, situasi atau barang di negara tersebut.

Menurut J.G. Starke
Memahami Intervensi Menurut J.G. Starke mengatakan bahwa intervensi ini dilakukan dengan cara intervensi subversif. Menurut J.G. Starke bahwa definisi dari intervensi adalah
"Mengacu pada propaganda atau kegiatan lain yang dilakukan oleh sebuah Negara dengan maksud untuk mempromosikan sebuah revolusi atau perang sipil di negara lain,"

Kamus Hukum Black
Pengertian Intervensi Menurut Kamus Hukum Black Menurut Kamus Hukum Black bahwa makna Intervensi adalah "campur tangan satu bangsa secara paksa, atau ancaman kekuatan, dalam urusan internal negara lain atau yang dipertanyakan yang timbul antara bangsa lain,"
Iklan

James Rosenau
Pengertian Intervensi Menurut James Rosenau Menurut James Rosenau bahwa definisi intervensi dapat dibedakan dari instrumen politik asing lainnya melalui dua faktor:
  1. Intervensi itu membedakan dirinya dengan tajam dalam kaitannya dengan hubungan antar-negara konvensional.
  2. Intervensi sadar itu dilakukan untuk menghasilkan perubahan politik mendasar di negara sasaran intervensi.

Beberapa Jenis Intervensi
Intervensi Berdasarkan Jangkauannya
Menurut jangkauannya, intervensi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  1. Intervensi Internal – intervensi internal merupakan campur tangan negara lain untuk membela kelompok tertentu dalam rangka aktivitas pemberontakan atas pemerintahan yang sedang memimpin.
  2. Intervensi Eksternal – intervensi eksternal merupakan campur tangan negara lain atas perang yang sudah terjadi pada dua negara dengan maksud mendamaikan atau pun membela salah satu negara yang terlibat perang.
  3. Intervensi Reprisal – pengertian intervensi reprisal adalah intervensi yang dilakukan dengan tujuan membalas kerugian yang diderita oleh negara lain dengan cara mengadakan perang kecil atau pun blockade.

Intervensi Berdasarkan Dampaknya
Menurut dampaknya, intervensi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Intervensi Positif – intervensi positif merupakan intervensi yang dilakukan oleh negara lain atau pun lembaga dunia yang bertujuan untuk menegakkan keadilan atau pun hak asasi manusia. Salah satu lembaga yang sering melakukan intervensi positif yaitu PBB.
  2. Intervensi Negatif – intervensi negatif merupakan intervensi yang dilakukan oleh negara lain dengan memanfaatkan produk – produk internasional yang biasanya dilakukan oleh negara – negara maju dan negara berkembang terhadap negara – negara berkembang lainnya, negara miskin atau pun negara tertinggal. Contoh intervensi negatif yaitu intervensi negara China ke negara – negara yang ada di daerah Asia Tenggara.

Macam-Macam Bentuk Intervensi

Menurut Kalevi. J. Holsti bahwa membedakan dan membahas enama bentuk intervensi yaitu:
Intervensi Diplomatik. Macam-macam intervensi salah satunya Intervensi diplomatik. Pengertian intervensi diplomatik bahwa biasanya terjadi apabila seorang diplomat memberikan komentar terhadap atau memihak dalam suatu krisis atau persoalan politik yang sedang melanda negara tempatnya bertugas.
  1. Intervensi Klasik. Macam-macam intervensi salah satunya intervensi diplomatik. Pengertian intervensi klasik adalah berupa kegiatan gelap atau misi rahasia. Bentuk yang sesuai yang paling tua adalah melalui penyuapan atau penyogokan pejabat negara yang dijadikan sasarannya.
  2. Pameran kekuatan militer yang relatif murah dan mengandung resiko rendah, tetapi sering justru lebih efektif dari pada pengiriman ekspedisi militer yang sesungguhnya.
  3. Subversi atau yang kita kenal dengan gerakan bawa tanah. Subversi adalah gerakan politik dan militer yang diorganisasikan, ditunjang dan diarahkan oleh suatu negara asing yang bertujuan sendiri dengan amat memanfaatkan situasi dan juga elemen-elemen setempat di negara sasaran.
  4. Gerilya. Salah satu macam-macam bentuk berupa gerilya, merupakan perpaduan antara subversi dengan sistem perang konvensional. Gerilya tidak selalu merupakan hasil intervensi kekuatan asing tetapi cukup banyak kegiatan gerilya yang merupakan manifestasi dari intervensi.
  5. Intervensi Militer. Adapun dari macam-macam bentuk dari intervensi adalah intervensi militer. Pengertian intervensi militer adalah diwujudkan dalam bentu pengiriman ekspedisi militer untuk menunjang suatu pemerintahan yang sedang berkuasa ataupun membantu suatu kelompok pemberontak. 
Selain itu, Menurut J.G Starke bahwa membedakan tiga macam-macam bentuk intervensi yang tidak mengandung karakter diplomatik, diantaranya
  1. Intervensi Intern (Internal Intervantion). Macam-macam intervensi salah satunya berupa intervensi intern yang dijelaskan contoh Negara A yang mencampuri persengketaan antara pihak-pihak bertika di Negara B, dengan cara mendukung salah satu pihak baik dari pihak pemeirntah yang sah dan juga dari pihak pemberontak.
  2. Intervensi Ekstern (Eksternal Intervention). Macam-macam bentuk dari intervensi selain dari intervensi intern juga intervensi ekstern. Penjelasan intervensi ekstern adalah memiliki contoh negara A yang ikut campur tangan dalam hubungan pada umumnya hubungan permusuhan misalnya saat Italia melibatkan diri dalam perang dunia kedua yang berpihak Jerman dan melawan Inggris.
  3. Intervensi Penghukuman (Punitive Intervention). Bentuk dari intervensi penghukuman adalah suatu tindakan pembalasan (repraisal) yang bukan perang, atas kerugian yang diderita oleh negara lain. Misalnya: suatu blokade damai yang dilakukan terhadap negara yang dapat menimbulkan suatu kerugian sebagai pembalasan atas suatu tindakannya merupakan pelanggaran berat traktat. 

Tindakan Intervensi 

Dalam kasus-kasus tertentu, suatu negara memiliki kemampuan untuk melakukan suatu tindakan intervensi secara sah dan dapat dibenarkan menurut hukum internasional. Adapun tindakan intervensi demikian adalah..
  1. Intervensi Kolektif sesuai dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  2. Intervensi untuk melindungi hak-hak dan kepentingan-kepentingan serta keselamatan jiwa warga-warga Negara di luar yang menjadi dasar bagi pemerintah Amerika Seriakt yang membenarkan adanya suatu tindakan dalam bentuk pengiriman tentara multinasional di pulau Grenada di Bulan Oktober 1983.
  3. Pertahanan diri, ketika intervensi diperlakukan untuk menghilangkan bahaya serangan bersenjata yang nyata.
  4. Dalam urusan-urusan protektorat yang berada di bawah kekuasaannya.
  5. Apabila Negara yang menjadi subjek intervensi dipersalahkan melakukan pelanggaran berat atas hukum internasional yang menyangkut negara yang melakukan suatu intervensi, sebagai contoh, apabila negara pelaku intervensi sendiri telah diintervensi secara melawan hukum.

Pencarian yang paling banyak dicari
  • intervensi kesehatan adalah
  • contoh intervensi
  • intervensi adalah kbbi
  • pengertian intervensi pemerintah
  • intervensi dalam ekonomi adalah
  • intervensi pemerintah adalah
  • intervensi dalam kesehatan adalah
  • macam- macam intervensi