Pengertian URL, Sejarah, Fungsi URL dan Cara Kerja URL Lengkap

Berbicara mengenai URL, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah jaringan internet. Ya, URL merupakan alamat yang dipakai untuk menggambarkan direktori atau pun tempat penyimpanan dokumen di suatu halaman web yang ada pada jaringan internet.

Pengertian URL, Sejarah, Fungsi URL dan Cara Kerja URL Lengkap
Pengertian URL, Sejarah, Fungsi URL dan Cara Kerja URL Lengkap
Orang – orang yang pernah berselancar di internet pasti sudah pernah menggunakan URL. Akan tetapi dari sekian banyak orang yang pernah menggunakan URL, hanya sebagian saja yang tahu apa itu URL dan apa kegunaan URL di jaringan internet.

Lantas apa sih sebenarnya URL itu? Apa sih kegunaan URL di jaringan internet?

Definisi dan Pengertian URL

Berikut merupakan beberapa penjelasan singkat mengenai arti kata URL :

Prayogi
Menurut Prayogi, URL merupakan suatu rangkaian karakter yang dibuat dengan mengikuti standar aturan tertentu yang dipakai untuk menunjukkan alamat direktori suatu dokumen yang ada di halaman web pada jaringan internet.

Sora N.
Menurut Sora N., pengertian URL adalah singkatan dari “Uniform Resource Locator” yang merupakan rangkaian karakter yang disusun menurut standar format tertentu, yang dipakai untuk menggambarkan alamat suatu sumber dokumen seperti file teks dan gambar yang terdapat di jaringan internet.

Anonimous
Menurut Anonimous, URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Lacator yang berupa serangkaian karakter (dapat berupa angka, huruf, atau pun simbol) yang disusun dengan mengikuti standar yang sudah ditentukan sebelumnya, yang gunanya adalah untuk menunjukkan alamat sumber dokumen yang ada di internet.

Wikipedia
Lokator Sumber Seragam (LSS), yang juga dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar para penulis dokumen dapat merujuk pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Sejarah URL (Unifrom Resource Locator)

Sejarah dari url atau Unifrom Resource Locator pertama kali ditemukan pada tahun 1991. Url ini ditemukan oleh Tim Barnes – Lee, Tujuan dari dibuatnya url ini adalah untuk dapat memudahkan para penulis dokumen atau artikel. Url ini kemudian digunakan untuk merefrensikan tulisannya ke www (World Wide Web). Demikianlah sejarah singkat dibuatnya url.

Fungsi URL

Secara umum, URL memiliki beberapa fungsi dasar sebagai berikut :
  1. Media untuk mengidentifikasikan dokumen yang ada di halaman web;
  2. Sebagai nama dokumen yang ada di halaman web;
  3. Sebagai alamat halaman web yang berisi dokumen;
  4. Membantu pengguna halaman web untuk membuka dokumen yang ada di dalamnya;
  5. Memudahkan pengguna dokumen untuk mengingat alamat dokumen yang ada di dalamnya.

Beberapa Tipe URL

Secara umum, URL dapat dibagi mejadi dua jenis, yaitu :

URL Absolute
URL absolute merupakan url yang penentuan alamatnya disertai dengan nama domain dan lokasi direktori dokumen yang sedang dibuka. Format penyusunan URL absolute yaitu domain – direktori – dokumen, yang artinya direktori terdapat dalam sebuah domain, dan dokumen terdapat dalam sebuah direktori yang ada pada domain utama. Contoh URL Absolute yaitu : .

URL Relatif
URL relatif merupakan url yang penentuan alamatnya sesuai dengan alamat url yang sedang aktif pada saat itu. Berbeda dengan URL absolute yang memiliki format penyususnan yang baku, URL relatif tidak memiliki format penyusunan yang baku dan secara otomatis hanya menunjukkan nama dokumen yang sedang kita buka di satu halaman web pada jaringan internet. Contoh URL relatif yaitu : .

Uniform Resource Locator

URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan.[2] Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu[2], yaitu :
  1. Protokol,
  2. Alamat Server,
  3. Path File.
Bagian pertaman URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https://.[2] Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol.[2] Bagian kedua URL menunjukkan alamat server di mana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.microsoft.com untuk website Microsoft Corporation.[2] Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokument atau program dalam server tersebut, misalnya: kb/deskapp/word/q1974.html.[2] di mana kb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q1974.html adalah nama berkas.[2]

Serangan Lewat URL

URL merupakan sebuah mekanisme untuk mengenali sumber-sumber pada web, SSL, atau server FTP, termasuk protokol layer aplikasi yang membuat permintaan (request) ke server web seperti contoh URL http://www.coba.com/images/hardware/pda.html.[4] URL tersebut dapat dijelaskan per bagian. Berkas pda.html sedang diminta oleh protokol HTTP dari sebuah server bernama www.coba.com. Lokasi pda.html dalam ruang situs tersebut adalah pada direktori /images/hardware.[4] Contoh lain seperti https://www.coba.com/order/buy.asp?itemA003&pmt=visa. Kemungkinan besar URL tersebut dapat dimanfaatkan oleh peretas (hacker). Dugaan pertama bisa ditarik dari nama sumbernya, buy.asp. Ekstensi .asp menandakan bahwa berkas ini adalah ASP. Berkas-berkas ASP berjalan secara khusus pada web server Microsoft, yaitu IIS. Dengan demikian kemungkinan besar www.coba.com berjalan pada Windows NT/2000/XP.[4]

Dari parameter-parameternya, dapat ditemukan lagi beberapa petunjuk. Parameter pertama, item=A003, menandakan bahwa item yang sedang dibeli itu mendapatkan kode item dan rincian item pasti disimpan pada basis data / database.[4]

Action Get URL

Action Get URL digunakan untuk memanggil dokumen lain (HTML, ASP, CGI, dan sebagainya) dari lokasi URL tertentu ke dalam jendela (window) yang ditentukan oleh action get URL tersebut.[5]

Action Get URL memiliki 3 parameter, yakni:[5]

URL, menyatakan alamat URl di mana dokumen yang hendak dipanggil berada.
Window, menyatakan nama window atau frame di mana dokumen yang dipanggil hendak diletakkan.
  • _self -> menunjuk frame yang sedang digunakan dalam window yang aktif.
  • _blank menunjuk sebuah window baru.
  • _parent -> menunjuk parent frame dari frame yang sedang digunakan.
  • _top -> menunjuk frame utama dari window yang aktif.
Variables, apakah secara GET, POST, atau tidak dikirimkan sama sekali.

Bagian – bagian URL

Sempat dibahas sebelumnya bahwa suatu URL terdiri atas bagian – bagian tertentu yakni protokol, domain dari suatu web dan path absolut sesuai direktori yang ada. Protokol dalam URL ini bertindak sebagai bagian yang paling penting karena memberikan informasi kepada server apakah menggunakan mode HTTP (Hypertext Transfer Protocol) saja atau juga menggunakan WWW (World Wide Web). Bahkan saat ini banyak ditemui URL yang tidak mencantumkan atau menyembunyikan host WWW seperti pada Blog, hal ini dikarenakan pengaturan dari admin hostnya sendiri.

Bagian berikutnya dari URL adalah domain atau nama web itu sendiri dan biasanya jadi satu paket dengan web server. Para pembuat atau developer web biasanya menggunakan jasa domain serta web server gratis seperti Blogger atau versi berbayar seperti Idhostinger. Terdapat juga istilah sub domain yang dibuat mengikuti domain utamanya.

Yang kedua adalah path pada URL. Pada umumnya URL memang menggunakan path absolute atau lengkap pada kolom web browser anda. Setting path pada URL ini mengikuti direktori yang ditetapkan oleh pihak developer. Semakin banyak file atau halaman web maka path yang ada pada URL juga akan semakin banyak sesuai urutan atau kategori yang ditetapkan. Biasanya penggolongan path diberi tanda garis miring (/) sebagai penanda direktori.

Cara Kerja URL

Sistem Penamaan URL
URL berisi nama protokol yang akan digunakan untuk mengakses sumber daya file, URL terdiri sebuah nama domain yang mengidentifikasi komputer tertentu di Internet, dan pathname, sebuah deskripsi secara hirarkis yang menentukan lokasi dari sebuah file di komputer itu.

contoh dari URL Pada Web yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah:

http://www.bospedia.com/2018/05/intervensi.html

Bag 1. adalah  http:

http menunjukkan protokol yang digunakan untuk pengaksesan dokumen yang diinginkan. Protokol ini fungsinya adalah mengatur komunikasi antara komputer client (yang dipakai saat ini) dengan server komputer (web server). Pada contoh ini digunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Bag 2.  adalah //www.bospedia.com

Pada bagian ini menunjukkan lokasi mesin  penyedia dokumen yang diperlukan.

Bag. 3 adalah /intervensi.html

Bagian ini menunjukkan nama jalur secara hirarkis (Logical pathname) di www.bospedia.com  yaitu letak dokumen itu berada. Logical pathname /intervensi.html” adalah nama file/dokumen yang akan kita akses.

URL Dinamis Vs URL Statis

URL adalah hasil  dari pencarian sebuah situs web database-driven atau URL dari sebuah situs Web yang menjalankan script.  URL adalah hasil dari pencarian dari database dari suatu website atau URL website yang menjalankan script. Berbeda dengan URL statis, di mana isi dari halaman Web tidak berubah kecuali perubahan kode ke dalam HTML, URL  dinamis dihasilkan dari queriy spesifik ke situs. database  Halaman ini hanyalah sebuah template untuk menampilkan hasil dari query. Sebagian besar isi berasal dari database yang berhubungan dengan situs. Bukannya mengubah informasi dalam kode HTML tapi data diubah dalam database.

Kesimpulannya adalah, Rangkaian karakter menurut  format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber file misalnya : dokumen dan gambar, program di Internet disebut dengan URL. Menurut anda URL adalah?



Pencarian yang paling banyak dicari
  • pengertian url dan contohnya
  • bagian url
  • contoh alamat url dan penjelasannya
  • istilah url adalah singkatan dari
  • url singkatan dari
  • macam-macam url
  • cara membuat url
  • url google