Pengertian Komunitas, Manfaat, Bentuk Komunitas dan Contoh Komunitas Sosial

Berbicara mengenai komunitas, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah kelompok atau pun perkumpulan tertentu. Ya, komunitas memang merupakan salah satu bentuk kelompok yang sengaja dibentuk dengan tujuan tertentu.

Pengertian Komunitas, Manfaat, Bentuk Komunitas dan Contoh Komunitas Sosial
Pengertian Komunitas, Manfaat, Bentuk Komunitas dan Contoh Komunitas Sosial
Pada dasarnya, hampir semua orang di dunia ini tergabung ke dalam komunitas tertentu. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang tergabung ke dalam komunitas, ternyata masih banyak orang yang tidak memahami arti kata komunitas yang sebenarnya. Kebanyakan orang-orang ini biasanya merupakan orang yang tidak aktif di dalam komunitas yang mereka ikuti.

Lantas apa sih sebenarnya komunitas itu?


Definisi dan Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Soenarno
Menurut Sonarno, komunitas merupakan sebuah identifikasi & interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

Hendro Puspito
Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari sekelompok individu yang menjalankan perannya masing-masing secara berkaitan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt
Menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt, komunitas merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi satu sama lainnya.

Menurut Crow and Allan, Komunitas dapat dibagi menjadi tiga komponen :

Berdasarkan lokasi atau tempat
Daerah atau tempat komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekelompok orang memiliki sesuatu yang sama secara geografis. Dan mengenal satu sama lain sehingga menciptakan interaksi dan berkontribusi terhadap lingkungan.

Berdasarkan Minat
Sekelompok orang yang membentuk komunitas karena mereka memiliki kepentingan yang sama dan kepentingan, seperti agama, pekerjaan, suku, ras, hobi atau berdasarkan gangguan seksual.

Kepentingan berbasis masyarakat memiliki jumlah terbesar karena mencakup berbagai aspek, untuk pecinta animasi misalnya masyarakat dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi, seperti menggambar, mengumpulkan action figure atau film.

Berdasarkan Komuni

Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung masyarakat itu sendiri.

Secara umum, definisi komunitas adalah pertemuan dari beberapa orang untuk membentu sebuah organisasi yang memiliki kepentingan bersama.

Komunitas dapat berupa wilayah atau fungsional. Selain komunitas istilah dapat merujuk pada arti penduduk di kota, desa atau bahkan negara. Seperti kita ketahui penduduk perkotaan juga memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dapat tinggal dan hidup di kota.

Berbicara secara umum tentang masyarakat kita hidup beripikiran bahwa masyarakat adalah sekelompok orang yang berkumpul karena mereka memiliki visi dan misi yang sama. Beberapa ahli juga berbicara rasa mengernai masyarakat. Pertimbangkan penuturan para ahli berikut:

Menurut George Hillery Jr.
Komunitas adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah dan memiliki hubungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Menurut Christensson dan Robinson
Menurut kami, Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di darah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.

Menurut Fairi
Komunitas adalah hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil dan terlibat di tempat yang ditunjuk.

Menurut Zakapedia
Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang berinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas memiliki tingkat integrasi yang lebih kompleks daripada individu dan populasi. Dalam masyarakat, semua organisme merupakan bagian dari masyarakat dan antarkomponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksi mereka.

Tempat hewan atau tumbuhan yang disebut habitat. Aktivitas organisme dalam pemanfaatan sumber daya alam dan bagaimana sumber daya dan bagaimana organisme alami mempengaruhi organisme lain, berkaitan dengan niche atau ceruk. Ekologi Charles Elton menjelaskan relung ekologis dari suatu organisme sebagai jabatan fungsional di masyarakat.

Menurut Vanina Delobelle
Komunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan bersama, komunitas yang dibentuk oleh empat faktor:

Keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama
Basecamp atau wilayah di mana mereka biasanya berkumpul
Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir

Manfaat Komunitas

Seperti halnya berbagai macam bentuk kelompok lainnya, pembentukan komunitas juga memiliki beberapa manfaat kepada para anggotanya, seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Media Penyebaran Informasi – manfaat yang pertama adalah sebagai media penyebaran informasi. Di komunitas, setiap anggota yang tergabung dapat saling bertukar informasi (baik membagikan atau pun menerima) yang terkait dengan tema komunitas yang terbentuk.
  2. Terbentuk Jalinan/Hubungan – selain sebagai media penyebaran informasi, komunitas juga bermanfaat sebagai media untuk menjalin relasi/hubungan antar sesama anggota komunitas yang memiliki hobi atau pun berasal dari bidang yang sama.
  3. Saling Bantu/Dukung – karena berasal dari bidang yang sama, komunitas dapat dijadikan sebagai media untuk kegiatan saling bantu antar sesama anggota komunitas atau pun ke luar anggota komunitas.

Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas

Dalam pembentukan komunitas, pemrakarsa komunitas sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  1. Anggota – anggora yang diajak untuk bergabung ke dalam sebuah komunitas hendaknya berasal dari bidang/minat yang sama.
  2. Media Komunitas – untuk mendukung keberlangsungan komunitas, pemrakarsa komunitas sebaiknya mempertimbangkan media-media yang akan digunakan untuk melancarkan seluruh program kerja yang telah dibentuk di dalam komunitas.
  3. Program Kerja dan Sumber Daya – agar komunitas tidak vakum, pemrakarsa komunitas harus mampu membentuk program kerja dan menemukan sumber daya untuk menjalankan program kerja tersebut.

Bentuk-Bentuk Komunitas

Bentuk komunitas, yang ada dalam masyarakat antara lain adalah sebagai berikut;

Komunitas Berdasarkan Hobi
Jenis komunitas yang pertama biasanya di dasari pada hobi atau minat dalam masyarakat. Sifat manusia yang memiliki kecederungan untuk melakukan apa yang diskuainya memberikan dorongan untuk membetuk kesatuan, atas dasar inilah komunitas berdasarkan hobi menjadi bagian daripada masyarakat.

Komunitas Berdasarkan Wilayah/Geografi
Jenis komunitas yang kedua, didasarkan pada wilayah atau geografis yang sama. Tujuannya komunitas ini cederung menjalin keterikatan masyarakat yang utuh, mulai dari kesamaan sejarah, kesamaan nasib pada masa lalu, ataupun berdasarkan pada persamaan budaya yang ada di wilayahnya.

Komunitas Berdasarkan Pada Komuni
Bentuk lainnya, dari komunitas ini didasarkan pada komuni. Komuni adalah pembentuk utama atas dasar kepentingan dan keinginan. Artinya dalam hal ini tujuan komunitas di dirikan atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

Komunitas Subkultur
Bentuk trakhir dari komunitas ini adalah komunitas sub kultur, artinya komunitas yang didasarkan pada kepribadian berbeda akan tetapi untuk menyatukannya memiliki kebudayaan khusus  atau adat khusus yang hanya berlaku pada komunitas tersebut. Komunitas seperti ini lebih banyak terdapat dalam kelompok anak muda di kota-kota besar.

Contoh Komunitas Sosial
Beberapa contoh yang bisa diberikan dalam menggambarkan komunitas sosial ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Komunitas Pertanian
Komunitas pertanian pada dasarnya lebih sering dijumpai dalam masyarakat desa, di wilayah yang sama warga petani memiliki hubungan dan ikatan yang kuat. Mereka berada di suatu tempat dengan batas wilayah yang jelas. Interaksi sosial yang sering mereka lakukan biasanya dengan rekan-rekan tetangga.

Komunitas Lokal
Contoh komunitas kebudayaan yang bersiat lokal, misalnya saja mengenai masyarakat yang ada di wilayah Jakarta mereka membetuk forum atau tempat kesatuan untuk masyarakat lokal Padang. Latar belakang ini terjadi karena mereka memiliki kesamaan geografis yang sama.

Komunitas Pendidikan
Contoh lainnya, mengenai bentuk komunitas pada tingkat pendidikan misalnya saja dalam kelompok belajar atau dalam satu kelas memberikan nama-nama kelas mereka dengan istilah yang menarik dengan tujuan memberikan kedekapan satu sama lainnya. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Pendidikan, Bentuk, Fungsi, dan Contohnya 

Dari penjelasan mengenai pengertian, bentuk, dan contoh komunitas di atas, dapat disimpulkan bahwa semua komunitas-komunitas selalu brekiatan dengan wilayah-wilayah tertentu, manusia dari zaman tradisional sampai peradaban masa kini istilah komunitas akan senantiasa ada di dalam kehidupan bermasyarakat.