ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Pengertian Seni Budaya, Fungsi Seni, Tujuan dan Macam-Macam Seni

Berbicara mengenai seni budaya, hal yang pertama kali muncul di benak penulis adalah batik. Ya, batik merupakan salah satu karya seni budaya yang kita (bangsa Indonesia) miliki sejak beberapa ratus tahun yang lalu dan tetap bermanfaat serta digunakan hingga saat ini. Bahkan, hasil karya seni budaya Indonesia yang satu ini telah digunakan sebagai identitas / ciri khas negara Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara – negara lainnya.

Pengertian Seni Budaya, Fungsi Seni, Tujuan dan Macam-Macam Seni
Pengertian Seni Budaya, Fungsi Seni, Tujuan dan Macam-Macam Seni

Istilah seni budaya sendiri biasanya banyak digunakan di dunia seni. Bagi seorang seniman atau pun akademisi di bidang seni, istilah seni budaya tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka, akan tetapi bagi orang – orang awam, istilah ini tentunya merupakan istilah yang agak asing dan cukup jarang terdengar.

Lantas apa sih sebenarnya seni budaya itu?

Istilah seni budaya pada dasarnya merupakan sebuah frasa kata yang berasal dari kata “seni” dan kata “budaya”. Kata seni sendiri berasa dari bahasa sanskerta yaitu kata sani (pemujaan, persembahan, pelayanan) yang sering kali diartikan sebagai setiap hal yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menghadirkan unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Sedangkan kata budaya berasal dari kata buddhayah (bahasa sanskerta), yang artinya budi / akal yang digunakan oleh manusia dan diturunkan secara berkelanjutan.

Jika diartikan dari asal frasa katanya, maka seni budaya merupakan setiap karya seni yang sengaja dibuat dengan berlandaskan kepada akal / budi yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat, yang digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa arti istilah seni budaya yang coba diungkapkan / diutarakan oleh para ahli :

M. Thoyibi
Menurut M. Thoyibi, seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

Harry Sulastianto
Menurut Harry Sulastianto, pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide – ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.

Sartono Kartodirdjo
Menurut Sartono Kartodirdjo, seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalu satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya.

Ida Bagus Putu Perwita
Menurut Ida Bagus Putu Perwita, pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.

Fungsi Seni

Fungsi Religi/Keagamaan
Karya seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contoh : kaligrafi, busana muslim/muslimah, dan lagu-lagu rohani. seni juga sering digunakan untuk sebuah upacara kelahiran, kematian, pernikahan dsb. contohnya : gamelan dalam upacara Ngaben di Bali (gamelan luwang, angklung dan gambang)

Fungsi Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan dapat dilihat dalam musik, misalkan Ansambel karena didalamnya terdapat kerjasama, atau Angklung dan gamelan pun ada nilai pendidikannya karena kesenian tersebut terdapat nilai sosial, kerjasama dan disiplin. karya seni yang sering digunakan untuk pelajaran/pendidikan seperti : gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah/dokumenter, poster, lagu anak-anak, alat peraga IPA, dsb.

Fungsi Komunikasi
Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti, kritik sosial, gagasan, kebijakan dan memperkenalkan produk kepada masyarakat. bisa dilihat dalam pagelaran wayang kulit, wayang orang dan seni teater ataupun poster, drama komedi dan reklame.

Fungsi Rekreasi/Hiburan
Seni yang berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang khusus pertunjukan untuk berekspresi ataupun hiburan.

Fungsi Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial, seperti : musik kontenporer, tari kontenporer, dan seni rupa kontenporer. (seni pertunjukan yang tidak bisa dinikmati pendengar/pengunjung, hanya bisa dinikmati oleh para seniman dan komunitasnya)

Fungsi Guna (seni terapan)
Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau pun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti : perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.

Fungsi Kesehatan (terapi)
Seni sebagai fungsi untuk kesehatan, seperti pengobatan penderita gangguan physic ataupun medis distimulasi melalui terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). terbukti musik telah terbukti mampu digunakan untuk menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis trauma pada suatu kejadian dsb. pada tahun 1999 Siegel menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang menenangkan dapat merangsang sistem limbic jarikan neuron otak dan gamelan menurut Gregorian dapat mempertajam pikiran.

Tujuan Seni

Tujuan karya seni dibuat oleh penciptanya amatlah banyak. Ada yang demi kepuasan pribadi, tuntutan keadaan, tujuan praktis untuk mencari uang, adapula yang demi kepentingan kesejahtraan umat manusia. Meskipun tujuannya amat beragam tetapi hakikat dari proses kreasi tersebut adalah terciptanya nilai-nilai kebaruan. Dikarenakan hasrat untuk menciptakan unsure kebaruan inilah sebuah karya seni memiliki makna untuk kehidupan yang lebih luas.

Seorang menciptakan karya seni dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan zamannya sehingga memilki arti penting bagi generasi berikutnya. Di beberapa negara, pencapain tersebut terlihat dari hadirnya karya besar bidang seni rupa dan terciptanya budaya benda yang menjadi symbol kemajuan peradaban umat manusia sekarang.

Sebagai media ekspresi, tidak tertutup kemungkinan bahwa seni dipakai untuk tujuan-tujuan ‘negatif’, seperti penyebarluasan pornografi, pelecehan, fitnah, ataupun penipuan. Demikian pula pandangan masyarakat yang ‘meminggirkan’ seni dalam proses pendidikan maupun kehidupan sehari-hari seharusnya telah ditinggalkan, karena tujuan manusia menciptakan karya seni adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan zamannya, dan bukan merusaknya.

Macam-Macam Seni Rupa :

Seni Rupa Menurut Fungsinya :

Seni Rupa Murni (Fine Art) :
Seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangkan kegunaannya atau seni bebas (Free Arat).
Contoh : seni lukis, seni patung, seni grafika dll.

Seni Rupa Terapan/pakai (Applied Art):

1. Seni lukis
Karya seni dua demensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Pelukis yang sedang sedih akan tercipta karya yang bersifat susah, sedangkan pelukis yang sedang gembira akan tercipta karya yang riang. Karya tersebut terlihat pada goresan, garis-garis dan pewarnaan.

2. Seni Kriya
Karya  seni  terapan  yang  mengutamakan  kegunaan  dan  keindahan (estetis)  yang  bisa  menarik  konsumen. Seni  kriya/kerajinan (handy Craff)  ini biasanya untuk hiasan dan cenderamata.  Karena  karya  ini termasuk  karya  yang di perjual belikan dan berguna bagi kehidupan masyarakat sehari- hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan. Bahkan satu desain kriya ini bisa di produksi dalam jumlah banyak oleh industri dan di pasarkan sebagai barang dagangan.

3. Seni Patung
Seni Patung termasuk karya 3 Demensi. Karya seni ini termasuk seni murni yang diciptakan untuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estestis yang tinggi.

4. Seni Dekorasi
Karya seni yang bertujuan menghias suatu ruangan agar lebih indah. Contoh : Interior (dalam ruang : kamar, ruang pertemuan, panggung, dll) Eksterior (luar ruang : taman, kebun)

5. Seni Reklame
Reklame berasal dari Bahasa Latin (Re dan Clamo) artinya berteriak berulang-ulang. Tujuannya untuk mempengaruhi, mengajak, menghimbau orang lain. Contoh : iklan, spanduk, poster, dll

Macam-Macam Seni Suara/Musik :
1. Musik klasik
2. Musik jazz
3. Musik pop
4. Musik bosa
5. Musik rock
6. Musik tradisional, dll.

Macam-Macam Seni Tari/Gerak :
1. Tari klasik
2. Tari kreasi baru
3. Tari tradisional
4. Tari modern, dll.

Macam-Macam Seni Sastra :
1. Puisi
2. Cerpen
3. Prosa
4 Pantun, dll.

Macam-Macam Seni Teater/Drama :
1. Teater lama
2. Teater komedi
3. Teater baru
4. Sendratasik (seni drama dan musik)

Contoh seni Budaya

Beberapa contoh seni budaya yang mudah ditemui adalah sebagai berikut.

Tari
Tari merupakan contoh karya seni budaya yang mudah ditemui pada sekelompok masyarakat di Indonesia. Di Indonesia dengan keberagamannya, kita pasti dengan mudah dapat menemui berbagai macam tarian traditional dari berbagai suku dan daerah yang sudah lama diturunkan dari generasi ke generasi. Contoh tarian yang termasuk seni budaya antara lain tari kancet papatai dari suku dayak, tari saman dari suku gayo, tari serampang dua belas dari sumatera, dan tari lainnya. Berbagai macam tari yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia biasaya diciptakan sebagai peringatan akan suatu hal yang dipercayai oleh masyarakat suku atau daerah tersebut.

Kain Tenun
Kain tenun juga merupakan contoh karya seni rupa dan terapan yang dihasilkan dari seni budaya. Sama seperti tari, kita juga dapat menemukan kain tenun dari berbagai daerah yang diturunkan secara turun temurun. Beberapa contoh kain tenun yang terkenal antara lain kain tenun lombok, kain tenun sumba, kain telun ulos, kain tenun lurik, dan lain sebagainya. Kain tenun tersebut saat ini akan menjadi sebuah cindera mata khas dari daerah asal kain tersebut dan proses pembuatannya menjadikan daya tarik sendiri bagi pendatang yang berkunjung ke daerah tersebut.

Angklung
Salah satu karya seni musik traditional yang termasuk dalam seni budaya ini telah lama diturunkan dari generasi ke genarasi dan sudah menjadi bagian yang terkenal dari Indonesia dimata dunia. Angklung sendiri merupakan alat musik multitonal yang secara traditional telah berkembang di masyarakat suku sunda.

Angklung merupakan alat musik yang pembuatannya bebahan dasar bambu. Karena keunikan dan kekhasannya di masyarakat, angklung ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Pentas musik angklung bukan hanya menjadi hiburan tersendiri untuk warga indonesia namun kehadirannya juga telah menarik perhatian warga negara lain di dunia ini.

Batik
Selain angklung, negara Indonesia juga mempunyai batik yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Sebelum penetapan tersebut, batik telah dikenal lama di berbagai daerah seluruh Indonesia. Batik termasuk kedalam cabang seni lukis terapan yang menggunakan sejenis lilin sebagai bahan utama dalam mengambar pola pada selembar kain.

Batik merupakan sebuah karya yang memiliki nilai senii tinggi dan sarat akan makna filosofis didalamnya yang dapat memperlihatkan cara berfikir maupun kebiasaan suatu kelompok masyarakat  yang menjadi asal dari lahirnya karya tersebut. Tradisi membatik merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dapat dikenali corak serta motifnya berdasarkan daerah asalnya. Beberapa contoh batik menurut jenisnya antara lain :

  1. Batik tulis, merupakan batik yang prosesnya sepenuhnya hasil dari keterampilan seorang pembatik, mulai dari mengambar pola sampai dengan pewarnaan.
  2. Batik Cap, merupakan sebuah modifikasi dari cara membatik murni yang proses mengambarnya dilakukan dengan bantuan sebuah cap dari tembaga.
  3. Batik Sablon, merupakan batik yang sudah tidak menggunakan teknik dasar membatik dan dilakukan dengan bantuan sebuah mesin dengan pola yang sudah dibuat.

Artikel kali ini kita akan membahas contoh seni budaya Indonesia dari berbagai daerah yang dapat kamu pelajari dikemudian hari.

Rapai Daboh
Yang pertama adalah seni budaya dari ujung barat Indonesia, Aceh. Kebudayaan Nanggro Aceh ini mungkin tidak banyak diketahui anak muda masa kini. Rapai Daboh merupakan salah satu seni budaya ketangkasan atau kekebalan. Selain dikenal dengan nama Rapai daboh, permainan ini juga memiliki sebutan lain, yaitu debus. Yang ditampilkan dari permainan ini adalah atraksi ketangkasan dan kekebalan yang dipadupadankan dengan alunan musik rapai. Abdul Rani Usman, dkk menyebutkan dalam bukunya Budaya Aceh bahwa kata Rapai merupakan sebuat tarikat yang menggunakan alat musik pukul dalam media penyampaian ajaran islam.

Makan Bajamba
Bergeser sedikit dari Aceh, terdapat sebuah budaya yang berasal dari minangkabau bernama Makan Bajamba. Istilah lain dari makan barapak ini merupakan tradisi makan masyarakat Minangkabau. Kebudayaan Minangkabau atau tradisi ini dilakukan untuk merayakan hari-hari besar dalam ajaran islam ataupun dalam sebuah pesta adat. Biasanya, makan bajamba ini diikuti oleh ribuan orang. Posisi duduknya dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok akan mendapatkan bagian makanannya masing-masing. Sebelum proses makan bersama ini dimulai akan ada pembukaan oleh berbagai macam seni pertunjukan Minang lainnya. Seni budaya ini diperkirakan ada sejak agama islam masuk ke minangkabau yaitu sekitar abad ke-7.

Pakaian Adat Sumatera Selatan
Kebudayaan yang berada di sumatera sangat banyak jenisnya. Mulai dari rumah adat hingga seni pertunjukan seperti wayang palembang. Setiap daerah memiliki karakteristik kebudayaan masing-masing dan salah satu yang melambangkan karakter semuatera selatan adalah pakaian adatnya. Terdapat dua jenis pakaian adat yakni Aesan Gede dan Aesan Pasangko.

Aesan Gede merupakan pakaian adat yang memiliki lambang kebasaran. Lambang dari keagungan kerajaan sriwijaya. Makna dari pakaian ini adalah bahwa sumatera layak dijuluki pulau emas.
Aesan Pasangko juga merupakan pakaian adat. Meski masih dalam nuansa emas dan keemasan, tetapi aesan pasangko justru melambangkan keanggunan.

Tari Topeng Betawi
Beranjak dari pulau sumatera, kita bergeser ke pulau jawa dan mampir di Ibukota Indonesia. Betawi merupakan keturunan atau bisa dibilang suku yang berasal dari campuran banyak suku bangsa. Dulu, belanda banyak sekali mendatangkan berbagai suku bangsa ke Batavia sehingga hadirlah keturunan betawi. Tidak hanya identik dengan kemacetan dan banjir, tapi Jakarta juga menyimpan banyak sekali budaya dan kesenian. Salah satunya adalah tari topeng betawi yang berasal dari kepercayaan masyarakat betawi jaman dulu dimana topeng memiliki keuatan gaib penolak bala. Selain itu juga topeng di percaya dapat menghilangkan kesedihan. Merupakan salah satu contoh seni tari tradisional yang hingga hari ini masih tetap dipertunjukkan untuk memeriahkan peringatan atau pesta-pesta yang bersifat penting seperti pernikahan ataupun khitanan.

Rudat Banten
Debus bukanlah satu-satunya kesenian khas banten. Terdapat banyak sekali kesenian dan budaya lain mengingat banten merupakan salah satu provinsi yang masih kuat mempertahankan tradisi dan kepercayaan daerahnya. Kebudayaan suku baduy yang identik juga bukan satu-satunya seni budaya di provinsi banten, disamping itu ada seni budaya lain yang dinamakan Rudat. Rudat sendiri merupakan kesenian tradisional hasil pepraduan antara unsur tari, shalawat dan olah kanuragan. Nama rudat diambil dari salah satu nama alat kesenian ini. Bentuknya budar dan cara memainkannya adalah dengan cara dipukul.

Dodombaan
Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa kesenian ini berasal dari Kabupaten Garut yang identik dengan domba dan dodol. Kesenian khas daerah ini berupa atraksi seni yang mamadupadankan musik dari kendang dengan pencak silat. Khas kebudayaan suku sunda. Disamping dua orang yang melakukan ibing pencak silat ada beberapa orang lain yang membawa dua buat patung domba yang terbuat dari kayu. Patung domba tersebut dapat ditunggangi baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak.

Bebegig Sumantri
Salah satu kesenian budaya dari kabupaten ciamis ini  memiliki hubungan dan sejarah dengan daerah Sukamantri. Maka dari itu ia dijuluki Bebegig Sumantri. Di daerah utara Desa Sukamantri, Tawang Mangu, terdapat penguasa bernama Prabu Sampulur yang konon sakti. Dalam rangka menjaga tempat tersebut, Prabu Sampulur membuat sebuah topeng besar layaknya wajah raksasa untuk menakut-nakuti orang agar tidak merusak tempat tersebut. Topeng tersebut dinamakan bebegig.

Sintren
Selanjutnya masih di daerah Jawa Barat, yaitu Cirebon. Kota Cirebon memiliki banyak budaya khas dan salah satunya adalah sintren. Jenis seni tari ini memiliki unsur magis selain memiiki unsur-unsur seni tari. Pertunjukan tari ini biasanya menampilkan beberapa penari. Salah satu penari akan diikat lehernya sampai dengan kaki setelah itu dimasukkan ke dalam sebuah kurungan yang ditutup dengan kain. Kekuatan magis yang disebut-sebut mampu membuat penari tersebut lepas dari ikatan. Sedikit mirip atraksi sulap namun tidak lepas dari unsur-unsur seni tari pada umumnya.

Pakaian Adat Keraton Yogyakarta
Termasuk kedalam salah satu jajaran kebudayaan suku jawa tapi yang khas adalah keraton Yogyakarta dengan para abdi dalem dan pejabatnya. Mereka memiliki pakaian khas masing-masing dan memiliki makna serta fungsi yang berbeda. Seluruh pegawai atau karyawan keraton memiliki pakaian atau seragam yang terdiri dari dua macam, yakni Sikep Alit dan Langenarjan. Sikep Alit merupakan kain batik sawitan dan baju hitam yang terbuat dari bahan laken. Kancingnya terbuat dari kuningan yang dibubuhi emas dan terdiri dari 7 – 9 buah.

Berbeda dengan Langeran yang merupakan speerangkat pakaian batik dan bukakan yang berbahan laken hitam dan kemeha putih model kerah berdiri. Kerisnya merupakan keris model ladrangan dan dipakai di pinggang sebelah kanan. Dilengkapi dengan dasi kupu-kupu dan sepatu selop warna hitam. Nah, jadi jangan hanya berpikir bahwa kebudayaan jawa hanya wayang kulit saja, ya. Apresiasi kebudayaan lain meski sejarah wayang kulit sangat menarik perhatian.

Festival Bandeng
Jawa timur memiliki sejumlah kesenian yang khas salah satunya adalah festival Bandeng yang kerap diselenggarakan setiap tahunnya. Bertajuk festival bandeng dengan mengusung pendidikan karakter sebagai salah satu cara untuk mengenalka kabupaten sidoarjo. Digadang sebagai salah satu ikon kota sidoarjo. Yang paling menarik adalah adanya bermacam wahana bermain dan edukasi untuk anak-anak dan orang dewasa. Salah satu yang paling unik adalah Griya edukasi bandeng. Festival ini membuat semua orang yang datang dapat mendapatkan manfaat belajar seni sekaligus menedukasi karakter.

Parang Salawaku
Seni budaya juga dapat berupa senjata tradisional. Setiap daerah pastinya memiliki senjata daerah masing-masing termasuk Maluku. Senjata ini memiliki panjang 90 sampai dengan 100cm dan perisainya dihiasi oleh motif yang memili arti keberanian. Salawuku merupakan bahasa lain untuk perisai ini. Dibuat dari bahan besi sedangkan tangkainya terbuat dari kayu. Begitupun perisainya yang terbuat dari kayu.

Balia Tampilangi
Upacara pembukaan ladang baru ini merupakan sebuah budaya yang berasal dari Sulawesi Tengah. Tradisi khas masyarakat kabupaten Buol atau Toli-toli ini dilakukan agar tani mereka berhasil dan tanahnya subur. Dalam upacara adat ini masyarakat melakukan komunikasi dengan penguasa yang mereka percayai. Banyak sekali tahapan atau tata cara pelaksanannya diantaranya :
  1. Motengge Ntalu atau memecahkan telur
  2. Mogane Ridayo atau membaca mantra-mantra dikuburkan yang dianggap keramat.
  3. Setelah itu dilanjutkan dengan Nantalu atau penebangan hutan
  4. Nolili Bane atau upacara mengelilingi benih padi
  5. Nobalia merupakan upacara lain setelah mengelilingi benih padi di mana orang-orang kesurupan mahluk halus.
  6. Notuda atau menanam benih padi
  7. No unja Bosu dilakukan ketika padi telah berisi. Para petugas berkumpul untuk kemudian melakukan upacara kembali.
  8. Nomparaya atau upacara penyembelihan sesajen. Ayam yang disebelih diambil drahnya kemudian dibubuhkan pada padi yang tumbuh dari benih yang pertama di tanam.
  9. Mondindi atau upacara puji-pujian
  10. No Kato upacara yang dilakukan ketika memetik padi
  11. Nopinji
  12. Nanjolon atau pesta selametan panen
  13. No Wunja pesta selametan selesai panen
Sundu
Nusa Tenggara Timur memiliki banyak sekali kesenian dan tradisi khas yang layak di esksplor! Salah satunya adalah senjata tradisional yang disebut Sedu. Bentuknya menyerupai keris dan berbentuk lurus sedangkan pegangannya menyerupai bentuk sayap burung. Penduduk setempat menyebutnya sebagai senjata yang keramat. Selain Sundu masih banyak lagi kebudayaan Nusa tenggara Timur yang wajib kamu ketahui.

Rumah Betang
Rumah adat juga merupakan salah satu bentuk seni budaya. Di provinsi kalimantan terdapat rumah adat yang disebut sebagai rumah Betang. Suku Dayak pada umumnya menempati rumah ini. Uniknya bentuk dari rumah ini sendiri memanjang dan pada bagian hulunya searah dengan matahari terbit sedangkan bagian bekalang atau ekornya menghadap matahari tenggelam.

Potong Jari
Tradisi potong jari rupanya bukan hanya dimiliki oleh Yakuza. Masyarakat papua pun memiliki tradisi potong jari. Bedanya, masyarakat papua melakukan potong jari ini ketika mereka kehilangan anggota keluarganya sedangkan Yakuza memotong jari ketika gagal dalam melaksanakan misi. Meski tradisi ini agak ekstreme tetapi maknanya begitu dalam. Yakni jari-jari mereka diibaratkan sebagai anggota keluarga. Jika keluarga mereka hilang maka hilangpula jari-jari mereka.


Pencarian yang paling banyak dicari
  • macam macam seni budaya
  • fungsi seni budaya
  • jenis jenis seni budaya
  • pengertian seni budaya dan keterampilan
  • artikel seni budaya
  • materi seni budaya
  • pelajaran seni budaya
  • makalah seni budaya
Post a Comment

Post a Comment