Pengertian, istilah, Manfaat dan Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Anda pasti sudah kenal dengan namanya wifi. Disetiap tempat sekarang ini sudah banyak yang memfasilitasi wifi. Bahkan sekarang sudah banyak sekolah yang menyediakan fasilitas wifi gratis untuk muridnya. Tujuannya adalah tentu agar mereka bisa mengakses semua informasi terkait pelajaran yang ada di internet. Sekarang jamannya sudah canggih, kita bisa mendapat ilmu pengetahuan melalui internet maka dari itu wifi sangatlah bermanfaat. Pengertian wifi sendiri merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity yang artinya sebuah media penghantar data tanpa kabel yang bisa berfungsi sebagai alat komunikasi, mengunduh atau mengupload data dengan tingkat kecepatan yang cukup tinggi. Hanya saja tingkat kecepatan tiap daerah bahkan negara cukup berbeda-beda dan bisa dikatakan wifi di Indonesia masih cukup lamban dibanding negara Asia lainnya.

Pengertian, istilah, Manfaat dan Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya
Pengertian, istilah, Manfaat dan Fungsi Wifi dan Cara Kerjanya

Semakin berkembangnya zaman mengubah internet dari yang sebelumnya hanya merupakan kebutuhan tersier, kini seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer. Karena itulah kemudian cukup banyak juga pebisnis yang memanfaatkan adanya Wifi agar pelanggannya dapat menikmati waktu lebih lama di restoran/ kafe miliknya. Wifi pun tak muncul begitu saja, terdapat sejarah perkembangan Wifi yang secara singkat dapat dijabarkan dalam beberapa poin berikut:
  1. 1997 : Dibentuk sebuah jaringan wireless bernama 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
  2. 1999 : Muncul Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. Namun masih memiliki kelemahan, yaitu frekuensi operasi yang berada dalam angka 2,4 GHz, yang juga banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga seperti oven microwave, sehingga mudah terganggu sinyalnya.
  3. 2003 : Muncul Wireless G dengan kecepatan transfer data maksimal 54 Mbps. Masih beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.
  4. 2009 : Muncul Wireless N, mendukung kecepatan transfer data hingga 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Jangkauan lebih luas dibandingkan sinyal Wireless G.
  5. 2014 : Muncul Wireless AC yang memiliki kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Beroperasi di frekuensi 5GHz.

Fungsi Wifi

Setelah memahami pengertian Wifi di atas, tentu kita sudah bisa memahami bahwa salah satu fungsi Wifi adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal maupun jaringan internet. Namun apakah hanya sebatas itu saja fungsi Wifi? Ternyata, masih ada lagi fungsi Wifi yang mungkin belum Anda sadari, seperti beberapa fungsi di bawah ini misalnya :

1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan
Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas penggunanya, Wifi bisa digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

2. Berbagi Data Antar Perangkat
Misalkan Anda mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu ingin memindahkan data di salah satunya ke perangkat lainnya. Wifi dapat dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Modem Dari Smartphone
Memang dengan adanya Wifi, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Namun tak hanya itu, jika smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka Anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem. Hal ini sangat berguna terutama jika Anda bepergian ke tempat yang tidak tersedia Wifi. Jika paket data Anda cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Anda dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat
Hal ini tentu sudah bisa dipahami oleh para pengguna smartphone. Berbeda dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan Wifi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya adalah Anda bisa melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, akses yang tidak membutuhkan loading.

Cara Kerja Wifi

Sederhananya, Wifi bekerja dengan memafaatkan gelombang radio. Berbagai data yang diminta atau dikirimkan pengguna melesat di udara menggunakan gelombang radio. Agar dapat menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim melalui gelombang radio ini, sebuah komputer harus memiliki adaptor wireless sehingga terhubiung dengan Wifi.

Gelombang radio yang berupa sinyal ini kemudian dikirim menuju router yang berfungsi sebagai decoder (penerjemah kode). Setelah kemudian diterjemahkan, data tersebut dikirim ke jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi ethernet. Jaringan Wifi bekerja dua arah, setiap data yang diterima melalui internet juga dalam waktu bersamaan melewati router untuk kemudian dijadikan kode olehnya pada setiap paket data, kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang diterima oleh adaptor komputer nirkabel.

Demikianlah pengertian, fungsi, dan cara kerja Wifi yang selama ini digunakan oleh banyak orang. Wifi ini tentu memiliki kelebihannya tersendiri, seperti memudahkan pengguna sebab lebih fleksibel dan pengguna bisa berpindah tempat, jaringan internet dapat diakses lebih mudah, juga penggunaan listrik yang lebih minimal. Walau begitu tak bisa dihindari pula terdapat kekurangan yang perlu diwaspadai, seperti jaringan yang kurang aman dan bisa disadap, perangkat yang cukup mahal, juga kekuatan sinyal yang bisa saja menurun jika kondisi cuaca buruk.

Kelebihan, Kekurangan serta Cara Kerja dari Wifi

Selama ini kita hanya menggunakan wifi tanpa memikirkan bagaimana cara kerja dari wifi tersebut. Cara kerja wifi sedikit bisa diambil dari pengertian wifi yang dimana bahwa jaringan wifi sama seperti ponsel yang menggunakan gelombang radio untuk bisa menghantarkan informasi. Komputer atau ponsel yang hendak terhubung oleh wifi harus memiliki adaptor nirkabel yang berguna untuk menerjemahkan data informasi yang dibawa oleh gelombang radio. Sinyal radio ini akan dikirim lewat antena untuk diterima oleh router. Setelah data diterjemahkan maka data tersebut akan tersambung ke internet melalui koneksi kabel ethernet.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian wifi bahwa wifi merupakan alat untuk mengunduh atau mengupload data, ternyata wifi juga memiliki fungsi yang tidak hanya sekedar itu saja. Wifi juga bisa digunakan sebagai jaringan tanpa kabel. Pada awalnya memang wifi hanya bisa digunakan untuk jaringan lokal saja namun seiring dengan perkembangan teknologi, wifi kini telah bisa digunakan untuk internet. Mungkin bila Anda sedang berada di tempat umum akan lebih memilih menggunakan wifi daripada harus menggunakan kuota. Dengan menggunakan wifi, Anda bisa lebih bebas browsing tanpa perlu khawatir data internet akan habis. Jadi bila di sekolah atau kampus Anda memfasilitasi wifi maka manfaatkanlah sebaik mungkin dan tentunya gunakan untuk hal positif.

Wifi pun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh wifi antara lain adalah dengan menggunakan wifi kita lebih praktis karena penggunaannya bisa berpindah-pindah tempat. Kedua, hampir semua perangkat teknologi sudah support dengan jaringan wifi. Kekurangannya adalah keamanan data yang harus lebih diperhatikan. Kedua, sinyal. Sekalipun Anda bisa bebas bergerak namun perhatikan jangkauan wifinya karena semakin jauh jangkauannya maka semakin lamban pula koneksinya. Itulah tadi penjelasan singkat tentang pengertian wifi, cara kerjanya hingga kelebihan dan kekurangan dari wifi. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa lebih paham tentang wifi.

Manfaat WiFi

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari WiFi misalnya seperti:

a. Aksesbilitas
Dengan WiFi maka kita dapat mengakses jaringan internet dengan cepat dan praktis tanpa menggunakan kabel, dimanapun dan kapanpun berada selama ada sinyal hotspot, baik itu menggunakan handphone, laptop maupun PC yang mendukung WiFi Tentunya.

b. Mobilitas
WiFi memiliki mobilitas yang tinggi, karena saat ini WiFi banyak sekali tersedia di tempat-tempat publik mulai dari taman,cafe,restoran, supermarket, hotel dll. dengan akses internet yang mudah tanpa menggunakan kabel sehingga sangat praktis.

c. Produktivitas
Bagi orang-orang yang bekerja mengandalkan jaringan internet, maka dengan WiFi maka produktivitas pekerjaan dapat meningkat, karena akses internet yang mudah.

d. Distribusi
Tidak seperti mengakses jaringan internet yang menggunakan kabel, WiFi sangat praktis dan tidak ribet sehingga dapat digunakan kapan saja, sehingga dengan WiFi jaringan internet gampang diakses oleh banyak orang

e. Hemat Biaya
Untuk membuat jaringan internet yang mendukung WiFi tentunya cenderung hemat biaya terutama hemat dalam membeli kabel. Inilah yang menjadi alasan beberapa perusahaan dan orang-orang lebih memilih membangun perangkat nirkabel. Terutama bagi pengguna laptop dan smartphone yang banyak sekali menggunakan WiFi untuk streaming video bahkan untuk mendownload file, dengan WiFi maka bisa menghemat biaya bayangkan jika menggunakan data seluler mungkin akan boros biaya.

Kelebihan Dan Kekurangan WiFi

Adapun beberapa keunggulan/kelebihan jika menggunakan WiFi, misalnya seperti:
  1. Hemat biaya.
  2. Praktis saat mengakses internet, melakukan sharing file, dll. dimana saja dan kapan saja tentunya dalam radius tertentu dari hotspot.
  3. Mengurangi penggunaan kabel, dan dapat mengatasi dimana kabel tidak dapat digunakan pada tempat atau ruang tertentu.
  4. Jaringan WiFi tergolong awet dan tahan terhadap berbagai macam gangguan.
  5. Tidak terlalu banyak konfigurasi. Misalnya dalam dalam suatu kantor terdapat beberapa ruangan, cukup konfigurasi jaringan wifi satu saja pada setiap ruangan. Sehingga Jika ada pegawai kantor yang sering berpindah ruangan atau tempat kerja maka tidak perlu konfigurasi jaringan internet lagi.
Adapun beberapa kekurangan jika menggunakan WiFi, misalnya seperti:
  1. Keamanan yang kurang baik, sehingga jaringan WiFi harus diamankan misalnya dengan menggunakan password. Hal ini untuk menghindari orang-orang yang tidak memiliki kepentingan mengakses jaringan WiFi tersebut.
  2. Sinyal WiFi cenderung terpengaruh keadaan cuaca dan iklim.
  3. Penyaluran sinyal yang tidak merata, karena batasan jarak.
  4. Tidak cocok digunakan untuk aktivitas transfer data yang sangat besar.
Itulah rangkuman singkat yang berisikan tentang pengertian WiFi dan Fungsinya, semoga pembahasan ini dapat di pahami. Jika ditemukan beberapa ke keliruan/kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan, terimakasih…

Pencarian yang paling banyak dicari
  • cara kerja wifi
  • sejarah wifi
  • wifi singkatan dari
  • fungsi wifi
  • pengertian wifi
  • manfaat wifi adalah
  • kelebihan dan kekurangan wifi
  • gambar cara kerja wifi