ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Lengkap - 15+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

15+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Adik adik yang baik, pada kesempatan yang cerah ini kakak ingin membagikan beberapa soal Essay untuk mata pelajaran Sejarah Kelas 11 SMA/MA. Soal ini sudah kakak susun sebanyak 15 soal yang hanya terdiri dari soal essay saja. Nah kakak juga telah menyertakan link download bserta kunci jawabannya. Oiya Pengertian sejarah menurut Ensiklopedi adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.
15+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
15+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru


Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA


15+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat bospedia dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Apa tujuan bangsa Barat ke Indonesia setelah abad ke-18?
Jawaban: mendapatkan bahan baku industri, tempat atau daerah pemasaran hasil industri, mendapatkan tenaga kerja yang murah, dan tempat menanamkan modal.

2. Mengapa jatuhnya konstantinopel dianggap sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa mencai daerah rempah-rempah sendiri?
Jawaban: jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki Utsmani kepada bangsa Eropa. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wiilayah yang banyak memiliki bahan rempah-rempah, termasuk kepulauan Nusantara (Indonesia).

3. Bagaimana sikap bangsa Indonesia pada awal kedatangan bangsa Barat?
Jawaban: bangsa Indonesia menerima dengan baik atas kedatangan Bangsa Barat pada awalnya. Setelah tahu bahwa bangsa Barat hanya akan memanfaatkan kekayaan Indonesia, maka rakyat Indonesia mulai tidak suka dan segera melakukan perlawanan dengan sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan.

4. Apa tujuan awal bangsa Barat datang ke Indonesia?
Jawaban: pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani di Indonesia. Namun, dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah, mereka kemudian mengkalim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya. Di tempat-tempat ini, bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin. Dengan memonopoli perdagangan rempah-rempah, bangsa Eropa menjadi satu-satunya pembeli bahan-bahan ini. Akibatnya, harga bahan-bahan ini pun sangat ditentukan oleh mereka.

5. Apa yang dimaksud dengan gospel?
Jawaban: orang Eropa yang sebagian besar beragama Kristen terdorong untuk pergi kemana pun guna mewartakan Injil (gospel). Mereka percaya bahwa mewartakan Injil kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan adalah salah satu panggilan hidupnya.


6. Apa yang dimaksud edukasi pada salah satu isi Trilogi van Deventer?
Jawaban: edukasi artinya mendirikan sekolah-sekolah bagi kaum pribumi dan akhirnya akan melahirkan kaum cerdik pandai yang memelopori pergerakan nasional Indonesia.

7. Apa tujuan bangsa Portugis datang ke Indonesia?
Jawaban:
a. Tujuan ekonomi, yaitu mencari keuntungan yang besar dari hasil perdagangan rempah-rempah. Membeli dengan harga yang murah di Maluku dan menjualnya dengan harga yang tinggi di Eropa.
b. Tujuan agama, yaitu menyebarkan agama Nasrani.
c. Tujuan petualangan, yaitu mencari daerah jajahan

8. Kapan perjanjian London itu ditandatangani? Sebutkan isi perjanjian London!
Jawaban: perjanjian London ditandatangani pada tanggal 13 Agustus 1814. Isi dari perjanjian dari London adalah sebagai berikut.
a. Pemerintah Inggris menyerahkan kembali tanah jajahannya kepada Belanda sebagaimana yang disepakati dalam Kapitulasi Tuntang.
b. Inggris mendapatkan Sailan dan Tanjung Harapan dari Belanda sebagai imbalan mempertahankan daerah itu dari serangan Perancis.

9. Sebutkan kebijakan yang dilakukan oleh Raffles pada bidang  sosial!
Jawaban: Menghapuskan system monopoli, menghapuskan sistem perbudakan, menghapuskan penyerahan wajib dan sistem tanam paksa, serta membagi Pulau Jawa menjadi 16 karisidenan.

10. Apa bukti dihapusnya sistem tanam paksa?
Jawaban: sebagai bukti sistem tanam paksa dihapuskan adalah dihapuskannya kewajiban tanam kopi di Priangan, Manado, Tapanuli, Sumatera Barat.

11. Siapakah yang dipaksa Belanda untuk menandatangani Plakat Pendek? Kapan itu dilakukan?
Jawaban: Sutan Mahmud Daud Syah pada tahun 1904, dipaksa untuk menandatangani Plakat Pendek yang isinya Aceh mengakui kedaulatan Belanda atas daerahnya.

12. Dalam melawan Perang Diponegoro, Belanda menerapkan strategi benteng stelsel. Apa tujuan diterapkannya strategi benteng stelsel ini?
Jawaban: tujuan diterapkan strategi benteng stelsel adalah untuk mempersempit ruang gerak pasukan Diponegoro dan memperlemah pasukan Diponegoro.

13. Sebutkan isi dari Perjanjian Bongaya!
Jawaban: isi dari perjanjian Bongaya adalah sebagai berikut.
a. Wilayah makasar terbatas pada Gowa, wilayah Bone dikembalikan kepada Aru Palaka
b. Kapal Makasar dilarang berlayar tanpa seizing VOC.
c. Makasar tertutup untuk semua bangsa, kecuali VOC dengan hak monopolinya.
d. Semua benteng harus dihancurkan, kecuali satu benteng Ujuang Pandang yang kemudian diganti dengan nama Benteng Rotterdam.
e. Makassar harus mengganti kerugian perang sebesar 250.000 ringgit.

14. Bagaimana hasil serangan Kerajaan Mataram terhadap VOC di Batavia?
Jawaban: serangan pertama gagal karena banyaknya persediaan makanan pasukan Mataram dibakar Belanda, jarak Mataram VOC yang jauh dan kalah persenjataan perang.
Pada serangan kedua dipimpin Pangeran Puger dan Pangeran Purbuyo berhasil mengepung Batavia berhari-hari dalam serangan ini Gubernur Jenderal Belanda J.P. Coen tewas terkena penyakit kolera.

15. Kepada negara mana sajakah Kerjaan Demak meminta bantuan persenjataan dalam menghadapi serangan Portugis?
Jawaban: untuk menghadapi serangan Portugis, Kerajaan Demak meminta bantuan persenjataan  ke Turki, Inggris, Goa, dan Gujarat.



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 15+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

#
Soal Essay Sejarah Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 32Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal sejarah kelas xi ipa semester 1 beserta jawabannya
    • soal sejarah kelas xi semester 1 kurikulum 2013
    • soal essay sejarah kelas 11 semester 1
    • soal sejarah indonesia kelas xi semester 1 beserta jawabannya
    • soal dan jawaban sejarah indonesia kelas 11 semester 1
    • soal uas sejarah kelas 11 semester 1
    • soal sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum 2013
    • soal sejarah kelas xi semester 1 beserta jawabannya kurikulum 2013 pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    Post a Comment

    Post a Comment