11 Cara Mengatasi Jaringan " WIFI " Yang Lemot Dan Suka Disconnect Sendiri

Bospedia.com - Koneksi nirkabel Wi-Fi yang buruk dapat membuat orang merasa tertekan. Terutama ketika Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dan di butuhkan untuk pekerjaan.

Tapi Anda tidak perlu panik ketika Wi-Fi di rumah tiba-tiba lemot. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah untuk memeriksa router Anda gunakan. Karena, dari posisi pengaturan router pada sinyal Wi-Fi yang kuat atau tidak.


Jadi Anda sering memiliki WiFi lambat, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mempercepat koneksi nirkabel yang lambat dengan mudah.

1. Periksa Posisi Router

tampak sepele, tapi efeknya bisa sangat besar. router mengirimkan sinyal ke segala arah. Oleh karena itu, Anda harus meletakkan router di tengah ruangan. Ketika router ditempatkan di samping jendela, tidak ada sinyal yang dikirim ke luar. Hal ini akan membuat WiFi sebagai sia-sia dan gagal ke seluruh bagian ruangan.

2. Tempatkan router di lokasi terbaik

Sinyal WiFi akan lebih kuat menekankan dalam ruangan yang di mana Anda menyimpan router. Atas dasar ini, kami sarankan Anda menempatkan router di ruang yang Anda sering tempati saat menggunakan internet.

3. Jangan letakkan router di lantai

Tempatkan router di tempat tinggi seperti meja atau lemari. Sebuah posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router disesuaikan dengan mengirim sinyal ke latar belakang. Selain itu, bahan lantai berbasis semen, beton dan logam yang tak bisa ditembus oleh sinyal WiFi.

4. Pilih router di tempat terbuka

Ada banyak bahan yang dapat menyerap sinyal router dan mengurangi kinerja. Untuk menjaga kinerja optimal dari sinyal, Anda tidak perlu menempatkan router antara furnitur besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilih posisi dan tidak menutup router agar dapat dilihat di mana-mana.

5. Sesuaikan antena router 

Mengatur antena router adalah dalam posisi vertikal. Posisi ini secara horizontal akan ditransmisikan sinyal sehingga sinyal Wi-Fi lebih mudah untuk mencapai semua bagian ruangan.

6. Jauhkan dari elektronik lainnya

Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lainnya, seperti microwave, telepon tanpa kabel dan TV. Setiap perangkat yang menghasilkan sinyal elektromagnetik yang dapat mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

7. Periksa kekuatan sinyal

Ada sejumlah aplikasi, seperti Amped Cloudcheck yang dapat digunakan untuk tujuan ini. Ketika memeriksa sinyal, Anda bisa melacak pihak menerima sinyal yang kuat dan menerima sinyal lemah.

8. Router di ruang tertutup

Ya, disarankan untuk menempatkan router nirkabel di ruang terbuka seperti kamar. Namun, Anda juga harus memperhatikan kamar Anda jika ruangan tertutup atau tidak.

Jika ruang yang tertutup dan ruangan Anda terlalu gelap, itu akan menjadi sinyal untuk internet menghambat. Memang, jika Anda berada di ruang tertutup yang ada routet Wi-Fi, sinyal internet akan sangat kencang.

Namun, ketika Anda berada di sebuah ruangan tertutup, sinyal akan internet sangat lambat. Maka dari itulah, memilih kamar yang dekat dengan Anda, tapi tetap terbuka dan router dapat dilihat dari semua sisi.

9. Terlalu banyak pengguna

Wi-Fi dapat digunakan oleh siapa saja selama Anda masih di kisaran router. Ada kemungkinan, penyebab Wi-Fi kelemotan terlalu banyak pengguna yang menggunakan mereka koneksi Wi-Fi. Di sisi lain, jika Wi-Fi digunakan di tempat umum.

Ya, jika terlalu banyak dari mereka menggunakan Wi-Fi pada saat yang sama kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan menavigasi lancar. Oleh karena itu, memastikan bahwa pengguna internet tidak terlalu banyak. Misalnya, Anda menggunakan WiFi di satu HP bersama dengan laptop, belum lagi teman-teman atau tetangga untuk WiFi saham.

Bagaimana mengatasi ini adalah untuk mengatur sandi untuk jaringan Wi-Fi. Jadi bukan sembarang orang yang bisa menikmati koneksi Wi-Fi. Namun, jika Anda menggunakan ya publik Wi-Fi, maka Anda harus bersabar.

10. Update firmware router

Satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk kecepatan koneksi Wi-Fi memperbarui firmware router. Produsen router biasanya selalu memperbarui perangkat lunak untuk menghasilkan Wi-Fi yang lebih cepat.

11. Reboot router

Reboot router secara teratur adalah cara mudah untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi di rumah. Jangan reboot router ketika Anda menemukan koneksi Wi-Fi lambat, yang terbaik adalah untuk mengatur jadwal sehingga router dapat secara otomatis restart sekali sehari atau seminggu.

Ini adalah cara yang paling ampuh, karena router yang hidup terus menerus makan akan mengalami penurunan kecepatan yang mengakibatkan kecepatan wifi lemot , jadi di anjurkan untuk mematikan dan menghidupkan router tersebut.

Jika kalian suka dengan artikel ini share ke teman - teman kalian supaya teman, kalian juga bisa  mengatasi wifi yang lemot dan sering disconnect sendiri  ,, Dan jangan lupa untuk berlangganan website Bospedia.com ya agar kalian mendapatakan informasi artikel menarik lainya.