Tujuh Penyebab Smartphone Anda Lemot dan Juga Cara Mengatasinya

Bospedia.com - Seiring bertambahnya usia smartphone , kinerja pasti  akan menurun. Pada saat yang sama, Anda tidak dapat memiliki anggaran untuk meng-upgrade ke model yang lebih baru. Untuk ini, artikel kali ini mungkin bisa membantu untuk mengetahui penyebab perlambatan smartphone dan bagaimana mencegahnya. Ada tujuh kasus kumum mungkin menjadi penyebab di balik smartphone yang berubah perlahan-lahan.


Bahkan sekarang muncul smartphone Android yang mengusung 8 / 12 GB RAM. Tujuannya agar Android smartphone tidak lemot.Keinginan peduli berapa banyak RAM yang di smartphone Anda, dalam beberapa keadaan, tentu terasa lambat. Android mungkin lambat karena banyak hal, bukan hanya jumlah RAM saja. Nah, jika Anda lebih nyaman dengan Android  Anda, di sini kami akan menjelaskan bagaimana menangani HP Android lambat.

1. Memori Smartphone Penuh

kecepatan memori internal akan mengurangi jumlah file yang Anda simpan. Mungkin ada aplikasi backlog, foto dan video tidak dihapus selama bertahun-tahun, atau sampah tak terlihat. Untuk mengembalikan kecepatan mesin Anda, Anda dapat melakukan factory reset, tentu setelah menyimpan data penting di tempat lain pertama.

Jika Anda pikir ini adalah rumit dari awal harus menyimpan foto, musik, video, dan sebagainya, dalam memori eksternal (microSD, atau media lainnya). Karena kartu microSD bisa langsung diganti ketika penuh. Data Anda telah disimpan dengan aman. Pilihan lain adalah untuk menyimpan data ke layanan penyimpanan cloud seperti google drive atau bawaan smartphone itu sendiri..

2. Aplikasi Latar Belakang

Pengguna smartphone sering mendownload aplikasi yang hanya digunakan sesekali, belum lagi satu, Aplikasi ini kemudian dibiarkan menumpuk, ada juga berjalan terus-menerus di latar belakang. Bahkan, smartphone memiliki sumber daya (RAM, CPU, dll) terbatas.

Anda harus pintar dan menghitung prioritas untuk aplikasi yang harus disimpan. Ketika Android anda meluncur nanti, masalah ini akan mudah diselesaikan dengan "batas eksekusi di latar belakang." Namun, tunggu untuk sistem operasi, Anda dapat mencoba lebih rajin membersihkannya dari aplikasi yang tidak diperlukan. Mengambil sedikit waktu untuk datang ke pilihan pengaturan dan pemeliharaan ( Anti Virus ) pada masing-masing ponsel.

Anda dapat melihat aplikasi yang menurut anda bisa menguras memori dan baterai.

3. Penurunan Daya Baterai

Selain masalah memori, baterai juga dapat memperlambat kinerja smartphone. Setelah tiga atau dua tahun, Anda mulai merasakan kebocoran baterai alias habis dengan cepat.

Baterai juga mempengaruhi pengolahan program pada komponen memori smartphone dan secara keseluruhan. Untuk ini, mengurus baterai Anda pengisian harus menggunakan charge telepon itu sendiri, dan tidak diperkenankan untuk charge hp kalian dengan charge merek lain karena vol dari masing - masing merek bisa beda ada yang renda dan ada juga yang tingi dan jangan biarkan telepon anda mengecas semalaman agar baterai lebih awet dan terjaga.

4. Penurunan memori 

Seperti baterai, RAM dan memori flash storage yang digunakan sebagai media penyimpanan dalam smartphone mungkin juga terdegradasi. Kegiatan menulis dan menghapus data dan akhirnya akan mengurangi kinerjanya.

Jenis SSD flash memory umumnya memiliki rating daya tahan yang dinyatakan secara tertulis pembaca per hari (DWPD) atau terabyte tertulis (TBW). Rating memori flash dapat jarang diungkapkan, tetapi biasanya berlangsung selama bertahun-tahun sebelum mulai russak atau penurunan kinerjanya.

5. Update Sistem Operasi!

Sistem operasi harus diperbarui secara berkala. Ada kalanya update ini juga akan mengakibatkan peningkatan kinerja, misalnya dengan menambal bug perangkat lunak yang membocorkan bocor sumber

Update umumnya akan memberikan pengalaman lebih baik menggunakan smartphone itu. Namun, peningkatan dan perbaikan yang dapat harga itu sendiri, yang membutuhkan kapasitas memori dan RAM yang lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan ponsel dengan RAM yang lebih rendah dan sering tidak dapat memperbarui sistem operasi ke versi yang lebih baru.

Tetapi ada yang menyesetujui dengan konsekuensi kinerja akan lebih lambat. Untuk ini, jawaban untuk update ke aplikasi dan sistem operasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperlunya, jika tidak bisa lebih baik dihabiskan pada sistem operasi lama untuk mengganti smartphone baru yang memiliki perangkat lunak yang lebih baik...

6. Menggunakan Aplikasi Berbayar

Menggunakan aplikasi gratis akan lebih menguntungkan. Karena tanpa harus mengeluarkan uang , kita bisa mencoba fitur-fitur keren yang ada pada aplikasi tertentu. Tapi apakah Anda tahu bahwa menginstal aplikasi gratis yang sama dengan percobaan yang tidak baik?

Karena menyediakan pengembang aplikasi ini gratis akan mendapatkan banyak komentar untuk mencari tahu apa yang terjadi pada bug dalam aplikasi.

Menggunakan aplikasi gratis juga dapat memperlambat Android karena banyak iklan tertanam di dalamnya.

7. Gunakan hanya 1 Aplikasi Antivirus

Jika Anda adalah pengguna yang percaya dengan fungsi antivirus pada smartphone Android, Anda harus mencatat bahwa. Hampir sama dengan sistem aplikasi bawaan, aplikasi antivirus terus berjalan di latar belakang.

Dampak dari RAM dan Anda membuang kinerja Android begitu lambat. Bayangkan jika Anda menginstal lebih dari satu aplikasi antivirus pada Android Anda, kan?

Jadi bagaimana menangani Android lambat, hanya menggunakan satu aplikasi antivirus. Tapi hal yang penting adalah untuk menginstal antivirus pada Android? harus memiliki banyak fitur untuk kebutuhan smarphone itu sendiri.

Jika kalian suka dengan artikel ini share ke teman - teman kalian supaya teman, kalian juga bisa memahami penyebab smartphone menjadi lemot  ,, Dan jangan lupa untuk berlangganan website Bospedia.com ya agar kalian mendapatakan informasi artikel menarik lainya.