ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

3 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Penjelasannya

3 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Penjelasannya - Iklan merupakan media pemberi informasi kepada khalayak umum. Iklan biasanya ditampilkan atau kita lihat pada media elektronik, media cetak maupun media massa seperti internet. Ada banyak jenis iklan berdasarkan tujuannya, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat.

Apa sih definisi atau pengertian iklan layanan masyarakat tersebut, kemudian apa tujuan dan manfaat dari penggunaan iklan layanan masyarakat? Pada artikel ini kita akan membahas secara detail penjelasan dati iklan layanan masyarakat.
3 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Penjelasannya
3 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Penjelasannya

Selain itu, di sini kita juga akan memberikan tiga contoh iklan layanan masyarakat beserta gambarnya dilengkapi dengan penjelasan masing-masing iklan layanan masyarakat tersebut. Sebelum masuk ke situ, mari ktia bahas terlebih dahulu pengertian iklan layanan masyarakat.

Apabila ingin melihat contoh iklan selain layanan masyarakat, silahkan lihat pada halaman contoh iklan promosi online beserta gambar.

Pengertian Iklan Layanan Masyarkat

3 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Penjelasannya - Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi moral atau untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap masalah yang ada di lingkungan sekitar, baik yang mengancam keselarasan pribadi maupun kaitannya dengan umum.
Iklan layanan masyarakat tidak memiliki tujuan komersil, artinya tidak ada sesuatu yang diperdagangkan atau diperjualbelikan dalam iklan tersebut. Iklan ini murni bertujuan untuk mengangkat kepedulian masyarakat dan biasanya instansi pemerintah yang kerap membuat iklan semacam ini di televisi.

Adapun beberapa kriteria dari iklan layanan masyarakat antara lain adalah sebagai berikut:
  • Tidak bertujuan untuk komersil
  • Tidak bersifat keagamaan atau kepercayaan tertentu
  • Tidak bersifat politis atau menonjolkan satu tokoh tertentu
  • Berwawasan nasional atau internasional
  • Ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya sekedar sekelompok golongan saja
  • Diajukan oleh organisasi yang telah diterima dan diakui seperti instansi pemerintah maupun perusahaan-perusahaan berskala besar
  • Dapat diiklankan, maksudnya tidak melanggar kode etik
  • Memiliki dampak dan kepentingan yang tinggi sehingga patut mendapat dukungan dari media maupun nasional

Khusus di Indonesia, tidak ada lembaga yang menaungi iklan layanan masyarakat (ILM), karena pada umumnya ILM dibuat secara mandiri oleh biro iklan yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan dan media pengiklan tertentu.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Ada banyak sekali contoh macam-macam iklan layanan masyarakat yang kerap kita jumpai di media dalam negeri. Beberapa contohnya bisa kita jumpai di instagram, berikut adalah contoh gambar iklan layanan masyarakat beserta teks, kata-kata dan kalimat penjelasannya secara lengkap.

1. Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok
Seperti yang kita ketahui bahwa rokok memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan, khususnya bagi mereka yang rutin dan telah kecanduan olehnya. Salah satu yang paling memiliki risiko tinggi apabila mengonsumsi rokok adalah ibu hamil, karena dia tidak hanya membahayakan nyawanya sendiri, melainkan juga janin dalam kandungannya.

Oleh karena itu pemerintah sangat gencar membuat iklan agar menjauhi rokok, agar berhenti merokok, supaya tidak melanjutkan merokok atau mengajak anak-anak muda untuk tidak mencoba rokok agar tidak kecanduan. Berikut adalah salah satu contoh iklannya.
 Sumber : instagram.com
 Sumber : instagram.com (contoh iklan layanan masyarakat bahaya merokok)

2. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Narkoba
Sama seperti rokok, narkoba juga dapat menimbulkan kecanduan bagi pemakainya. Bedanya, narkoba memiliki risiko kematian yang lebih tinggi, bahkan di seluruh dunia telah banyak orang yang meninggal hanya karena satu kali mencoba obatan berbahaya.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan seluruh negara di dunia sepakat untuk memerangi narkoba. Banyak negara telah melarang narkoba untuk masuk ke negaranya, beberapa memberikan hukuman mati bagi yang terbukti mengedarkan. Berikut adalah contoh iklan anti narkoba.
Sumber : instagram.com (Title + alt : contoh iklan layanan masyarakat bahaya narkoba)
Sumber : instagram.com (contoh iklan layanan masyarakat bahaya narkoba)

3. Iklan Layanan Masyarakat Belajar Demi Masa Depan
Di Indonesia kita diwajibkan untuk belajar selama 12 tahun, yakni mulai dari SD, SMP hingga SMA. Pendidikan di sekolah merupakan jalan untuk meraih masa depan. Apakah nantinya kita akan berbisnis, berdagang atau bekerja di sebuah perusahaan ternama, kita harus memiliki ilmu yang kompeten untuk bertahan.

Tidak hanya cukup dengan membaca doa sebelum dan sesudah belajar kristen, melainkan kita juga harus memiliki semangat untuk menuntut ilmu. Saat ini, di Indonesia masih ada beberapa anak yang putus sekolah karena mementingkan pekerjaan.

Tentu hal tersebut membuat pemerintah ingin agar anak-anak Indonesia, khususnya orangtua para anak tersebut menjadi lebih semakin peduli terhadap pendidikan agaranak-anak Indonesia dapat berkembang dan bisa meraih masa depan yang mereka inginkan. Berikut adalah contoh iklannya.
Sumber : youtube.com (Title + alt : contoh iklan layanan masyarakat bahaya merokok)
Sumber : youtube.com (contoh Iklan Layanan Masyarakat Belajar Demi Masa Depan)
Itulah beberapa contoh iklan layanan masyarakat, semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan semua apabila ingin belajar membuat gambar atau naskah iklan layanan masyarakat. Terimakasih.

Post a Comment

Post a Comment