Pengertian Interaksi Sosial , Faktor dan Syarat - Syarat Hubungan timbal balik antara individu dan kelompok

Bospedia.com - Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara, individu kelompok dan individu yang memiliki hubungan timbal balik dengan sekelompok lainnya

interaksi terjadi karena aksi dan reaksi, manusia memang memiliki berkelompok naluri suka berteman. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.


A. Faktor-faktor yang mendorong manusia untuk hidup bersama

1. Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya!

Memenuhi kebutuhan manusia mereka tidak memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi membutuhkan bantuan orang lain, seperti dalam makanan sehari-hari mereka makan nasi, kita harus mempekerjakan petani padi menghasilkan makanan pokok yaitu beras, dan petani menjual ke pedagang beras untuk mendapatkan uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka.

2. Membela diri / Mempertahankan diri 

Tanpa bantuan orang lain, manusia tidak akan mampu bertahan hidup bahkan, ada pepatah: "Dia yang memiliki teman, maka itu adalah harta" karena sebagian dari hasil sosialisasi manusia, beberapa pihak berpendapat bahwa teman juga bisa menjadi tempat untuk menentukan arah hidup.

Bayangkan jika Anda tidak memiliki teman, maka orang lain akan berpikir Anda adalah orang-orang kesepian, dan bagaimana orang dapat mengenali Anda?

Namun, ketika Anda bersama dengan sekelompok teman-teman, orang lain mungkin bisa memahami perilaku dan kata-kata Anda dengan teman-teman Anda.

Sebagai contoh, ada seorang pria yang sepak bola benar-benar gila, seolah-olah hidupnya adalah tergantung pada olahraga. Tapi untuk beberapa alasan dia tidak bisa bermain sepak bola. Jadi bagaimana kita bisa tahu gairah tentang sepak bola?

3. Meneruskan generasi atau keturunan

Untuk melanjutkan keturunan atau generasi manusia membutuhkan lawan jenis untuk melanjutkan generasinya.

Naluri manusia sebagai sifat penciptaannya adalah keinginan untuk mengenali dan berinteraksi dengan  lawan jenis sebaliknya. Lelaki akan merasa ganjil jika anda tidak cenderung kepada wanita yang di cinta. Begitu juga, wanita, hidup tanpa dia merasa terharu dan sunyi jika tidak selalunya keinginan untuk mengetahui lebih lanjut dalam seorang lelaki.

4. Antar Individu

Yang dimaksud dengan interaksi antara individu merupakan hubungan timbal balik individu dengan individu lainya.

Interaksi sosial individu dengan orang-orang yang, sangat sering, kita lihat pada kehidupan seharai - harinya ada banyak. Misalnya, interaksi sosial yang dilakukan antara pejabat negara seperti parlemen, dewan, presiden, atau wilayah untuk masyarakat umum (orang-orang). Hubungan mereka sangat dipengaruhi status sosial dan pernanan sosial biasanya di forum seperti resmi sebagai pemilik negara, sedangkan rincian, pemilik mengatakan orang-orang mereka (masyarakat).

5. Antara individu dan kelompok

Interaksi antara individu dengan kelompok hubungan timbal balik dengan kelompok
Ini adalah suatu peristiwa di mana orang-orang yang berpengaruh, rangsangan kepada orang lain.

Interaksi yang dimana kepentingan individu dalam kelompok merupakan suatu kesatuan, dan berhubungan dengan kelompok lain.
Sebagai contoh: orang berbicara, sedangkan seorang guru yang menegur pelajar yang terlambat.

6. Antar kelompok

Kelompok adalah dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama, interaksi, saling ketergantungan mereka dalam mencapai tujuan bersama, rasa dari masyarakat dan memiliki, memiliki standar dan nilai-nilai tertentu. Interaksi ini terjadi pada saat adanya hubungan timbal balik antar kelompok

Syarat - Syarat terjadinya interaksi sosial!

Syarat terjadinya interaksi sosial dan komunikasi adalah kontak, kontak yang dimaksud adalah hubungan dengan orang lain dan komunikasi pesan yang dikirim dan diterima antara dua atau lebih individu

Syarat pertama dari interaksi yang dua orang atau lebih yang melakukan interaksi sosial. Interaksi sosial jika hanya ada pada satu orang, orang yang menjadi objek penelitian psikologi. Dengan interaksi antara dua atau lebih akan ada kontak sosial dan komunikasi. Dalam bahasa interaksi sosial adalah alat penting untuk interaksi. Pada proses interaksi sosial yang kita dapat memahami setiap orang Priba yang berinteraksi dengan kami ketika kami berbicara.

Syarat kedua interaksi sosial adalah tujuan yang sama. Tujuan adalah sangat penting, karena bertujuan memperkuat persahabatan. Jika interaksi sosial yang dilakukan tanpa tujuan bersama maka interaksi ini tidak akan efektif.

Contohnya adalah ketika seseorang akan peduli yang membuat ventilasi menangis, jika orang-orang yang merespon dengan baik untuk mendengarkan dan mencoba untuk membantu membawa solusi untuk tujuan umum dari ventilasi akan tercapai. Tetapi jika orang yang mengundang kepercayaan tidak merespon dengan baik atau tidak mendengarkan orang-orang yang memiliki masalah ini kecewa bahwa tujuan bersama tidak akan tercapai.

Ok jika kalian suka dengan artikel ini share ke teman - teman kalian supaya teman kalian juga bisa mengetahui pengertian interaksi sosial ,, Dan jangan lupa untuk berlangganan website Bospedia.com ya agar kalian mendapatakan informasi artikel menarik lainya.