ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Hakikat dan Peranan Ilmu Kimia kelas 10 SMA/MA + Latihan Soal

Materi Hakikat dan Peranan Ilmu Kimia kelas 10 SMA/MA + Latihan Soal - Adik yang baik, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang sudah kakak susun, materi ini kakak ambil dari website resmi kemendikbud yang mana bisa dipelajari bersama teman teman. Oiya materi yang dibagikan merupakan materi Hakikat Ilmu Kimia dan Peranan Ilmu Kimia untuk adik adik kelas X SMA/MA beserta dengan latihan soal. Semangat!!

Materi Hakikat dan Peranan Ilmu Kimia kelas 10 SMA/MA
Materi Hakikat dan Peranan Ilmu Kimia kelas 10 SMA/MA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian akan mampu menjelaskan Hakikat Ilmu Kimia dan Peranan Ilmu Kimia dalam kehidupan.

B. Uraian Materi

Apakah yang ada didalam pikiran kalian ketika mendengar kata “Kimia” ? Apakah zat- zat yang berbahaya selalu berhubungan dengan racun atau ledakan ?. Kebanyakan orang pasti berpikiran seperti itu. Tanpa kita sadari, ilmu kimia tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya, kamu mandi menggunakan sabun, dan sarapan dengan minum susu . Coba kalian perhatikan gambar dibawah ini! Agar kalian lebih memahami ilmu kimia berikut akan dijelaskan secara terperinci hal-hal yang berhubungan dengan ilmu kimia.
Gambar 1.1 Produk – produk Kimia dalam Kehidupan Sehari - hari

1. Ilmu Kimia
Kimia (dari bahasa Arab, kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani khemeia). Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat serta perubahan. Materi adalah segala sesuatu yang memiliki masa dan memiliki volume, atau menempati ruang.

a. Susunan materi
Susunan materi yang dimaksud adalah tentang unsur, senyawa, dan campuran.
  • Unsur adalah zat paling sederhana yang sudah tidak bisa dibagi lagi, contohnya Na, H, O, Fe, dan C.
  • Senyawa adalah zat yang terbentuk dari gabungan beberapa unsur dengan perbandingan tertentu. Contoh senyawa adalah CO2, H2O, dan CaCO3.
  • Campuran adalah gabungan antara dua zat atau lebih di mana sifat penyusunnya tidak berubah. Contoh campuran adalah larutan gula, susu, air kanji, dan sebagainya

b. Struktur materi
Struktur materi menjelaskan tentang ikatan yang terjadi antaratom sampai terbentuk molekul unsur, molekul senyawa, atau ion.
  • Contoh molekul unsur adalah O2, N2, H2, dan P4. Contoh molekul senyawa adalah CO2, H2O, dan CaCO3.
  • Contoh ion adalah Na+, Cl–, dan Ca2+

c. Sifat materi
Sifat materi yang dimaksud lebih mengarah ke sifat-sifat kimia suatu zat, misalnya mudah terbakar, mudah mengalami korosi, mudah bereaksi dengan zat lain, dan sebagainya.

d. Perubahan materi
Perubahan materi dibedakan menjadi dua, yaitu perubahan fisik dan perubahan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru, contohnya lilin yang dibakar, es mencair, dan sebagainya. Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru akibat adanya reaksi kimia, contohnya besi berkarat, kayu dibakar menjadi abu, dan nasi menjadi basi.

Penggolongan materi secara garis besarnya bisa kalian lihat pada skema dibawah ini :

Gambar 1.2 Skema Penggolongan Materi

Hakikat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula.

2. Peranan Ilmu Kimia
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, baik dalam bidang informasi, komunikasi dan IPTEK. Ilmu kimia juga semakin berkembang secara siknifikan, ini ditandai dengan digunakannya ilmu kimia dalam produk-produk yang dihasilkan manusia, seperti : sabun, detergen, pasta gigi, sampo, kosmetik, obat, dan produk-produk yang dibutuhkan lainnya. Ilmu kimia juga sangat berpengaruh dan memiliki peran yang penting dalam perkembangan ilmu lain, seperti : geologi, pertanian, kesehatan dan dalam menyelesaikan masalah global. Peran ilmu kimia untuk membantu pengembangan ilmu lainnya seperti;
  • Pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya telah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi; logam maupun minyak bumi.
  • Pada bidang pertanian, analis kimia mampu memberikan informasi tentang kandungan tanah yang terkait dengan kesuburan tanah, dengan data tersebut para petani dapat menetapkan tumbuhan/tanaman yang tepat. Kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi dengan pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan Insektisida.
  • Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia cukup memberikan kontribusi, contohnya penemuan jalur perombakan makanan seperti karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat-obatan
  • Dalam bidang hukum ilmu kimia dibutuhkan ketika terjadi kejahatan- kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.

C. Rangkuman

  • Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu zat atau materi.
  • Hakikat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula
  • Ilmu kimia mempunyai peranan sangat penting dalam berbagai bidang diantaranya bidang kesehatan, pertanian, industri, biologi, arkeologi, maupun hukum.

D. Penugasan Mandiri

1. Lengkapi tabel dibawah ini untuk memperdalam pemahaman kalian tentang materi yang dipelajari didalam ilmu kimia !


2. Jelaskan satu contoh penerapan bidang ilmu kimia berikut!

E. Latihan Soal

Pilihlah jawaban yang paling benar !

1. Kata kimia berasal dari “al kimiya” yang artinya ....
A. Pembentuk materi
B. Perubahan materi
C. Penghasil materi
D. Penyusun materi
E. Penanganan materi
Pembahasan: 
Kimia (dari bahasa Arab, kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani khemeia)

2. Ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya adalah ....
A. Ilmu kimia
B. Ilmu forensik
C. Ilmu farmasi
D. Ilmu biologi
E. Volume
Pembahasan: 
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang materi yg meliputi struktur,susunan,sifat dan perubahan materi serta energi yg menyertai ialah Ilmu Kimia

3. Segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa disebut ….
A. Materi
B. Energi
C. Berat
D. Massa
E. Volume
Pembahasan: 
Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa

4. Sesuatu yang mencakup komponen – komponen pembentuk materi dan
perbandingan tiap komponen tersebut adalah …
A. Materi
B. Susunan materi
C. Struktur materi
D. Sifat materi
E. Energi
Pembahasan: 
Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang :
  • Susunan materi = mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut.
  • Struktur materi = mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling berikatan.
  • Sifat materi = mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi dipengaruhi oleh : susunan dan struktur dari materi tersebut.
  • Perubahan materi = meliputi perubahan fisis/fisika (wujud) dan perubahan kimia (menghasilkan zat baru).
  • Energi yang menyertai perubahan materi = menyangkut banyaknya

5. Contoh molekul unsur adalah ….
A. CO2
B. H2O
C. CaCO3
D. O2
E. OH-
Pembahasan: 
Molekul unsur adalah gabungan dua unsur atau lebih dengan jenis unsur yang sama, contoh: O2, N2, H2, dan P4.
Molekul senyawa adalah gabungan dua unsur atau lebih dengan jenis unsur yang berbeda, contoh: CO2, H2O, dan CaCO3.
Ion adalah Unsur yang mempunyai muatan positif atau negative, contoh: Na+, Cl–, dan Ca2+

6. Berikut ini merupakan bentuk materi, kecuali …
A. Unsur
B. Golongan
C. Senyawa
D. Campuran
E. Semua benar
Pembahasan: 
Golongan bukan merupakan suatu bentuk materi

7. Sifat yang tergantung pada bentuk, ukuran, dan jumlah zat adalah..
A. Biologis
B. Fisis
C. Intensif
D. Ekstentif
E. Kimia
Pembahasan: 
Sifat Ekstensif adalah sifat materi yang Dipengaruhi Ukuran, Bentuk dan Jumlah Zat (Materi).
Beberapa contoh : Masa, Volume

8. Sifat yang tidak ditentukan oleh bentuk, ukuran , dan jumlah zat adalah …
A. Biologis
B. Fisis
C. Intensif
D. Ekstentif
E. Kimia
Pembahasan: 
Sifat intensif tidak bergantung pada jumlah dan ukuran zat, sedangkan sifat zat yang bergantung pada jumlah dan ukuran zat
disebut sifat ekstensif

9. Di bidang pertanian, ilmu kimia digunakan untuk? Kecuali…
A. Membuat pupuk
B. Membuat plastik
C. Membuat tanaman lebih subur
D. Membuat tanaman lebih rindang
E. Menghilangkan hama
Pembahasan: 
Dalam pertanian kimia tidak dapat untuk membuat plastik, untuk membuat plastik ilmu kimia diterapkan dalam bidang industri

10. Dalam industri pangan, ilmu kimia digunakan untuk meningkatkan mutu pangan. Zat yang dipakai untuk mengawetkan makanan adalah …
A. Benzoat
B. Propionat
C. Ganja
D. Kecap
E. Gula
Pembahasan: 
Zat kimia untuk mengawetkan makanan yang masih diperbolehkan di indonesia adalah : kalsium benzoat, asam benzoat, sulfur dioksida, kalium nitrit, kalsium propionat
kalsium metasulfat, asam sorbat

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Hakikat dan Peranan Ilmu Kimia kelas 10 SMA/MA + Latihan Soal ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 
#
Materi Hakikat dan Peranan Ilmu Kimia   File ini dalam Bentuk .PDF File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


      Pencarian yang paling banyak dicari
      • hubungan ilmu kimia dengan ilmu lain
      • hakikat ilmu kimia
      • cabang ilmu kimia
      • bidang ilmu kimia
      • hakikat ilmu kimia pdf
      • manfaat ilmu kimia
      • manfaat mempelajari ilmu kimia
      • hakikat ilmu kimia adalah
      • pdf, 2018,2019,2020,2021,2022
      Post a Comment

      Post a Comment