ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

6 Tips Berinvestasi Bagi Mahasiswa

6 Tips Berinvestasi Bagi Mahasiswa - Untuk mahasiswa yang tertarik berinvestasi, ketahuilah berbagai tips berinvestasi bagi mahasiswa terlebih dahulu. Dengan mengetahui tips seputar investasi tersebut tentunya kita pun bisa lebih leluasa dan percaya diri saat menjalankannya. Meski begitu, tidak sedikit mahasiswa yang enggan untuk memulai investasi sejak dini. Sebab secara umum, kegiatan investasi ini dilakukan oleh para investor yang telah memiliki penghasilan tetap dari pekerjaannya sendiri.

6 Tips Berinvestasi Bagi Mahasiswa
6 Tips Berinvestasi Bagi Mahasiswa

Sehingga tidak sedikit mahasiswa yang beranggapan bahwa memulai investasi diperlukan modal yang besar, untuk mendapatkan keuntungan yang sama. Sedangkan umumnya mahasiswa memiliki penghasilan berupa uang jajan, pekerjaan sambilan dan lainnya.

6 Tips Berinvestasi Bagi Mahasiswa

Padahal, setiap mahasiswa yang ingin berinvestasi bisa memulainya dari uang jajan, pekerjaan sambilan, ataupun dari sumber lainnya. Karena investasi untuk mahasiswa ini dilakukan secara bertahap, sesuai kemampuan, dan tidak harus dengan modal besar. Karenanya untuk kalian yang masih ragu melakukan investasi, simak beberapa tips berinvestasi untuk mahasiswa berikut ini:

1. Mempelajari Investasi

Modal pengetahuan seputar investasi tak kalah penting dari modal uang. Sehingga mempelajari investasi ini sangat penting dilakukan oleh setiap mahasiswa yang ingin menggelutinya. Pengetahuan seputar investasi ini bisa diperoleh secara berkala dengan mempelajarinya dari berbagai sumber.

Misalnya saja kalian bisa mempelajari investasi dari berbagai buku hingga dari internet. Banyak informasi seputar investasi yang bisa dengan mudah diakses sekarang ini. Buku-buku seputar investasi pun banyak beredar di Toko Buku baik secara offline hingga online.
 
2. Memprioritaskan Kebutuhan

Memprioritaskan kebutuhan sangat penting, daripada berinvestasi namun tidak bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri. Maka, kalian harus memastikan bahwa berbagai kebutuhan sudah terpenuhi sebelum penghasilan yang dimiliki digunakan untuk berinvestasi.

Contohnya, pastikan bahwa uang yang dimiliki diprioritaskan terlebih dahulu untuk membayar kos, untuk makan sehari-hari dan lain sebagainya. Setelah kebutuhan terpenuhi, barulah persiapkan modal untuk berinvestasi.
 
3. Menentukan Tujuan Investasi

Sebelum memilih berinvestasi, kalian harus menentukan tujuan dari investasi tersebut. Jangan sampai berinvestasi karena iming-iming keuntungan yang besar saja tanpa adanya tujuan lain selain meraup banyak uang.

6 Tips Berinvestasi Bagi Mahasiswa Paling Sederhana

Karena tentu investasi bukan soal keuntungan saja. Sebab itulah, kalian harus bisa menentukan tujuan dari investasi ini. Misalnya untuk apa keuntungan yang nanti didapatkan, berapa lama kalian akan berinvestasi, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, banyak mahasiswa yang memiliki tujuan investasi untuk belajar, ada yang ingin membeli berbagai barang, ada yang bertujuan agar uangnya tidak terdampak inflasi dan lain  sebagainya.

Karena itu tadi, setiap mahasiswa memiliki tujuan investasi masing-masing. Karenanya, kalian membutuhkan tujuan investasi yang tepat. Dengan begitu kalian bisa lebih mudah untuk memantapkan diri dalam berinvestasi dan juga dalam mengevaluasi setiap prosesnya.

4. Mempersiapkan Modal

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kalian harus memastikan bahwa modal untuk berinvestasi telah cukup. Sebab itulah modal untuk investasi ini harus dipersiapkan dengan seksama dan dengan penuh perhitungan. Ada banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan modal untuk investasi, berbagai referensi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa dapat dilihat di sini

Nah, kalian bisa mempersiapkan modal yang disesuaikan dengan jenis investasi yang telah dipilih. Setelah itu hitung modal yang dibutuhkan, lalu tanamkan modal tersebut pada instrumen investasi yang dipilih.

Modal untuk investasi mahasiswa umumnya bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah sesuai kebutuhan. Tentunya modal setiap mahasiswa bisa berbeda, tergantung dari uang saku atau penghasilan lain yang dimilikinya.
 
5. Memulai dari Modal Kecil

Perlu digaris bawahi bahwa setiap investasi bukan hanya tentang potensi keuntungan, melainkan tentang risiko kerugian. Dalam investasi semakin tinggi potensi dari keuntungan maka akan semakin besar risiko kerugiannya.

Risiko investasi ini bisa saja membuat kalian kehilangan sebagian atau bahkan seluruh modal investasi. Maka dari itu, kalian bisa mulai berinvestasi dari modal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya dengan modal kurang dari 1 juta.

Karena kondisi modal setiap mahasiswa berbeda, kalian bisa menyesuaikannya dengan modal masing-masing. Tidak harus kurang dari 1 juta, memulai dari 500 ribu pun sudah
terbilang cukup besar. Selain itu, hal ini bisa melatih kebiasaan dan cara kalian dalam mengelola risiko.
 
6. Percaya Diri

Meski masih berstatus sebagai mahasiswa kalian harus percaya diri dengan investasi yang akan dilakukan. Karena investasi bisa dilakukan oleh siapa saja dari kalangan apa saja. Justru dengan berinvestasi sejak dini, bisa menjadikan kalian semakin handal di bidang ini.

Jangan ragu untuk melakukan investasi yang sudah kalian perhitungkan sebelumnya. Percaya dirilah dengan setiap keputusan yang akan diambil. Setidaknya dengan memiliki kepercayaan pada diri sendiri, investasi yang dijalankan bisa berjalan dengan baik apapun hasilnya.
 
Mempersiapkan Investasi Secara Tepat Dan itulah tadi beberapa tips berinvestasi bagi mahasiswa yang sangat mudah untuk dilakukan. Kalian bisa mempelajari tips di atas terlebih dahulu sebelum memutuskan berinvestasi. Karena setiap investasi membutuhkan persiapan yang tepat untuk hasil yang baik.
Post a Comment

Post a Comment