-->
ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan  Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Komponen Evaluasi Usaha, Permasalahan Serta Solusi Usaha Dan Langkah Pengembangan Usaha Kerajinan  dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan  Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan  Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA

Materi ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang analisis proses evaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan yang meliputi komponen evaluasi hasil usaha, permasalahan usaha dan solusinya, langkah pengembangan usaha kerajinan Materi analisis proses evaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Bisnis : kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba 
  • Branding : proses pengelolaan merek sebuah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan ekuitas merek dalam jangka panjang 
  • Evaluasi :  kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal 
  • Mentor : pemberi materi kepada orang lain untuk mengajarkan beberapa hal baru 
  • Inovasi : proses hasil pengembangan dan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) serta pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial). 
  • Produk : barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan 
  • Kinerja : hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa mampu untuk: 
  1. Memahami komponen evaluasi hasil usaha  
  2. Menjelaskan permasalahan usaha dan solusinya 
  3. Memahami langkah pengembangan usaha kerajinan  

B. Uraian Materi 

1. Evaluasi Hasil Usaha 









Evaluasi usaha adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi. Suatu  usaha dikatakan  berhasil  apabila dapat  memenuhi  kewajiban membayar bunga modal,  alat-alat luar yang digunakan,  upah  tenaga kerja  luar serta sarana produksi yang lain dan  termasuk kewajiban  pada pihak  ketiga. 
 
Evaluasi usaha harus dilakukan terus menerus dan berkesinambungan. Evaluasi berangkat dari kegiatan montoring setiap proses dalam usaha yang dijalankan, dari hasil monitoring dapat dibuat analisis kemajuan, kemunduran dan pencapaian apa yang sudah dilaksanakan. Evaluasi dan monitoring bagi seorang enterpreneur sekaligus menjadi sarana belajar dan proses mengupgrade diri. Dalam proses ini bisa jadi ditemukan hal-hal baru dan strategi baru mencapai sukses bisnis. 
 
Tujuan evaluasi usaha adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan sebuah usaha, apakah usaha tersebut berjalan sesuai rencana dan akan memberikan hasil seperti yang diharapkan. Anak-anak, sekarang kalian telah paham kan dengan apa yang dimaksud dengan evaluasi usaha beserta manfaatnya bagi sebuah usaha. Nah, kita kan belajar lebih dalam lagi pada penjelasan berikut ini, simak terus ya anak-anak. 
           

2. Permasalahan Dalam Usaha Dan Solusinya 

Anak-anak, dalam menjalankan  sebuah bisnis, pasti kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah. Banyak pengusaha yang bertahan dan menghadapi masalah tersebut, ada juga yang memutuskan untuk berhenti atau beralih ke bisnis lainnya. Pengusaha yang bertahan dan mencoba mencari solusi biasanya akan meraih kesuksesan di depan.  
 
Lalu apa saja masalah bisnis yang biasanya datang menghampiri pengusaha dan bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya? Yuk kita belajar bersama agar kelak kalian menjadi seorang pengusaha atau wirausahawan yang tangguh dalam menghadapi berbagai macam masalah 

a. Waktu 

Waktu adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi pengusaha. Banyak pengusaha yang tidak bisa membagi waktunya dengan baik sehingga menyebabkan masalah bisnis lainnya seperti telat meeting yang bisa menyebabkan kehilangan klien, atau jatuh sakit karena terlalu banyak memikirkan 
https://bit.ly/3gHnqWo pekerjaan. Untuk itu, seorang pengusaha harus mulai menerapkan manajemen waktu yang baik dengan mencoba membuat jadwal harian agar semua rencana pada hari itu dapat berjalan dengan baik. Nah, artinya waktu dan pengaturan dalam memanfaatkanmya itu sangat berharga bagi seorang pengusaha. 

b. Kurang Percaya Diri 

Banyak pengusaha yang kurang percaya diri untuk mengakui bahwa ia memiliki sebuah bisnis. Hal ini biasanya terjadi ketika kita baru memulai bisnis karena kurang percaya diri inilah pengusaha jadi tidak mudah dikenal oleh orang lain. Padahal dengan percaya diri yang tinggi, kalian secara tidak langsung dapat melakukan branding terhadap diri sendiri 
sebagai pengusaha yang menjual produk atau Sumber : https://bit.ly/3bdOMCi jasa tertentu sehingga produk yang dijual lebih mudah dikenali orang lain. Lalu bagaimana dengan kalian?, apakah kalian termasuk orang yang kurang percaya diri, atau orang dengan rasa percaya diri yang tinggi?. 

c. Tidak Adanya Dukungan Keluarga 

Beberapa orang masih berpikir berbisnis itu bisa memberikan kerugian besar. Hal inilah yang membuat banyak keluarga tidak mendukung anggota keluarganya memulai bisnis. Padahal, dukungan keluargalah yang dapat mendorong menjalankan sebuah bisnis. Fokus dalam mengelola bisnis dengan baik membuat keluarga akan melihat bahwa kalian serius dalam menjalankan bisnis 

d. Pindah Bidang Bisnis 

Ada beberapa pengusaha yang mudah menyerah ketika mendapati bisnisnya sepi dan tidak berkembang. Misalnya kalian menjual sepatu dan sepi pesanan, lalu pindah ke bisnis furniture/mebel tapi ternyata tidak berkembang, kemudian kalian pindah lagi ke bisnis lainnya. Hal inilah yang sebenarnya membuat bisnis kalian tidak berkembang. Jika bisnis yang kalian miliki sepi dan tidak berkembang, yang harus kalian lakukan adalah fokus dan pikirkan strategi baru untuk mengembangkan bisnis. 

e. Perang Harga 

Dalam dunia usaha dan bisnis, banyak pesaing usaha yang berani memberikan harga lebih murah, sehingga membuat kita juga ingin menurunkan harga jual. Padahal dengan menurunkan harga, otomatis margin keuntungan yang didapat menjadi kecil.  Sumber : https://bit.ly/32KRVFI  
Jadi untuk keluar dari masalah ini, jangan pernah menurunkan harga, tapi cobalah memberikan harga yang cocok sesuai dengan kualitas barang kita. Berikan pelayanan yang terbaik yang dapat membuat pelanggan menjadi puas. Mengapa begitu? Karena tidak semua konsumen menginginkan harga yang murah, tapi ada juga konsumen yang mencari produk atau barang dengan kualitas bagus dan bisa memberikan kenyamanan dalam berbelanja. Jadi berlatihlah menjadi usahawan yang dapat memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan. 

f. Manajemen Keuangan yang Buruk 


Keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dikelola dengan bijak untuk kelangsungan perusahaan. Jika keuangan tidak dikelola dengan baik, pendapatan dan pengeluaran tidak akan terkontrol, sehingga bisa menyebabkan kebangkrutan. Dengan manajemen keuangan yang baik, dapat dengan mudah membuat perencanaan, memonitor dan mengontrol keuangan, hingga mengatur modal kerja. Untuk menerapkan manajemen keuangan yang baik, kalian membutuhkan laporan keuangan yang tepat. Oleh karena itu, kalian membutuhkan sistem akuntansi yang handal dalam menjalankan usaha/bisnis kalian.  

3. Langkah- langkah Pengembangan Usaha  

Usaha yang telah kita miliki tidak akan mampu mencapai target seperti yang kita harapkan jika kita tidak mampu untuk mengembangkannya. Dibawah ini kita kan belajar bagaimana langkah dan cara kita untuk dapat mengembangkan usaha yang kita miliki, yuk kita simk bersama: 

a. Well organized 

 
Pengaturan atau pengorganisasian yang terencana akan banyak membantu kita dalam menyelesaikan berbagai tugas. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan membuat daftar kerja atau to do list. Buatlah daftar kerja berdasarkan prioritas atau tingkat kepentingan, kemudian berilah tanda jika suatu tugas sudah selesai. Dengan demikian maka kita dapat memastikan tidak ada tugas yang terlewatkan. 

b. Mencatat berbagai hal secara menyeluruh


Sebuah bisnis hendaknya memiliki rekaman proses bisnisnya secara menyeluruh atau detail. Data yang menyeluruh ini akan sangat membantu kita untuk meninjau perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengembangkan strategi baru. 

c. Menganalisa kompetitor bisnis 

Kompetisi atau persaingan memang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses usaha. Namun dengan adanya kompetisi ini maka akan mendorong pengusaha untuk terus melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan terbaru. Jangan takut untuk belajar dari kompetitor kita. Bisa jadi kompetitor memiliki strategi atau langkah yang bisa menginspirasi kita dalam mengembangkan usaha. 

d. Pahami Resiko 

Setiap bisnis pasti memiliki resiko. Tapi dengan melakukan penghitungan resiko yang tepat, maka kita dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan memahami resiko yang mungkin terjadi, maka akan membuat kita lebih siap menghadapinya. 

e. Berpikir Kreatif 

 
Gunakan daya imajinasi kalian untuk mengerjakan berbagai hal secara kreatif. Kreatifitas sangat dibutuhkan dalam sebuah perjalanan usaha, demi memenangkan kompetisi pasar. Berpikir keatif dengan bersedia menampung ide-ide segar, terus menambah wawasan untuk mengembangkan usaha. 

f. Fokus                                          

 
Saat kita membangun sebuah bisnis atau usaha, banyak hal yang harus kita kerjakan agar bisnis kita terus tumbuh. Tetap fokus pada tujuan dan target yang  akan kita capai akan membuat kita dapat mengelola bisnis atau usaha dengan baik.   

g. Berkorban 

Dibutuhkan sebuah perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa agar sebuah usaha dapat berkembang dengan pesat. Mengorbankan waktu istirahat, kenyamanan, kesenangan sendiri merupakan bentuk dari pengorbanan. Namun, setelah kita dapat menemukan ritme bisnis yang tepat, maka perlahan-lahan kita  dapat membangun keseimbangan antara kehidupan pribadi kita dengan bisnis. 

h. Pelayanan Yang Baik

Mengelola bisnis tidak hanya semata-mata mengutamakan masalah mutu produk saja. Hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah layanan pelanggan. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen kita akan terus kembali menggunakan produk kita.  

i. Konsisten                                  


Konsistensi merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Saat kita melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam perusahaan secara konsisten, meskipun hal yang sederhana, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan kita pada kesuksesan di masa datang. Konsisten dalam berperilaku baik akan membentuk kebiasaan yang positif pula. 

C. Rangkuman 

Dari apa yang telah kita pelajari dalam uraian materi diatas, dapat kita simpulkan beberapa poin dalam modul ini, yaitu: 
 
  1. Evaluasi Usaha adalah Suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi. 
  2. Permasalahan yang sering muncul dan membutuhkan solusi agar usaha yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang kita harapkan meliputi: 
    • Waktu 
    • Tidak adanya dukungan keluarga 
    • Pindah bidang bisnis 
    • Perang harga  
    • Managemen keuangan yang buruk 
  3. Langkah langkah pengembangan usaha meliputi: 
    • Well organized. 
    • Mencatat berbagai hal secara menyeluruh. 
    • Menganalisa kompetitor bisnis. 
    • Pahami resiko. 
    • fokus 
    • Berpikir kreatif.  
    • Berkorban.  
    • Pelayanan yang baik.  
    • Konsisten. 

D. Penugasan Mandiri  


Keluargamu memiliki usaha kerajinan keluarga yaitu aksesoris tradisional dari daerahmu. Aksesoris ini telah terkenal dan banyak peminatnya baik didalam dan diluar kota. Usaha kerajinan keluarga ini telah dirintis oleh kakekmu. Aksesoris tradisional produksi usaha keluargamu ini memiliki bentuk yang unik, bahan ramah lingkungan dan harganya sangat murah. Tidak heran jika banyak sekali pedagang dan konsumen langsung yang membelinya setiap hari. Pendapatan usaha keluargamu ini  juga semakin meningkat dengan seiringnya waktu. Kakekmu sudah tua, sudah tidak dapat melanjutkan usaha keluarga ini. Kakek hanya memiliki dua orang anak yaitu ayah dan pamanmu. Ayahmu tinggal bersama kakek sedangkan pamanmu tinggal diluar kota dan memiliki pekerjaan tetap disana. Kakek dan pamanmu ingin agar usaha keluarga ini dilanjutkan oleh ayahmu, namun ayahmu menolak karena merasa tidak memiliki pengalaman dalam mengelola usaha keluarga ini. Usaha kerajinan aksesoris tradisional milik keluargamu akhir-akhir ini jarang berproduksi. Hal ini membuat banyak pedagang dan konsumen setia kecewa, tak jarang setiap hari masih banyak pedagang dan konsumen yang datang langsung ataupun menelepon untuk menayakan tentang aksesoris ini.  
 
Kamu menyayangkan keadaan usaha keluargamu ini, modal, pembeli dan peminat masih sangat banyak dan tetap menunggu. Kamu tidak ingin usaha keluargamu ini tutup karena telah mendapatkan hati dan kepercayaan dari konsumen. Kamu ingin menyelamatkan usaha keluargamu ini. Nah, untuk itu lakukanlah : 
  • evaluasi usaha untuk menggali permasalahan yang terjadi, 
  • carilah solusi dari permasalahan yang kamu dapatkan 
  • tentukan langkah-langkah pengembangan usaha apa yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan dan meningkatkan usaha kerajinan tradisional keluarga  

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan evaluasi usaha? 
  2. Jelaskan permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi usaha? 
  3. Sebutkan langkah-langkah pengembangan usaha? 
Kunci Jawaban dan Pembahasan 
1. Evaluasi usaha adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi. 
 
2. Permasalahan yang sering muncul dan membutuhkan solusi agar usaha yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang kita harapkan meliputi: 
a. Waktu 
b. Tidak adanya dukungan keluarga 
c. Pindah bidang bisnis 
d. Perang harga  
e. Managemen keuangan yang buruk 
 
3. Langkah langkah pengembangan usaha meliputi: 
a. Well organized 
b. Mencatat berbagai hal secara menyeluruh 
c. Menganalisa kompetitor bisnis 
d. Pahami resiko 
e. Fokus 
f. Berpikir kreatif. 
g. Berkorban  
h. Pelayanan yang baik 
i. Konsisten 
 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan  Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
 Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • evaluasi hasil usaha adalah
    • contoh evaluasi usaha kerajinan
    • proses evaluasi hasil kegiatan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani
    • jelaskan lima faktor evaluasi hasil usaha produk kerajinan
    • metode dalam evaluasi usaha
    • evaluasi kegiatan usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi
    • hasil usaha dari kerajinan
    • perencanaan tindak lanjut hasil evaluasi usaha