ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Mempelajari Sebuah Problem (Permasalahan) Menjadi Sebuah Solusi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Mempelajari Sebuah Problem (Permasalahan) Menjadi Sebuah Solusi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Mempelajari bagaimana merubah sebuah problem (permasalahan) menjadi sebuah solusi dan peluang yang menarik dan menguntungkan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Mempelajari Sebuah Problem (Permasalahan) Menjadi Sebuah Solusi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Mempelajari Sebuah Problem (Permasalahan) Menjadi Sebuah Solusi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Pernahkah kalian bermimpi memiliki sebuah usaha di usia dini?atau bahkan memiliki citacita menjadi sebuah entrepreneur/wirausahawan?. Dapatkah limbah barang rumah tangga yang berada disekitar kita dimanfaatkan menjadi sebuah barang yang bermanfaat dan menguntungkan? Modul ini selain berfungsi sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) juga dapat digunakan sebagai media pendukung dan latihan dalam membangun dan mewujudkan usaha kalian khususnya memanfaatkan limbah barang berbentuk ruang seperti botol bekas.  

Materi dalam modul ini mengulas segala sesuatu dalam membangun usaha meliputi proses menemukan ide dan peluang usaha, memilih sumber daya yang tepat, administrasi pendukung usaha serta bagaimana merencanakan pemasaran dan tentunya memanfaatkan limbah barang disekitar kalian. 

Dalam mempelajari dan menggunakan modul ini kalian harus cermat dalam membaca dan mempelajari materi, karena setiap bagian dalam modul berisi langkah-langkah dalam merencanakan dan memulai usaha kalian dalam memanfaatkan limbah barang berbentuk bangun ruang. Semoga kalian dapat menerapkan modul ini sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan kalian. 

Istilah

  • Perencanaan : Proses yang mendefinisikan sebuah tujuan meliputi strategi, aktivitas kerja hingga pengembangan yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. 
  • Brand : Brand/Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 {tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. https://dgip.go.id/pengenalanmerek 
  • Branding : Branding sebagai pengembangan dari brand itu  sendiri memiliki arti memperkuat brand/merek produk ataupun jasa sehingga tertanam dipikiran konsumen dan calon konsumen. 
  • Ide : Sebuah pemikiran atau saran yang memungkinkan untuk diwujudkan/dilakukan. 
  • Passion : Passion secara definisi dapat diartikan sebagai sebuah kekuatan emosi yang kuat dan hampir tidak bisa dikendalikan sehingga mendorong manusia untuk melakukan sesuatu dengan ikhlas dan luhur tanpa paksaan. 
  • Usaha : Kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup demi mendapatkan kesejahteraan. 
  • Peluang Usaha : Kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. 
  • Sumber Daya : Segala sesuatu yang berfungsi menunjang sebuah usaha. 
  • Administrasi : Suatu proses atau aktivitas dalam menjalankan Usaha, organisasi, dll. 
  • Pemasaran : Suatu aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi untuk menyebarluaskan informasi melalui proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum demi memperoleh keuntungan dengan melalui beberapa strategi yang diterapkan. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat menggali peluang usaha  kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada disekitar kalian. 

B. Uraian Materi 

Pernahkah terpikir oleh kalian bahwa “Seblak” makanan yang popular di tahun 2000an hingga saat ini berasal dari sebuah masalah? Seblak memiliki bentuk yang sangat mirip dengan camilan rakyat di daerah Sumpuih Banyumas yang bernama krupuk godog ('godog' berarti rebus) dan sudah mulai dikenal masyarakat sejak tahun 1940an. Kedua makanan tersebut tercipta karena sebuah permasalahan, yaitu kondisi dimana tidak ada bahan lain untuk dapat dimasak sebagai sayur ataupun lauk, dan salah satu cara adalah dengan memanfaatkan sisa kerupuk yang tidak digoreng atau dimakan yang diolah menjadi masakan pengganti sayur dan lauk. Hingga sekarang seblak menjadi salah satu produk usaha yang menarik dan banyak peminat, ini terbukti dengan banyaknya warung yang menjajakan makanan tersebut. 

Proses adaptasi manusia dalam masalah ini adalah bukti bagaimana kita mampu dalam memecahkan masalah. Karena sejatinya di dalam sebuah masalah pasti ada peluang, “Masalah itu peluang besar”. Masalah dapat didefinisikan sebagai kondisi dimana seseorang yang terdorong untuk melakukan tindakan/ bereaksi terhadap sesuatu kondisi tersebut. Didalam dunia usaha yang begitu sangat kompetitif di masa sekarang ini, kita harus dapat dengan cermat dan jeli dalam melihat peluang dan masalah disekitar kita. Akan selalu ada peluang yang tersembunyi didalam sebuah masalah walaupun mungkin prosentasenya sangat kecil.  
“Jangan menyerah. Hari ini keras, besok akan semakin berat, tetapi lusa akan indah”. 
-Jack Ma 

Apa itu Peluang Usaha? 

Peluang Usaha adalah "Kesempatan baik" yang ada atau tersedia untuk produk usaha yang akan dijual. Sebuah "ide Usaha" adalah konsep tentang kemungkinan sebuah usaha. Sebuah "peluang Usaha" adalah Ide Usaha yang telah terbukti layak setelah dievaluasi dan dibandingkan dengan yang lainnya. Tidak semua ide Usaha adalah peluang Usaha. Misalnya, seseorang dapat memiliki Usaha Ide untuk membuat sebuah kerajinan lampu dari bahan botol palstik bekas, tetapi ini mungkin bukan peluang Usaha karena akan mungkin tidak pasar kerajinan lampu hanya terbatas. Akibatnya, gagasan lain perlu dieksplorasi agar dapat dieksekusi menjadi sebuah usaha. 

Apa Kekuatan Ide Usaha? 

Seperti yang dibahas di kegiatan pembelajaran 1 bahwa untuk mengeksplorasi ide Usaha dan mengidentifikasi menjadi peluang, kalian harus mengumpulkan pengetahuan tentang kemungkinan dari usaha tersebut. Mulailah menghasilkan sejumlah ide Usaha dan kemudian mencari semua informasi yang mungkin terkait dengan usaha tersebut sehingga mkalian dapat mengidentifikasi dan memilih peluang terbaik untuk dieksekusi dan inilah cara Usaha terbaik. Ini juga membantu kalian dalam belajar menjadi wirausahawan mempelajari kekuatan dan kelemahan produk dan  peluang yang telah kalian identifikasi, hal ini menentukan kualitas Peluang Usaha yang Baik. 

Melihat Peluang di setiap Masalah 

Cobalah untuk berkunjung ke daerah wisata pada akhir pekan atau libur sekolah, ketika kalian menuju kesana dan terjebak dalam kemacetan, berapa banyak pedagang yang berada disekitar lokasi tersebut? Mereka semua mencoba mengambil peluang dan kesempatan dalam masalah kemacetan tersebut untuk menjajakan barangnya. Dalam melihat peluang yang ada kita harus dapat membuat keputusan yang cepat untuk melakukan aksi, karena seperti pepatah mengatakan kesempatan tidak dapat dua kali. 

Hampir di setiap hari kita dituntut untuk membuat keputusan-keputusan. Salah satu tujuan keputusan adalah untuk memilih yang terbaik untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Ketika keputusan ini dipilih dalam bidang usaha maka hasilnya akan dapat meningkatkan pencapain usaha kita. 

Salah satu hal yang dapat di lakukan dalam melihat peluang disekitar kalian adalah dengan melakukan proses tahap Empathize dalam Design Thinking. Kalian dapat menuliskan segala permasalahan yang terjadi atau mungkin terjadi disekitar kalian. 

Dalam membangun usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang kita dapat memulainya dengan menuliskan permasalahan yang muncul akibat limbah tersebut. Kita ambil contoh limbah botol kecap, berapa banyak limbah botol kecap yang dihasilkan setiap hari hingga bulan di area tempat tinggal kalian, andaikan setiap rumah menghasilkan 1 limbah botol kecap setiap bulan sedangkan jumlah total tempat tinggal disekitar kalian berjumlah sekitar 40 rumah maka dapat dipastikan ada 40 limbah botol kecap yang dihasilkan setiap bulannya. Lalu kemanakah botolbotol tersebut dibuang? Apakah limbah tersebut dapat dimanfaatkan kembali? Apakah limbahnya justru merusak lingkungan atau bahkan melukai orang yang menginjaknya karena pecah? Mulailah menggali segala bentuk permasalahan tersebut dan lakukan tahap Define dalam Design Thinking. 

Jenis-jenis limbah  berbentuk bangun ruang 

Kehidupan manusia yang berlangsung hampir setiap hari  secara tidak sadar menghasilkan jutaan limbah baik berbentuk bangun datar maupun berbentuk bangun ruang, belum lagi ditambah dengan limbah berbentuk cair dan lainnya. Jenis-jenis limbah dalam bentuk bangun ruang yang kemungkinan dapat dimanfaatkan antara lain: 

1. Limbah Botol Plastik 

Limbah jenis ini paling banyak kita temukan disekitar kita bahkan sudah menjadi hal yang mengkhawatirkan jika dilihat kedalam pencemaran lingkungan, karena limbah jenis ini tidak dapat diuraikan. Maslah ini dapat kita rubah menjadi sebuah peluang usaha, sebagai bahan yang banyak ditemui dan sering dianggap kurang bermanfaat, limbah jenis ini dapat dipilih sebagai pilihan usaha kerajinan. 

2. Limbah Botol Kaca 

Seperti dicontohkan sebelumnya limbah botol juga dapat dijadikan pilihan dalam membangun usaha kerajinan. 

3. Limbah Karet Ban 

Dengan bertambahnya produksi kendaraan bermotor maka limbah jenis ini juga senantiasa meningkat, limbah jenis ini dapat mengotori lingkungan karena biasanya hanya dibuang dan dibakar. Permasalahan ini dapat kita selesaikan dengan menjadikannya peluang usaha kerajinan dengan bahan limbah karet ban. 

4. Limbah Styrofoam/Gabus 

Limbah jenis ini banyak menimbulkan permasalahan di kota besar, mulai dari banjir hingga pencemaran lingkungan lainnya. Gabus banyak digunakan karena sifatnya yang dapat melindungi barang elektronik dari getaran yang berlebih yang dapat merusak barang tersebut. Limbah jenis ini sulit untuk hancur dan diurai oleh tanah, kita dapat memanfaatkan limbah jenis ini untuk kerajinan mainan anak. 


5. Limbah Kaleng 

Perkembangan teknologi kemasan juga mempengaruhi jenis bahan pembuatnya, salah satunya adalah alumunium. Botol minuman yang awalnya berbahan tanah liat berkembang ke bahan besi, kaca dan sekarang besi alumunium dalam bentuk kaleng. Di kota besar hampir setiap hari kemasan dalam bentuk kaleng ini dibuang kedalam tong sampah, walaupun dapat diurai namun limbah jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Limbah jenis ini pun dapat kita manfaatkan sebagai bentuk usaha kerajinan. 


6. Limbah Logam 

Bahan logam adalah salah satu bahan yang mengandung merkuri, dimana dampak terhadap tubuh manusia dapat sangat berbahaya. Limbah-limbah jenis ini dapat kita temui disekiar kita, seperti bekas penggorengan, panci, lemari besi, dsb. Kita juga dapat memanfaatkan jenis limbah ini untuk membuat usaha produk kerajinan. 

7. Limbah dari Tumbuhan (Bunga kering, Tempurung Kelapa, Kayu, Akar Tanaman dan Hewan (Tulang Ikan, Tulang Sapi, Kulit Kerang, dsb) 

Berbeda dengan limbah-limbah sebelumnya, limbah jenis ini tidak berdampak secara lingkungan namun tetap dapat kita manfaatkan dalam membuat usaha produk kerajinan. 


 

Analisis peluang usaha 

Peluang Usaha dapat muncul dari apapun, mulai dari hobi kita sendiri, bidang yang kalian kuasai, bahan baku yang melimpah disekitar kalian hingga pasar konsumen yang jelas. Analisis peluang usaha sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan sebuah usaha, seorang yang memulai usaha terkadang berada dalam kondisi di mana mereka ragu akan produk yang mereka buat dan tawarkan. Salah satu yang dapat kalian lakukan adalah dengan menggunakan pola Analisis SWOT yaitu terdiri dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Analisis Usaha ini sangat berguna dalam menyusun strategi usaha kalian. 

Metode analisis SWOT ini mulai dibuat dan diperkenalkan pada 1960-an oleh Albert Humphrey dari Stanford Research Institute, Analisis SWOT berfungsi untuk memetakan dan mengevaluasi kebutuhan strategi usaha menggunakan empat langkah yang sangat mudah untuk dapat dipahami. 
1. Kekuatan (strength) 
Hal utama dalam analisis SWOT adalah kekuatan, dimana kita harus dapat memetakan mana kekuatan dari usaha kita, mulai dari kekuatan pada produk, proses, tim dsb. 
2. Kelemahan (weakness) 
Setelah kalian mengetahui kekuatan usaha kalian, sekarang saatnya untuk mulai memetakan secara kritis apa kelemahan usaha kalian. Apa yang menjadi penghambat Usaha atau usaha kalian? Hal ini termasuk tantangan jaman, keterbatasan dana, hingga persediaan bahan baku. 
3. Peluang (opportunities) 
Selanjutnya adalah Peluang, mencakup segala yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan usaha kalian mulai dari penjualan, pasar, hingga pelayanan.  
4. Ancaman (threats) 
Hal terakhir adalah Ancaman, yaitu segala sesuatu yang berisiko bagi usaha kalian sendiri atau kemungkinan keberhasilan atau pertumbuhannya, ini mencakup hal seperti kompetitor (pesaing) resiko keuangan dan hampir seluruh hal yang berpotensi membahayakan masa depan usaha kalian. 

Inovasi dan Solusi 

Inovasi secara definsi merupakan sebuah usaha dalam membuat "ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru, metode baru" agar memiliki nilai tambah dari keadaan sebelumnya. Setiap produk selalu memiliki masalah di setiap tingkatannya, maka diperlukan sebuah pembeda dari produk yang satu dan yang lainnya untuk dapat menarik perhatian konsumen. Sebuah produk atau jasa yang memiliki nilai inovatif, maka akan semakin dibutuhkan dan diminati oleh konsumen. Sebuah inovasi akan terlahir menjadi sebuah solusi permasalahan dari permasalahan sebelumnya. 

Setiap produk usaha ada peminatnya 

Pernahkah kalian memiliki sebuah ide usaha namun di dalam hati kecil kalian merasa bahwa ide tidak akan sukses dan laku, atau timbul pertanyaan dalam benak kalian “Laku nggak ya kira-kira?”. Semakin lama kalian semakin tidak percaya akan ide usaha  dan akhirnya harus mengubur dalam-dalam ide usahamu sendiri. Kondisi seperti ini merupakan kondisi masalah yang akan mungkin kalian hadapi dan harus kalian cari solusinya, mulailah untuk percaya akan kemampuan kalian dan mengurangi alasan-alasan negative yang justru menghambat usaha kalian. 

Sebuah produk usaha selalu memiliki peminatnya sendiri, kalian harus percaya akan hal itu. Sebagai contoh, cobalah untuk pergi ke halaman luar gedung Sekolah Dasar dimana banyak pedagang menjajakan makanan, perhatikan makanan apa yang mereka jual? Apakah ada penjual yang tidak dihampiri oleh siswa sekolah? Hampir seluruh dagangan tersebut ramai dikerubungi siswa-siswa sekolah dasar. Ini membuktikan bahwa setiap produk usaha akan selalu memiliki peminatnya masingmasing, jadi mulailah untuk menghilangkan keraguan kalian dan yakinkan bahwa di setiap “Masalah adalah Peluang!”. 

C. Rangkuman 

Memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan menggali permasalahan yang ada disekitar kita dapat memberikan sebuah ide Usaha yang baik. Menganilisa Usaha secara keseluruhan dan berkelanjutan adalah suatu keharusan jika Usaha kalian ingin berkembang. Dengan metode analisis SWOT, kalian bisa dengan mudah dalam menentukan strategi selanjutnya dan juga memantau serta melakukan improvisasi yang menyeluruh pada proses usaha kalian, ingat “Masalah itu peluang besar!”. 

D. Penugasan Mandiri  

Menganalisis peluang usaha produk kerajinan berbentuk bangun ruang yang ada disekitar lingkungan kalian. 
  1. Amatilah lingkungan sekitar kalian, dan tulislah semua limbah berbentuk bangun ruang yang dapat kalian manfaatkan sebagai produk kerajinan. 
  2. Buatlah sebuah analisis SWOT terhadap masing-masing limbah yang digunakan sebagai bahan baku kerajinan yang kalian temui. 
  3. Simpan sebagai bahan menyusun manual brand di pembelajaran selanjutnya.  

E. Latihan Soal 

1. Kesempatan baik yang ada atau tersedia untuk produk usaha yang akan dijual disebut sebagai … 
a. Resiko 
b. Usaha 
c. Peluang 
d. Peluang usaha 
e. Keberhasilan usaha 

2. Upaya untuk mencapai sebuah peluang usaha diperlukan sebuah tindakan untuk memetakan kebutuhan dan strategi, maka dibutuhkan sebuah… 
a. Modal usaha 
b. Perhitungan yang rumit 
c. Kerja keras dan pengorbanan 
d. Analisa yang baik 
e. Perhitungan laba rugi 

3. Seorang pengusaha mencoba untuk melakukan analisa pada ide usahanya, dia mencatat semua kompetitor atau pesaing produknya. Didalam analisa  SWOT upaya yang dilakukan oleh pengusaha itu masuk kedalam elemen… 
a. Kekuatan (strength) 
b. Ancaman (threats) 
c. Peluang (opportunities) 
d. Persaingan (rival) 
e. Kelemahan (weakness) 

4. Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis, seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif melalui penggalian data yang paling mendekati akan kebutuhan konsumen, maka harus dilakukan cara menganalisa… yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. 
a. Target Pasar 
b. Permasalahan 
c. Bahan Baku 
d. Pemasaran 
e. Harga 

5. Apakah setiap ide usaha dapat dikatakan sebagai peluang usaha? 
a. Iya 
b. Tidak 
c. Mungkin 
d. Sangat Mungkin 
e. Bisa jadi 

Kunci Jawaban Latihan Soal Pembelajaran 2 

1. C. Peluang 
2. D. Analisa yang baik 
3. B. Ancaman (threats) 
4. B. Permasalahan 
5. B. Tidak 
 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran. Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Mempelajari Sebuah Problem (Permasalahan) Menjadi Sebuah Solusi Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Mempelajari Sebuah Problem (Permasalahan) Menjadi Sebuah Solusi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • cara mengatasi masalah psikologi
    • contoh masalah hidup
    • cara mengatasi masalah dalam kehidupan sehari hari
    • cara menyelesaikan masalah dengan teman
    • cara menghadapi masalah menurut islam
    • kemampuan problem solving adalah
    • masalah kehidupan
    • sebutkan 3 macam tipe ketahanan seseorang dalam menyelesaikan masalah
    Post a Comment

    Post a Comment