ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE)sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang membuat laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang meliputi identifikasi, tahapan  dan membuat laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang. 

Materi laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang lokal ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari ketika anda suatu usaha yang berkaitan usaha kerajinan maka perlu memahami cara pembuatan dan analisis laporan kegiatan usaha untuk mendapatkan fakta hasil kegiatan usaha kalian. 

Dalam memelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat. melalui kegiatan membaca dan memelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya. 

Istilah

  • Laporan : bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai ahal yang berkenaan terhadap keadaan ataupun suatu kegiatan. Dan pada dasarnya suatu fakta yang disajikan tersebut ialah tanggung jawab yang ditugaskan bagi si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan ataupun keterangan dari informasi yang memang dibutuhkan. 
  • Kerajinan : kerajinan merupakan cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannya. 
  • Limbah Bangun Ruang : limbah yang mempunyai volume, tinggi, lebar dan panjang atau berbentuk 3 dimensi  

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah memelajari modul ini, kalian dapat: 
  1. Menjelaskan pengertian  laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang  
  2. Menjelaskan manfaat laporan kegiatan usaha kerajinan 
  3. Menganalisis Laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang 

B. Uraian Materi 

1. Apersepsi 

Menjadi wirausahawan sukses di bidang kerajinan, memiliki omzet besar, dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang disekitar, tentu menjadi mimpi banyak orang. Namun kesuksesan tidak akan datang pada orang yang hanya diam dan menunggu bukan? Seperti kata pepatah lama yang sering kita dengar, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, tentu kita harus berusaha keras. Berusaha dan terus berusaha meskipun gagal adalah kunci kesuksesan seseorang. 

Menjadi seorang wirausaha adalah salah satu jenis pekerjaan  seseorang untuk menghasilkan pendapatan, misalnya, pekerjaan yang menghasilkan suatu produk seperti produk kerajinan.  
Dalam kegiatan usaha pasti berkaitan kita  memerlukan suatu laporan. Laporan tersebut berupa seluruh, kegiatan usaha, transaksi keuangan dan lain-lain, yang dilakukan oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya. Laporan kegiatan usaha tersebut akan memberikan sebuah informasi terkait dengan jalannya suatu bentuk usaha, serta , proses usaha, pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Dimana laporan kegiatan usaha  merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban, untuk itu anda sebagai calon ataupun wirausaha harus bisa membuat laporan kegiatan usaha dengan baik dan tidak boleh sembarangan serta harus sesuai dengan standar yang dimiliki. Mengingat laporan memiliki beberapa karakterisktik seperti relevan dengan kondisi bisnis, dan mudah dipahami. Hal tersebut dikarenakan laporan  berhubungan dengan kelangsungan perusahaan dalam menjalankan usaha, sehingga dalam pelaporannya laporan harus memiliki pengetahuan yang memadai atas kegiatan lingkungan operasi identitas pelaporan. Dari pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa laporan  memiliki manfaat yang baik bagi bisnis atau usaha. 

2. Pengertian Laporan Kegiatan Usaha 

Banyak referensi yang telah mendefinisikan pengertian laporan adalah sebagai berikut:  
Laporan kegiatan usaha adalah penyampaian informasi sehingga tercipta komunikasi antara yang melaporkan dan pihak yang diberi laporan. Laporan pelaksanaan kegiatan hendaknya bersifat komunikatif, jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak. 

Agar menjadi komunikatif sebaiknya laporan pelaksanaan kegiatan usaha harus disusun dalam bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dikatakan logis apabila segala keterangan yang dianalisis dapat diteliti alasan-alasannya, apakah laporannya masuk akal atau tidak. Dikatakan sistematis apabila keterangan keterangan yang dikemukakan didalam laporan pelaksanaan kegiatan usaha disusun dalam urutan yang memperlihatkan adanya saling keterkaitan. Laporan pelaksanaan dikatakan lugas apabila bahasa yang digunakan langsung menjawab persoalan yang nyata dan tidak bertele-tele. 

Laporan adalah bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai ahal yang berkenaan terhadap keadaan ataupun suatu kegiatan. Dan pada dasarnya suatu fakta yang disajikan tersebut ialah tanggung jawab yang ditugaskan bagi si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan ataupun keterangan dari informasi yang memang dibutuhkan. Berdasarkan dari suatu bukti objektif yang dilakukan, dilihat, didengar dan dirasakan oleh pelapor setelah dia melaksanakan suatu kegiatan.  
[https://www.materi.carageo.com/pengertian-laporan/#Fungsi_Laporan] 

Dari kedua pengertian tersebut memberikan kesimpulan bahwa Laporan kegiatan usaha adalah bentuk penyajian data atau penyampaian informasi dari si pelapor terhadap pemilik modal atau pimpinan, yang berbentuk tentang kondisi fakta keadaan suatu perusahaan atau suatu kegiatan usaha. 
Isi dari laporan kegiatan usaha adalah kegiatan pekerjaan diperusahaan yang sedang berjalan dan pekerjaan yang sudah selesai. Penyusunan laporan kegiatan usaha dilaksanakan secara periodik, setidak-tidaknya dibuat sebulan sekali. Penyusunan harus lengkap dan berisi hal-hal yang berhubungan dengan hambatan usaha, kemajuan usaha, kemunduran usaha, dan sebagainya 

3. Manfaat Laporan Kegiatan Usaha 

Setelah memelajari tentang laporan kegiatan usaha  berikutnya kita coba mepelajari manfaat membuat laporan kegiatan usaha menurut beberapa sumber diantaranya sebagai berikut : 
  • Menjadi dasar penentuan kebijakan 
  • Menjadi bahan untuk penyusunan rencana kegiatan-kegiatan berikutnya 
  • Bisa mengetahui perkembangan dan proses dari peningkatan kegiatan 
  • Sebagai sumber informasi semua aktifitas kegiatan usaha. 
Fungsi dan tujuan laporan kegiatan usaha adalah untuk memberitahukan persoalan kegiatan usaha secara detail dan obyektif serta memberi keterangan atau informasi yang singkat tentang kegiatan usaha. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi laporan yakni sebagai berikut: 
  • Adanya pertanggung jawaban bagi orang yang diberi tugas (Pelapor) 
  • Menjadi landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan/keputusan 
  • Menajdi alat untuk melakukan pengawasan 
  • Menjadi dokumen sebagai bahan studi dan pengalaman bagi orang lain 

4. Menganalisis Laporan Kegiatan Usaha 

Setelah memelajari tentang pengertian laporan kegiatan usaha dan manfaat pembuatan laporan sekarang pelajari cara menganalisis laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, 

Pada dasarnya yang perlu dianalisa dalam pelaksanaan kegiatan usaha adalah sebagai berikut: 
  • Bidang kegiatan usaha 
  • Rugi/laba 
  • Bidang keuangan 
  • Bidang permodalan 
  • Bidang administrasi dan pembukuan 
  • Bidang ketenagakerjaan 
  • Bidang pemasaran 
  • Bidang organisasi. 
Pada akhir tahun seluruh kegiatan usaha harus dilaporkan untuk dianalisis oleh pihak yang berkepentingan, untuk memperoleh informasi yang tepat dalam mengambil keputusan. Analisis laporan keuangan adalah evaluasi atau penafsiran neraca dan daftar perubahan posisi keuangan perusahaan. 
Mengadakan analisis laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Analisis laporan keuangan selalu berhubungan dengan masalah neraca, rugi/laba dan perubahan modal perusahaan. Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan. Untuk lebih dapat menggambarkan perubahan posisi keuangan dan sifat pengembangan perusahaan dari waktu ke waktu suatu perusahaan diharuskan membuat laporan keuangan paling lama 2 tahun terakhir dari kegiatan usahanya 
 
Menganalisis laporan berarti melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal yang dianalisis dalam laporan dapat meliputi isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Dalam menganalisis laporan yang perlu diperhatikan hal-hal berikut. 
  • Menyimak laporan dengan saksama, sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci. 
  • Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan. 
  • Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan. 
  • Melakukan pengecekan terhadap setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat. 
  • Tidak mencampuradukkan antara fakta (yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (yang cenderung bersifat subjektif).  

C. Rangkuman 

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan beberapa penjelasan mengenai laporan kegiatan usaha sebagai berikut : 
  1. Laporan kegiatan usaha adalah bentuk penyajian dari atau penyampaian informasi dari si pelapor terhadap pemilik modal atau pimpinan, yang berbentuk tentang kondisi fakta keadaan suatu perusahaan atau suatu kegiatan usaha. 
  2. Isi dari laporan kegiatan usaha adalah kegiatan pekerjaan diperusahaan yang sedang berjalan dan pekerjaan yang sudah selesai. Penyusunan laporan kegiatan usaha dilaksanakan secara periodik
  3. Manfaat membuat laporan kegiatan usaha menurut beberapa sumber diantaranya sebagai berikut: 
    • Menjadi dasar penentuan kebijakan 
    • Menjadi bahan untuk penyusunan rencana kegiatan kegiatan berikutnya  
    • Bisa mengetahui perkembangan dan proses dari peningkatan kegiatan  
    • dSumber informasi semua aktifitas kegiatan usaha. 
  4. Point yang penting dianalisa dalam pelaksanaan kegiatan usaha adalah sebagai berikut: 
    • Bidang kegiatan usaha 
    • Rugi/laba 
    • Bidang keuangan 
    • Bidang permodalan 
    • Bidang administrasi dan pembukuan 
    • Bidang ketenagakerjaan 
    • Bidang pemasaran 
    • Bidang organisasi. 

D. Penugasan Mandiri 

  1. Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari pengusaha yang ada di daerahmu tentang contoh laporan kegiatan usaha. 
  2. Pelajari bentuk laporan tersebut, dan tentukan bagian-bagian bidang yang telah dipelajari tadi 

E. Latihan Soal 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan laporan kegiatan usaha? 
  2. Sebutkan manfaat laporan kegiatan usaha? 
  3. Didalam kegiatan usaha sebutkan kepada pihak siapa saja laporan yang disusun harus dipertanggung jawabkan ? 
  4. Sebutkan fungsi dan tujuan menyusun laporan kegiatan usaha? 
  5. Jelaskan bidang-bidang apa saja yang perlu dicantumpkan dalam penyusunan laporan kegiatan usaha? 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". 
Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian, Manfaat dan Fungsi Laporan Kegiatan Usaha  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • tujuan dan fungsi menyusun laporan kegiatan usaha
    • adapun penyusunan laporan kegiatan usaha hendaknya bersifat
    • laporan kegiatan usaha adalah
    • laporan kegiatan usaha tentang pemasukan dan pengeluaran keuangan merupakan bagian dari
    • laporan kegiatan usaha tentang promosi merupakan bagian dari
    • yang merupakan isi dari laporan kegiatan usaha adalah
    • laporan kegiatan adalah
    • contoh laporan kegiatan usaha