ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Materi Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah Mapel Prakarya kelas 11 SMA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA

Seperti kalian ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam budaya dan tradisi. Setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing, termasuk ragam makanan khasnya. Kondisi geografis yang berbeda-beda setiap daerah menyebabkan  hasil bumi juga berbeda, sehingga menyebabkan jenis makanan khas setiap daerah juga mempunyai ciri khas yang berbeda pula. 

Makanan khas asli daerah umumnya terbuat dari bahan pangan nabati dan hewani. Teknik pengolahan serta pengemasan makanan khas daerah sangat beragam tergantung dari jenis bahan makanan khas daerah tersebut. Modul ini berisi tentang sistem pengolahan makanan khas asli daerah dari bahan pangan nabati dan hewani yang terdiri dari bahan dan alat pengolahan makanan khas asli daerah; macam-macam makanan khas asli daerah; teknik pengolahan, pengemasan, dan pengawetan makanan khas asli daerah.  

Semoga modul ini bermanfaat untuk kalian pelajari dan menambah wawasan kalian tentang makanan khas daerah Indonesia. Pada akhirnya, mempelajari modul ini menjadikan kalian semakin bangga akan keragaman makanan khas daerah negara kita tercinta, Indonesia. 

Istilah

  • Bahan nabati : bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. 
  • Bahan hewani : bahan makanan yang berasal dari hewan. 
  • Braising : metode memasak bahan makanan dengan sedikit air kaldu. 
  • Melandir (larding) : menjahitkan pita-pita lemak pada permukaan daging yang tidak berlemak sebelum daging tersebut dipanggang agar tidak kering. 
  • Memanir (coating) : memberi lapisan kulit pada makanan dengan menggunakan telur dan tepung panir, kemudian digoreng. 
  • Memarinir (marinating) : merendam bahan makanan di dalam cairan berbumbu agar bahan makanan tersebut lebih enak dan tidak segera basi. 
  • Membardir (barding) : membungkus daging atau unggas yang tidak berlemak dengan lapisan lemak yang tipis sebelum dimasak agar tidak menjadi kering. 
  • Memblansir : merebus sebentar bahan makanan dalam air mendidih dengan maksud untuk mengurangi rasa dan bau. 
  • Memfilir (fileting) : menghilangkan tulang atau duri pada daging ayam atau ikan. 
  • Mengentalkan (thickening) : menambah bahan pengental pada masakan yang cair sehingga menjadi masakan yang kental.  
  • Menggelasir (glazing) : memberi lapisan mengkilap pada makanan. Kue digelasir dengan campuran gula halus dengan putih telur atau agar-agar. Ikan, ayam, daging digelasir dengan gelatin atau agar-agar 
  • Menggoreng (frying) : memasak bahan makanan di dalam minyak.  
  • Mengisi (stuffing) : mengisi bahan makanan dengan daging, ayam, atau ikan yang dicincang. 
  • Menumis : memasak bahan makanan dengan minyak atau lemak sedikit sambil diaduk.  

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2  ini diharapkan kalian dapat: 
  1. Menganalisis berbagai teknik pengolahan makanan khas asli daerah dari bahan pangan nabati dan hewani. 
  2. Menjelaskan pengemasan makanan khas asli daerah  dari bahan pangan nabati dan hewani. 
  3. Menjelaskan pengawetan makanan khas asli daerah dari bahan pangan nabati dan hewani. 

B. Uraian Materi 

1. Teknik Pengolahan Makanan Khas Asli Daerah 

Tahukah kalian jika manusia mulai mengolah makanan setelah mengenal dan menemukan kegunaan api? Merebus dan membakar makanan merupakan teknik-teknik pengolahan yang pertama kali dikenal. Kemajuan di bidang industri pembuatan alat mengolah makanan mengembangkan teknik-teknik mengolah makanan. Dengan menguasai teknik mengolah makanan, kita dapat menciptakan bermacam-macam  makanan yang lezat.  
 
Ada 3 teknik dalam pengolahan makanan khas daerah, yaitu: 

a.  Teknik Memasak basah 

1) Merebus 

Merebus adalah memasak bahan makanan di dalam cairan mendidih sehingga gelembung udara pecah di permukaan cairan. Banyak sedikitnya air serta lamanya merebus tergantung pada bahan yang direbus. Teknik merebus dibagi menjadi 2, yaitu (1) simmering (merebus bahan makanan sampai titik didih, kemudian api dikecilkan), teknik ini di Indonesia di kenal dengan menyemur; (2) poaching(merebus bahan makanan di dalam air yang sedikit dengan api kecil, temperature kurang dari 100 derajad, teknik ini di antaranya digunakan untuk merebus ikan dan buah-buahan. 
 
2) Menyetup (stewing) 

Menyetup ialah memasak bahan makanan di dalam cairan  (air, kaldu, atau saus) dalam jumlah yang hampir sama dengan bahan yang dimasak. Contoh makanan khas asli daerah yang dimasak dengan teknik ini adalah opor ayam dan gulai kambing. Menyetup juga dapat dilakukan pada buahbuahan, dengan menggunakan air gula dan kadang diberi aroma dari cengkeh atau kayu manis, contohnya setup pisang. 
  
3) Braising 

Metode memasak bahan makanan dengan sedikit air kaldu. Braising cocok untuk memasak bahan makanan yang agak keras dan diiris tipis-tipis untuk melembutkan serat-seratnya. Bahan makanan yang dimasak dengan cara braising antara lain daging sapi, ayam, dan itik. 
 
4) Mengukus (steaming) 

Mengukus atau steaming ialah memasak bahan makanan dengan uap air mendidih. Alat yang digunakan ialah dandang dengan kukusan, langseng dan soblungan atau klakat 
Contoh makanan khas asli daerah yang dimasak dengan dikukus : putu ayu, nogosari, borongko, bacan. 
 
5) Mentim 

Memasak bahan makanan dengan menggunakan panci tim, atau 2 panci , yang satu lebih kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam panci yang lain. 
 
6) Memblansir (blanching) 

Merebus sebentar bahan makanan dalam air mendidih dengan maksud untuk mengurangi rasa dan bau, misal rebung, isi perut sapi (babat, iso), dan tulang untuk kaldu. 

b. Teknik Memasak kering 

1) Memanggang 

Memanggang ialah memasak bahan makanan di atas api terbuka. Api tersebut diletakkan di bawah bahan makanan yang dimasak, sehingga menimbulkan aroma yang sedap. Api tidak boleh terlalu besar agar bahan makanan tidak hangus. Bahan makanan yang dipanggang biasanya dalam bentuk kecil. Contoh makanan khas daerah yang dimasak dengan dipanggang: ayam panggang, otak-otak, pempek panggang,  
 
2) Mengepan atau mengoven 

Mengepan atau mengoven (baking) ialah memasak bahan makanan di dalam oven dengan panas dari segala jurusan. Mengepan lebih tepat untuk memasak adonan roti dan kue. Contoh masakan ini adalah macam macam roti dan macam macam kue. Contoh: bakpia, maksuba. 
 
3) Menggongseng atau menyangan 

Menggongseng atau menyangan ialah memasak bahan makanan tanpa minyak. Selain membuat masak bahan makanan, juga membuat aroma yang sedap. Alat yang digunakan adalah wajan berdasarkan tebal atau kuali dari tanah liat. Seringkali digunakan pasir sebagai pengganti minyak agar panasnya rata. Bahan makanan yang disangrai misalnya kacang tanah, wijen untuk pembuatan mochi atau onde-onde. 

 c. Teknik Memasak dengan Minyak 

1) Menumis 

Menumis (sautéing, shallow frying) ialah memasak bahan makanan dengan minyak atau lemak sedikit sambil diaduk. Bumbu yang ditumis akan mengeluarkan aroma yang sedap, sayuran terasa lebih gurih dan lebih enak. Bahan makanan yang ditumis adalah bahan makanan dengan tekstur lembut. Contoh masakan ini adalah tumis kangkung. 
 
2) Menggoreng 

Menggoreng (frying) ialah memasak bahan makanan di dalam minyak. Ada 2 macam menggoreng, yaitu menggoreng di dalam minyak sedikit (panfrying) dan menggoreng di dalam minyak banyak (deep frying). Sebagai contoh menggoreng di dalam minyak sedikit adalah menggoreng ayam, ikan,tahu, tempe. 
 
Selain metode memasak yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa istilah yang dipergunakan dalam pengolahan makanan, yaitu: 
  1. Memfilir (fileting), ialah menghilangkan tulang atau duri pada daging ayam atau ikan. 
  2. Melandir (larding), ialah menjahitkan pita-pita lemak pada permukaan daging yang tidak berlemak sebelum daging tersebut dipanggang agar tidak kering 
  3. Membardir (barding), ialah membungkus daging atau unggas yang tidak berlemak dengan lapisan lemak yang tipis sebelum dimasak agar tidak menjadi kering 
  4. Menggelasir (glazing), memberi lapisan mengkilap pada makanan. Kue digelasir dengan campuran gula halus dengan putih telur atau agar-agar. Ikan, ayam, daging digelasir dengan gelatin atau agar-agar. 
  5. Mengentalkan (Thickening), ialah menambah bahan pengental pada masakan yang cair sehingga menjadi masakan yang kental. Bahan pengental yang 
  6. dikental yang digunakan contohnya adalah macam-macam tepung, macammacam zat pati, agar-agar,telur, dan gelatin 
  7. Menjernihkan, biasanya menggunakan bahan penjernih, contoh putih telur. Contoh cara menjernihkan dengan putih telur ialah putih telur dikocok sebentar kemudian dituangkan ke dalam cairan yang akan dijernihkan sambil dipanaskan dan diaduk sebentar, kotoran akan terikat pada putih telur yang membeku dan akan terapung kemudian disaring dengan kain yang halus. 
  8. Mengocok. Contoh bahan makanan yang perlu dikocok untuk pengolahan makanan khas daerah adalah telur. Kocokan telur digunakan sebagai bahan untuk pembuatan aneka kue khas daerah seperti maksuba, bika ambon, dan lapis legit. 
  9. Memarinir (marinating), ialah merendam bahan makanan di dalam cairan berbumbu agar bahan makanan tersebut lebih enak dan tidak segera basi. 
  10. Mengisi (stuffing), ialah mengisi bahan makanan dengan daging, ayam, atau ikan yang dicincang. 
  11. Memanir (coating), ialah memberi lapisan kulit pada makanan dengan menggunakan telur dan tepung panir, kemudian digoreng. 
Setelah membaca uraian di atas, banyak sekali bukan teknik-teknik pengolahan makanan? Tertarikkah kalian untuk mencoba mengolah makanan khas asli daerah dengan menggunakan teknik-teknik tersebut di atas? Berikut ini disajikan contoh pengolahan rendang. 

Perhatikan cara pengolahannya! 

Alat yang digunakan: 
  1. Pisau, untuk memotong daging sapi 
  2. Talenan, sebagai dasar untuk memotong daging sapi 
  3. Parutan, untuk memarut kelapa 
  4. Ulekan, untuk menghaluskan bumbu-bumbu 
  5. Kompor atau tungku, untuk perapian 
  6. Penggorengan atau wajan, sebagai wadah untuk memasak 
  7. Gelas ukur, untuk mengukur volume santan 
Bahan utama: 
  1. 1,5 kg daging sapi 
  2. 2 liter santan kelapa tua 
Bumbu dan rempah: 
  1. 2 batang daun serai 
  2. 4 lembar daun jeruk purut 
  3. 2 cm asam kandis 
  4. 2 lembar daun kunyit 
Bumbu yang dihaluskan: 
  1. 5 butir Kemiri 
  2. 6 siung bawang putih 
  3. 100 gram cabai merah besar 
  4. butir bawang merah 
  5. 100 gram cabai merah keriting 
  6. 2cm jahe bakar 
  7. 2 cm lengkuas 
  8. 3 cm kunyit bakar 
  9. ½ sendok teh ketumbar 
  10. 2 sendok teh garam 
  11. ½ sendok teh pala 
  12. 1 sendok teh jintan, sangrai 
  13. Penyedap rasa secukupnya 
Cara Pembuatan: 
  1. Potong daging dan cuci bersih 
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan saat minyak sudah panas, kemudian masukkan bumbu- bumbu yang tidak dihaluskan serta garam. Ketika bumbu sudah mulai wangi masukkan santan sambil diaduk kemudian masukkan daging. Masak hingga empuk dan bumbu agak pekat. 
Mudah sekali bukan cara pembuatan rendang. Sebagaimana kalian ketahui, rendang  merupakan salah satu makanan kh as Indonesia yang telah mendunia. Apakah kalian tertarik untuk membuat usaha pengolahan rendang? 
 
Dalam pengolahan makanan, termasuk pengolahan makanan khas asli daerah perlu   diperhatikan prinsip K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Pelaksanaan  prinsip  K3 merupakan salah satu bentuk untuk menciptakan tempat kerja atau tempat  pengolahan makanan yang aman, nyaman, sehat, sehingga dapat mengurangi  kecelakaan kerja dan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. 
 
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menjaga keamanan kerja di dapur: 
 
  1. Peralatan listrik harus dalam kondisi baik, letaknya tidak dekat dengan air, penerangan ruangan cukup, dan lantai tidak licin. 
  2. Upayakan semua pisau tajam. Pisau yang tajam lebih aman dan tidak membuthkan tenaga untuk menekan dan menghindari meleset pada waktu memotong. Pakailah pisau hanya untuk memotong, tidak untuk membuka kaleng atau yang lainnya. Cucilah pisau dengan hati-hati setelah selesai digunakan. Jangan meletakkan pisau cucian di dalam air karea tidak kelihatan. Letakkan pisau di tempat aman selama tidak dipakai. 
  3. Pakailah talenan pada saat memotong, jangan menggunakan lapisan meja metal. 
  4. Pakailah serbet sebagai alas talenan supaya tidak licin. 
  5. Setelah selesai menggunakan semua peralatan memasak, cuci, bersihkan, dan kembalikan ke tempat semula dengan rapi. 

2. Pengemasan Makanan Khas Asli Daerah 

Pengemasan merupakan salah satu tahapan yang memegang peranan penting dalam usaha pengolahan makanan. Makanan khas daerah pada masa lampau biasanya dikemas dengan menggunakan kemasan tradisional seperti kendil dari tanah liat, daun pisang, anyaman daun kelapa, dan kelobot jagung. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kemasan makanan pun berkembang terus menerus. Saat ini, makanan khas daerah banyak dikemas menggunakan kertas, plastik, gelas/kaca, alumunium foil, dan ada pula yang dikemas dengan mengkombinasikan dengan kemasan tradisional. 
 
Ragam kemasan makananan khas daerah yang sering dijumpai di antaranya adalah menggunakan daun pisang, daun kelapa, dan daun jati. Untuk mengetahui beberapa kemasan makanan khas daerah dari aneka daun, dapat kalian perhatikan tabel berikut ini! 
 
Tabel 2.1. Makanan Khas Asli Daerah yang Dibungkus Daun 

Pengemasan dilakukan untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditrasportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau kemasan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran dan gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran). Dari segi promosi, kemasan berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli, oleh karena itu bentuk, warna, dekorasi, dari kemasan perlu diperhatikan dengan baik.  
 
Untuk mengetahui kriteria tertentu yang harus diperhatikan dalam pemilihan kemasan, dapat kalian perhatikan uraian berikut ini! 
  1. Bahan kemasan/wadah penyajian mampu melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar 
  2. Bahan kemasan tidak berbau. 
  3. Bahan kemasan/wadah penyajian memiliki daya tarik terhadap konsumen. 
  4. Bahan kemasan/wadah penyajian mudah didapat. 
  5. Dalam wadah/kemasan disertakan label yang memuat nama produk, tanggal, nama produsen, berat bersih, komposisi, merek dagang, tanggal kadaluarsa, efek samping. 

3. Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah 

Tidak semua makanan khas asli daerah dapat bertahan lama sehingga harus diawetkan. Tujuan utama dari pengawetan makanan khas asli daerah adalah untuk memperpanjang masa simpan makanan. Berikut ini adalah beberapa teknik pengawetan makanan khas asli daerah. 

a. Teknik pendinginan 

Salah satu proses usaha untuk mengawetkan adalah dengan menyimpan bahan makanan di dalam lemari pendingin yaitu kulkas atau freezer (pembeku). Lemari pendingin memiliki suhu yang rendah. Cara pengawetan pangan dengan suhu rendah ada 2 macam yaitu pendinginan (cooling) dan pembekuan (freezing). Buah-buahan dan sayur-sayuran juga memerlukan suhu penyimpanan tertentu. Suhu di mana produk mempunyai keawetan yang paling lama disebut suhu optimum. Jika penyimpanan dilakukan di bawah suhu optimum, atau di tempat yang terlalu dingin, buah-buahan dan sayur-sayuran  akan mengalami kerusakan yang sering disebut chilling injury. Apabila penyimpanan buah dan sayuran dilakukan di atas suhu optimum, atau pada suhu yang terlalu hangat, juga tidak akan menghasilkan keawetan. 

b. Pengawetan dengan suhu tinggi 

Pengawetan dengan panas sebenarnya sudah lama digunakan, sejak manusia dikenalkan dengan istilah memasak. Pemanasan yang baik adalah secukupnya agar nilai gizi yang hilang tidak terlalu banyak. 

c. Pengawetan dengan pengeringan 

Pengeringan adalah suatu metode untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari suatu bahan dengan cara menguapkan air tersebut dengan menggunakan energi panas. Biasanya kandungan air bahan tersebut dikurangi sampai suatu batas agar mikroba tidak dapat tumbuh lagi di dalamnya. Keuntungan produk hasil pengeringan adalah awet, lebih ringan, volume lebih kecil sehingga memudahkan penyimpanan dan transportasi, serta menimbulkan cita rasa khas. Selain itu, banyak bahan yang hanya dapat digunakan apabila telah dikeringkan, misalnya kopi, teh, dan biji-bijian. 

d. Pengawetan dengan bahan kimia 

1) Pengawetan dengan pemberian asam 

Asam dapat menurunkan pH makanan sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk. Asam dapat dibagi dalam 3 golongan yaitu: (1) asam alami yang pada umumnya adalah asam organik misalnya asam tartrat dan asam dari buah-buahan, misalnya asam sitrat seperti yang terdapat pada jeruk nipis dan belimbing wuluh; (2) asam yang dihasilkan melalui proses fermentasi, misalnya asam laktat dan asam asetat; dan (3) asam-asam sintetik, misalnya asam malat, asam fosfat, dan asam adipat. Cuka adalah asam sintetik yang dapat kita temui sehari-hari. 
 
2) Pengawetan dengan gula dan garam 

Pengawetan pangan dengan pemberian gula sudah umum dilakukan, misalnya pengawetan buah-buahan dalam sirop dalam bentuk manisan. Demikian juga, pengawetan pangan dengan pemberian garam umum dilakukan adalah pengasinan ikan. Gula dan garam merupakan bahan yang efektif untuk pengawetan pangan karena sifatnya yang dapat menarik air dari dalam sel mikroba sehingga sel menjadi kering karena proses yang disebut osmosis. 
 
3) Pengawetan dengan benzoat 

Benzoat dan turunan-turunannya dapat menghancurkan sel-sel mikroba terutama kapang. Asam benzoat, natrium benzoat, asam parahidrobenzoat dan turunannya merupakan kristal putih yang dapat ditambahkan secara langsung ke dalam makanan atau dilarutkan terlebih dahulu di dalam air atau pelarut-pelarut lainnya. Asam benzoat kurang kelarutannya di dalam air. Oleh karena itu, asam benzoat lebih sering digunakan dalam bentuk garamnya, yaitu natrium benzoat. Benzoat lebih efektif digunakan dalam makananmakanan yang asam sehingga banyak digunakan sebagai pengawet di dalam sari buah, jeli, sirop, dan makanan lainnya yang mempunyai pH rendah. Adapun paraamino benzoat biasa digunakan untuk pangan dengan pH tinggi. 
 
4) Pemberian asam sorbat 

Asam sorbat dapat mencegah pertumbuhan kapang dan bakteri dengan cara menginaktifkan enzim dehidrogenase yang diperlukan oleh mikroba tersebut untuk metabolisme karbohidrat dan asamasam lemak. Asam sorbat, kalium sorbat atau natrium sorbat biasanya sering digunakan di dalam makanan untuk mencegah pertumbuhan kapang.  

C. RANGKUMAN 

Ada tiga teknik pengolahan untuk membuat makanan, yaitu teknik memasak basah, teknik memasak kering, dan teknik memasak menggunakan minyak.  Setiap jenis makanan khas asli daerah mempunyai teknik pengolahan yang berbeda-beda. Satu jenis bahan pangan nabati atau hewani, dapat diolah menjadi makanan khas asli daerah dengan menggunakan berbagai teknik yang berbeda. 
Pengemasan merupakan salah satu tahapan yang memegang peranan penting dalam usaha pengolahan makanan. Makanan khas daerah pada masa lampau biasanya dikemas dengan menggunakan kemasan tradisional. Seiring dengan perkembangan, kemasan makanan khas daerah juga semakin berkembang. 
Tidak semua makanan khas daerah dapat bertahan lama sehingga harus diawetkan. Prinsip pengawetan pada dasarnya di antaranya adalah pendinginan, pengeringan, pemanasan dengan suhu tinggi, dan pengawetan dengan bahan kimia. 

D. Penugasan Mandiri  

Lakukan pengamatan/observasi dan wawancara di lingkungan sekitar kalian tinggal. Carilah informasi tentang makanan khas daerah di  lingkungan kalian tinggal. Kerjakan tugas kalian dengan mengisikan data hasil pengamatan dan wawancara pada tabel  berikut ini!  

E. Latihan Soal 

Kerjakan soal di bawah ini! 
 
  1. Jelaskan teknik pengolahan kering pada pengolahan makanan khas asli daerah, sebutkan pula contoh makanan khas daerah yang diolah dengan teknik tersebut! 
  2. Jelaskan bagaimana kriteria pengemasan makanan yang baik! 
  3. Sebutkan beberapa contoh makanan khas daerah yang dikemas atau dibungkus dengan pengemas yang bersifat ramah lingkungan! 
  4. Jelaskan beberapa keuntungan yang didapatkan dari metode pengeringan untuk pengawetan makanan. 
  5. Jelaskan prinsip pengawetan makanan dengan penambahan gula. Sebutkan pula makanan khas daerah yang diawetkan dengan penambahan gula. 

Pembahasan Soal Latihan 

1. Teknik pengolahan makanan dengan metode kering 
a. Memanggang 
Memanggang ialah memasak bahan makanan di atas api terbuka. Api tersebut diletakkan dibawah bahan makanan yang dimasak, sehingga menimbulkan aroma yang sedap. Api tidak boleh terlalu besar agar bahan makanan tidak hangus. 
Bahan makanan yang dipanggang biasanya dalam bentuk kecil. Contoh : otak-otak, ayam panggang. 
b. Mengepan atau mengoven 
Mengepan atau mengoven (baking) ialahmemasak bahan makanan di dalam oven dengan panas dari segala jurusan. Mengepan lebih tepat untuk memasak adonan roti dan kue. Contoh masakan ini adalah macam-macam roti dan macam-macam kue. 
Contoh: bakpia 
c. Menggongseng atau menyangan 
Menyangan atau mengoseng ialah memasak bahan makanan tanpa minyak. Selain membuat masak bahan makanan, juga membuat aroma yang sedap. Alat yang digunakan adalah wajan berdasarkan tebal atau kuali dari tanah liat. Seringkali digunakan pasir sebagai pengganti minyak agar panasnya rata. 
Contoh : bahanmakanan yang disangrai misalnya kacang tanah, wijen untuk pembuatan onde-onde atau mochi. 
 
2. Kriteria pengemasan yang baik: 
a. Bahan kemasan/wadah penyajian mampu melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar 
b. Bahan kemasan tidak berbau. 
c. Bahan kemasan/wadah penyajian memiliki daya tarik terhadap konsumen. 
d. Bahan kemasan/wadah penyajian mudah didapat. 
e. Dalam wadah/kemasan disertakan label yang memuat nama produk, tanggal, nama produsen, berat bersih, komposisi, merek dagang, tanggal kadaluarsa, efek samping. 
 
3. Lontong : dibungkus dengan daun pisang; bacang : dibungkus dengan daun bambu; tapai ketan: ada yang dibungkus dengan daun pisang dan daun jambu air; ketupat: dibungkus dengan daun kelapa; lepet jagung: diungkus dengan kelobot jagung.Berbagai daun tersebut merupakan kemasan yang bersifat ramah lingkungan karena dapat diuraikan oleh mikroorganisme. 
 
4. Keuntungan produk hasil pengeringan adalah awet, lebih ringan, volume lebih kecil sehingga memudahkan penyimpanan dan transportasi, serta menimbulkan citarasa khas. Selain itu, banyak bahan yang hanya dapat digunakan apabila telah dikeringkan, misalnya kopi dan teh. 
 
5. Gula merupakan bahan yang efektif untuk pengawetan pangan karena sifatnya yang dapat menarik air dari dalam sel mikroba sehingga sel menjadi kering sehingga pertumbuhan mikroba dapat ditekan. Contoh makanan khas daerah yang diawetkan dengan teknik penambahan gula adalah manisan. 
 

F. Penilaian Diri 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 
 

Jika ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Jika semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke modul berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan Makanan Khas Asli Daerah Mapel Prakarya kelas 11 SMA  ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Teknik Pengolahan, Pengemasan Dan Pengawetan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • teknik pengawetan makanan
    • cara pengawetan makanan dan contohnya
    • contoh pengawetan makanan dengan cara fermentasi
    • teknik pengemasan pengolahan makanan awetan dari bahan hewani
    • makalah pengolahan dan pengawetan makanan
    • contoh pengawetan makanan dengan cara pembekuan
    • tujuan pengawetan makanan
    • contoh pengawetan makanan dengan cara pengasinan
    Post a Comment

    Post a Comment