ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha Kerajinan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Mempertahakan dan mengembangkan usaha jauh lebih berat dari pada memulainya. Tetapi bukan berati hal yang sulit untuk dilakukan. Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang evaluasi kegiatan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal. 

Materi evaluasi hasil usaha kerajinan untuk pasar lokal ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam mengembangkan sebuah usaha agar dapat tetap eksis didalam persaingan usaha dan sebagai salah satu cara memasarkan produk ke pasar lokal. 

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat, melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. 

Semoga modul ini bermanfaat, dan kalian dapat mengerti dan memahami isi modul ini serta menerapkannya di kehidupan sehari-hari. 

Istilah

  • Evaluasi usaha : aktivitas yang bertujuan untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. 
  • Bisnis : kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba 
  • Branding : proses pengelolaan merek sebuah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan ekuitas merek dalam jangka panjang 
  • Evaluasi : kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal 
  • Mentor : pemberi materi kepada orang lain untuk mengajarkan beberapa hal baru 
  • Inovasi : proses hasil pengembangan dan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) serta pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial). 
  • Produk : barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan 
  • Omzet : peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut 
  • Kinerja : hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat: 
  1. Menjelaskan cara- cara mengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal 
  2. Membuat rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal 

B. Uraian Materi 

Cara- cara  Mengembangkan Usaha  

Memulai suatu bisnis memang tidak mudah. Ada berbagai langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk mencapai titik di mana usaha bisa didirikan. Setelah berdiri, masih banyak pula hal yang harus dikerjakan agar usaha bisa terus berkembang. Dalam upaya ini, tentunya ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha serta mencapai target. Di awal pembentukan usaha, Kalian  sudah harus menentukan strategi bisnis dengan tepat. Strategi matang yang telah dibentuk akan memudahkan Kalian  untuk menentukan arah bisnis dan menjalankan usaha yang diimpikan. Di sisi lain, ketatnya persaingan di dunia bisnis juga menuntut Kalian  untuk siap bertarung dan menghadapi resiko yang sewaktu-waktu bisa muncul. Beberapa cara yang bisa kalian  terapkan agar usaha yang telah dirintis bisa berkembang di masa depan. 

1. Tingkatkan Promosi 

Setelah usaha kalian  berdiri, yang bisa dilakukan berikutnya adalah promosi. Ini menjadi salah satu cara mengembangkan usaha yang penting karena konsumen perlu mengenal produk, serta jasa yang Kalian  tawarkan. Buatlah materi promosi yang unik serta tingkatkan frekuensinya agar lebih banyak orang yang mengenal produk atau jasa yang kalian  tawarkan. Manfaatkan berbagai jalur promosi, mulai dari menyebarkan brosur, memasang 
iklan online, memanfaatkan sosial media dan masih banyak lagi. Untuk Kalian  yang masih di tahap pemula, manfaatkan media sosial dan berbagai kecanggihannya seefektif mungkin. Karena, menggunakan media sosial jauh lebih murah dan media sosial bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen. Tawarkan pula berbagai promo, diskon serta voucher menarik. Dengan promosi yang gencar, konsumen pun akan semakin familiar dengan merek Kalian  dan menjadikannya pilihan. 

2. Kenali Kompetitor 

Akan ada banyak pelajaran yang diambil ketika Kalian  mulai mengenali kompetitor. Promosi yang terus menerus dilakukan pun tidak akan efektif jika tidak memperhatikan kompetitor. Lihat apa saja nilai jual serta kelebihan yang dimiliki oleh pesaing. Kalian  tidak perlu mengikuti persis apa yang dilakukan mereka untuk membuat pendapatan berada dalam posisi yang setara. Mengenali kompetitor ini dilakukan dengan tujuan agar bisnis Kalian  bisa mengeluarkan sesuatu yang berbeda. Melakukan hal yang unik kepada promosi serta produk atau jasa yang ditawarkan bisa saja mendatangkan hasil yang lebih baik dari kompetitor. 

3. Memperluas Jaringan 

Memperluas jaringan bisa dilakukan dengan memperluas pemasaran. Kalian  bisa membuka channel pemasaran yang baru atau mendirikan cabang baru. Jika mempunyai toko offline,  Kalian  bisa mencoba jalan baru dengan melakukan pemasaran secara online, begitupun sebaliknya. Jika promosi di satu platform belum cukup memberikan keuntungan, coba dengan platform lainnya yang lebih efektif. Perluasan ini tentu saja harus dibarengi dengan peningkatan suplai bahan dan produksi. 
Contoh lain dari perluasan jaringan adalah meningkatkan relasi bisnis. Bangun jaringan Kalian  lewat berkenalan dengan banyak pihak. Jalin kerja sama dan pertahankan hubungan yang baik karena suatu saat bisa saja Kalian  membutuhkan bantuan mereka. 

4. Tingkatkan Sumber Daya 

Peningkatan sumber daya dilakukan secara keseluruhan baik itu sumber daya produk maupun sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya produk dilakukan dengan memperhatikan penggunaan bahan serta proses yang diterapkan untuk menciptakan suatu barang. Semakin baik sumber daya yang digunakan, maka semakin berkualitas pula produk yang akan dihasilkan. Dari sisi sumber daya manusia, langkah pertama yang bisa ditempuh adalah memilih tim dan karyawan yang hkalian l. Lihat bagaimana tim dan karyawan Kalian  ketika bekerja sama atau ketika berhadapan dengan konsumen. Layani konsumen dengan sikap yang ramah. Produk berkualitas yang dibarengi dengan pelayanan yang baik, pastinya akan menarik konsumen untuk mencoba dan nantinya akan datang kembali. 

5. Utamakan Pelayanan Konsumen 

Jika peningkatan sumber daya manusia sudah berjalan secara optimal, maka pelayanan konsumen juga menjadi salah satu aspek penting yang perlu Kalian  perhatikan. Poin ini sangatlah penting karena pelayanan terbaik kepada konsumen adalah cara terbaik untuk membuat mereka tetap bertahan pada merek Kalian . Tidak mengherankan jika layanan konsumen berkualitas tinggi harus jadi hal yang dipertahankan ketika banyak perubahan harus dilakukan. Manfaatkan dunia digital untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Berikan update mengenai produk atau jasa Kalian . Berikan pula kesan yang baik lewat keramahan dalam melayani, menjawab pertanyaan konsumen, memberikan solusi serta menawarkan bantuan. Selain itu Kalian  juga diharapkan mampu mengedukasi konsumen dengan baik. 

6. Lakukan Inovasi Produk 

Jangan sampai Kalian  merasa cepat puas dengan produk yang sudah dibuat sebelumnya. Zaman akan terus berubah dan tren pun selalu mengikutinya. Maka dari itu, selain membuat produk dan menjaga kualitasnya, inovasi pun harus tetap dilakukan karena konsumen memang cenderung cepat merasa bosan. Jika usaha Kalian  tidak bisa mengimbanginya, konsumen bisa saja berpindah kepada kompetitor. Antisipasi perubahan konsumen ini dan jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru dan berbeda. 

7. Minimalisasi Biaya Operasional 

Tujuan dalam membangun usaha adalah untuk menghemat biaya pengeluaran dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Maka dari itu, Kalian  harus benar-benar mengawasi berapa modal dan biaya operasional  yang dikeluarkan serta pendapatan yang dihasilkan. Ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan yang dipenuhi oleh bisnis selaras dengan apa saja yang harusnya didapatkan untuk menciptakan pertumbuhan. 

8. Investasi 

Apabila berhemat saja tidak cukup, maka Kalian  perlu mencari cara mengembangkan usaha agar keuntungan yang Kalian  hasilkan bisa terus berputar. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan berinvestasi. Kini telah banyak media investasi, baik untuk Kalian  yang bermodal besar atau pun kecil. Bisa dengan investasi saham, reksadana, properti, emas, deposito berjangka dan berbagai jenis investasi lainnya. Namun, sebelumnya pastikan untuk mengecek secara lengkap informasi mengenai investasi yang akan Kalian  jalankan. Jangan sampai niat untuk meraup keuntungan berujung pada kerugian. 

9. Atur Keuangan dengan Baik 

Ketika usaha yang didirikan sudah mulai berjalan, salah satu cara mengembangkan usaha yang paling penting adalah mengatur keuangan dengan benar. Sejalan dengan poin sebelumnya, hal ini dilakukan agar pengeluaran dan penghasilan dari usaha Kalian  bisa berjalan dengan seimbang. Pengaturan keuangan memang sedikit rumit, karena itu banyak yang melakukan dengan seadanya. Padahal ini merupakan bagian krusial dalam perkembangan sebuah bisnis. Tidak heran jika banyak sekali usaha yang gagal karena salah dalam mengelola keuangan.  

C. Rangkuman 

  1. Memulai suatu bisnis memang tidak mudah. Ada berbagai langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk mencapai titik di mana usaha bisa didirikan. Setelah berdiri, masih banyak pula hal yang harus dikerjakan agar usaha bisa terus berkembang. Dalam upaya ini, tentunya ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha serta mencapai target. 
  2. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha antara lain meningkatkan Promosi, mengenal kompetitor, memperluas jaringan, meminimalisir biaya operasional, investasi dan mengatur keuangan dengan baik. 
  3. Agar dapat sukses mengembangkan usaha hendaknya sebuah usaha mempunyai rencana untuk mengembangkan usaha. 

D. Penugasan Mandiri  

Buatlah rencana pengembangan usaha dengan melengkapi rencana di bawah ini 

   

E. Latihan Soal 

1. Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti, dilakukan dengan cara…. 
A. sasaran 
B. strategi 
C. evaluasi 
D. draf usaha 
E. tujuan 
 
2. Tanggung jawab dari setiap pengusaha atau wirausahawan yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas disebut…. 
A. perencanaan usaha 
B. pemilihan usaha 
C. pengembangan usaha 
D. pengawasan usaha 
E. penjelajahan usaha 
 
3. Perkembangan sistematis dari program tindakan dan ditujukan pada pencapaian tujuan usaha yang telah disepakati dengan proses analisis dan seleksi di antara kesempatan-kesempatan pengembangan usaha disebut…. 
A. perencanaan pengembangan usaha 
B. perencanaan usaha 
C. pengembangan usaha 
D. pengawasan usaha 
E. perencanaan dan pengawasan usaha 
 
4. Hal utama yang di butuhkan dalam bisnis agar berjalan lancar dan sukses, adalah…. 
A. perencanaan dalam pembuatan laporan bulanan 
B. pengawasan dalam pembuatan semua produk usaha 
C. perencanaan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi berbagai hal yang tidak terduga 
D. memiliki skill produk yang mumpuni 
E. menganalisis dan seleksi produk 
 
5. Pengaturan atau pengorganisasian yang terencana akan bermanfaat dalam hal…. 
A. memiliki skill produk yang mumpuni 
B. menyelesaikan permasalahan antar karyawan 
C. memudahkan dalam pembuatan laporan untuk pengambilan keputusan 
D. memudahkan perencanaan dalam menghadapi masalah 
E. menyelesaikan berbagai tugas dan dapat memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan 
 
6. Perhatikan data di bawah ini: 
1) Meningkatkan promosi 
2) Mengenal Relasi 
3) Memperluas jaringan 
4) Inovasi Produk 
5) Meminimalisir semua biaya 
Dari data di atas, yang termasuk dalam cara mengembangan usaha adalah…. 
A. 1), 2), dan 3) 
B. 1), 3), dan 4) 
C. 2), 3), dan 4) 
D. 2), 3), dan 5) 
E. 3), 4), dan 5) 
 
7. Sebuah bisnis hendaknya memiliki rekaman proses bisnisnya secara menyeluruh atau detil. Data yang menyeluruh ini akan sangat membantu dalam hal…. 
A. menyelesaikan berbagai tugas dan dapat memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan 
B. memudahkan dalam pembuatan laporan untuk pengambilan keputusan 
C. menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi 
D. meninjau perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengembangkan strategi baru 
E. mendorong pengusaha untuk terus melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan terbaru 
 
8. Kompetisi atau persaingan memang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses usaha. Namun dengan adanya kompetisi ini maka akan mendorong pengusaha untuk…. 
A. meninjau perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengembangkan strategi baru 
B. melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan terbaru 
C. memudahkan dalam pembuatan laporan untuk pengambilan keputusan 
D. menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi 
E. meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi 
 
9. Hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis adalah… 
A. agen penyalur 
B. pemerintahan 
C. layanan pelanggan 
D. produk 
E. masyarakat 
 
10. Kegagalan suatu usaha atau bisnis pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti tersebut dibawah ini, kecuali ….. 
A. tidak adanya usaha untuk sekolah yang lebih tinggi 
B. tidak adanya perencanaan yang tepat dan matang 
C. kurangnya dana untuk modal usaha 
D. kurangnya pengalaman dalam bidang usaha 
E. tidak cocoknya bakat dan minat terhadap bidang usaha 

KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 

1.
2. C 
3. A 
4. C 
5. E 
6. B 
7. D 
8. B 
9. C 
10. D 

PEMBAHASAN: 

  1. Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti, dilakukan dengan cara evaluasi 
  2. Agar bisnis dapat berjalan lancar dan sukses, dibutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi berbagai hal yang tidak terduga. 
  3. Pengaturan atau pengorganisasian yang terencana akan banyak membantu kalian dalam menyelesaikan berbagai tugas sehingga kalian bisa memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan. 
  4. Hal utama yang di butuhkan dalam bisnis agar berjalan lancar dan sukses, adalah perencanaan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi berbagai hal yang tidak terduga 
  5. menganalisis dan seleksi produk 
  6. Sebuah bisnis hendaknya memiliki rekaman proses bisnisnya secara menyeluruh atau detil. Data yang menyeluruh ini akan sangat membantu kalian untuk meninjau perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengembangkan strategi baru. 
  7. Adanya kompetisi ini maka akan mendorong pengusaha untuk terus melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan terbaru. Bisa jadi kompetitor memiliki strategi atau langkah yang bisa menginspirasi bisnis kalian. 
  8. Mengelola bisnis tidak hanya semata-mata mengutamakan masalah mutu produk saja. Hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah layanan pelanggan. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen akan terus kembali menggunakan produk. 
  9. Hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis adalah layanan pelanggan 
  10. Kegagalan suatu usaha atau bisnis pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti tersebut dibawah ini, kecuali kurangnya pengalaman dalam bidang usaha 

F. Penilaian Diri  

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur 
 

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha Kerajinan Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Cara- Cara Mengembangan dan Rencana Pengembangan Usaha File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh rencana pengembangan usaha
    • mengapa pengembangan usaha perlu dilakukan
    • contoh rencana pengembangan usaha makanan
    • langkah-langkah pengembangan usaha
    • 4 strategi pengembangan usaha
    • rencana pengembangan usaha adalah
    • cara mengembangkan usaha online
    • buatlah contoh rencana pengembangan usaha untuk pengolahan modifikasi makanan khas daerah!
    Post a Comment

    Post a Comment