ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Kalian pasti mengetahui bahwa euforia dunia usaha sekarang ini semakin berkembang dengan pesat, bahkan cara memasarkan produk pun sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih, maka dari itu mari kita mempelajari sistem atau cara penjualan yang mengikuti  zaman.  Pada kompetensi ini kita akan membahas mengenai pemasaran, seperti yang kalian sudah pelajari di kompetensi dasar 3.1 dan 4.1 mengenai perencanaan, jika kalian sudah melakukan  perencanaan usaha, nah kali ini kita akan membahas bagimana memasarkan produk yang sudah kalian riset dan dianalisis menggunakan analisis SWOT. 

Istilah

  • Bagan : Gambar rancangan, skema; diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok. 
  • Consignee : Penerima produk  
  • Cogsignor : Pemilik produk 
  • Kerajinan : Kegiatan membuat produk berbasis keterampilan 
  • Konsinyasi : Kegiatan menitipkan produk ke toko 
  • Sistem : Bagian yang saling berhubungan 
  • Pemasaran : Kegiatan menjual produk 
  • Penjualan : Melakukan pertukaran produk dengan nilai uang 
  • Kebutuhan : Dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari 
  • Keinginan : Produk yang digunakan tidak terikat berdasarkan keperluan 
  • Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk 
  • Analisis : Proses pemecahan suatu masalah 
  • Perencanan : Proses  
  • Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk 
  • Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda 
  • Inovatif : Memulai sesuatu yang baru 
  • Ide : Gagasan 
  • Peluang : Kesempatan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah memelajari kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian dapat memahami pengertian konsinyasi dan sitem penjualan konsinyasi.  

B. Uraian Materi 

Pengertian konsinyasi 

Sistem penjualan konsinyasi banyak disukai oleh pedagang pemula, karena sangat bermanfaat khususnya bagi mereka yang masih belum berpengalaman untuk menghadapi konsumen secara langsung. Konsinyasi adalah sistem penjualan dengan cara titip jual dari pemilik produk sebagai supplier, kepada penjual atau pemilik toko dengan beberapa syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama. 

Dengan sistem konsinyasi pemilik produk tidak langsung menerima pembayaran dari toko melainkan namun secara sementara hanya menitipkan produk mereka, jika kemudian ada konsumen yang membeli produknya maka baru pembayaran dilakukan sejumlah banyaknya produk yang terjual. 
Sistem penjualan Konsinyasi adalah salah satu sistem transaksi penjualan dimana terdapat suatu perjanjian antara kedua belah pihak yang berisi penyerahan barang (produk) dari pihak pertama (pemilik barang) kepada pihak kedua (pemilik toko) untuk menjualkan kembali kepada konsumen dengan harga dan syarat yang sudah diatur di dalam perjanjian. Dalam perjanjian ini, biasanya pihak kedua (pemilik toko) akan mendapatkan komisi dari pihak pertama (pemilik barang), jika barang/produknya laku terjual. 

Pihak yang menyerahkan barang/produk (pemilik barang) disebut consignor, sementara pihak yang dititipi barang disebut  consignee. Barang (produk) yang dititipkan disebut barang konsinyasi.  
Melihat cara kerja bisnis konsinyasi memang sebenarnya sangat mirip dengan sistem dropshipping yang cukup populer di Indonesia. Namun, apa yang membedakan kedua jenis sistem penjualan tersebut dan kenapa konsinyasi dianggap lebih menguntungkan dan aman bagi mereka yang baru ingin memulai usaha? Karena sistem konsinyasi memberikan dampak keuntungan dari kedua belah pihak, pihak yang menitipkan tidak memerlukan biaya sewa tempat untuk menjual produknya sedangkan pihak yang dititipi barang juga tidak perlu modal banyak untuk menambahkan barang dalam tokonya, bahkan pihak took/tempat yang dititipi juga tidak menanggung resiko akan barang yang tidak laku terjual. 

Dalam hal pemasaran/penjualan makanan yang di modifikasi kalian dapat menggunakan sistem konsinyasi ini, akan tetapi dalam usaha berjenis makanan, kalian harus memperhatikan masa kadaluarsa/expire dari produk yang kalian jual.  Ketika memulai bisnis konsinyasi, sebaiknya jangan menitipkan kue/jajanan pasar terlalu banyak. Karena mengingat kue/jajanan pasar tidak dapat bertahan lama atau cepat basi. Jadi, kalian perlu melakukan tes pasar terlebih dahulu, apakah penjualan dapat berjalan bagus atau tidak. Jika penjualan dapat berjalan bagus kalian dapat meningkatkannya secara bertahap, setelah itu kalian dapat melakukan  pembuatan variasi kue/jajanan pasar setiap hari atau minggunya, agar konsumen/pembeli tidak merasa bosan dan memiliki beragam pilihan. 

C. Rangkuman 

  1. Konsinyasi adalah sistem penjualan dengan cara titip jual dari pemilik produk sebagai supplier, kepada penjual atau pemilik toko dengan beberapa syarat dan ketentuan yang telah di sepakati bersama. 
  2. Sistem penjualan konsinyasi adalah salah satu sistem transaksi penjualan dimana terdapat suatu perjanjian antara kedua belah pihak yang berisi penyerahan barang (produk) dari pihak pertama (pemilik barang) kepada pihak kedua (pemilik toko) untuk menjualkan kembali kepada konsumen dengan harga dan syarat yang sudah diatur di dalam perjanjian. 
  3. Pihak yang menyerahkan barang/produk (pemilik barang) disebut consignor, sementara pihak yang dititipi barang disebut consignee. Dan untuk barang (produk) yang dititipkan disebut barang konsinyasi. 

D. Penugasan Mandiri 

Coba kalian amati  kerajinan yang ada disekitar lingkungan kalian kemudian identifikasi  kemungkinan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan tersebut dapat dipasarkan melalui konsinyasi.   

E. Latihan Soal   

Kerjakan latihan soal di bawah ini secara lengkap meliputi  jawaban dan pembahasan. 
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan konsinyasi! 
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem penjualan konsinyasi! 
  3. Apa yang dimaksud dengan consignor! 
  4. Apa yang dimaksud dengan cogsisnee! 
  5. Apakah kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan dapat dipasarkan dengan konsinyasi?  Mengapa?
Pembahasan Latihan Soal 
 
  1. Konsinyasi merupakan kegiatan menitipkan produk ke took. 
  2. Sistem Konsinyasi adalah sebuah sistem penjualan produk dimana produsen menitipkan barangnya kepada took/tempat penjualan dengan pembagian keuntungan yang telah disepakati. 
  3. Consignee adalah Penerima produk dalam sistem penjualan konsinyasi. 
  4. Cogsignor adalah Pemilik produk dalam sistem penjualan konsinyasi. 
  5. Semua jenis usaha penjualan dalam bentuk produk dapat menggunakan sistem penjualan konsinyasi, karena sistem penjualan konsinyasi adalah sistem penjualan dengan pola menitipkan barang, ini mungkin tidak dapat berlaku maksimal dalam jenis usaha dalam bentuk jasa, walaupun dalam prakteknya tetap dapat dilakukan seperti mekanik yang bekerja dalam sebuah bengkel namun pengupahannya bergantung pada jumlah pekerjaan yang dia lakukan. 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda (√) pada kolom dibawah Ini! 

 
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanyaMateri Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian dan Sistem Penjualan Konsinyasi  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh penjualan konsinyasi
    • sistem penjualan konsinyasi adalah
    • kelebihan dan kekurangan konsinyasi
    • karakteristik penjualan konsinyasi
    • peluang konsinyasi adalah
    • proses konsinyasi
    • perjanjian konsinyasi
    • hak dan kewajiban consignee dalam konsinyasi
    Post a Comment

    Post a Comment