ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Meliputi Ide dan Peluang Usaha, Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Abad 21 merupakan abad yang penuh dengan persaingan, baik berupa perdagangan maupun teknologi, setiap orang berlomba untuk menciptakan produk yang canggih dan bermanfaat, oleh karena itu diperlukan kreatifitas dan inovasi yang tinggi, produk kerajina sudah mulai banyak dikenal oleh internasional bahwan sudah banyak wirausahawan yang memasarkan produk kerajinannya ke berbagai mancanegara.  

Modul pembelajaran ini akan mempelajari mengenai perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global. Ayo Kalian pasti mampu bersaing dan memiliki kreatifitas dan inovasi yang baik. 

Selamat mempelajari dengan semangat! 

Istilah

  • Bagan : Gambar rancangan, skema; diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok. 
  • Fluktuasi : Gejala yang menunjukkan turun-naik nya harga; keadaan turun naiknya harga dan sebagainya 
  • kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan 
  • Riset : Pengamatan atau penelitian 
  • strenght : Kekuatan produk 
  • weeknws : Kelemahan produk 
  • Opportunity : Peluang suatu produk 
  • Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk 
  • modifikasi : Cara merubang produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik 
  • Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk 
  • Analisis : Proses pemecahan suatu masalah 
  • Perencanaan  : Proses  
  • Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk 
  • Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda 
  • Inovatif : Memulai sesuatu yang baru 
  • Ide : Gagasan 
  • Peluang : Kesempatan 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah memperlajari materi ini diharapkan kalian dapat : 
  1. Menjelaskan pengertian pasar global. 
  2. Menjelaskan pengertian kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan. 
  3. Mengidentifikasi kerajinan berdasarkan kebutukan dan keinginan. 

B. Uraian Materi 

Untuk dapat berkecimpung di dalam pasar global maka kalian harus paham mengenai pasar global tersebut, karena dengan adanya pasar global maka pemasaran menjadi  bebas,  Pasar bebas merupakan salah satu bentuk pasar yang dimana segala bentuk kebijakan baik harga atau yang lainnya tidak ada patokan atau paksaan dari pihak lain atau pemerintah. sesuai dengan namanya bebas, jadi semua pihak memiliki kebebasan dalam beraktivitas maupun menetapkan sebuah kebijkan dan yang lainnya. oleh karena itu pasar global dapat diartikan sebagai pasar internasional. 

Adapun tujuan utama pemasaran global adalah : 
  1. Meningkatkan potensi laba perusahaan. 
  2. Dalam teori ekonomi mikro, laba atau keuntungan, adalah kompensasi atau resiko yang ditanggung oleh perusahaan. Makin besar resiko yang ditanggung oleh suatu perusahaan maka semakin banyak pula laba yang diperoleh. Menurut Dominick Salvatore, keuntungan merupakan penerimaan total dikurangi biaya total. 
  3. Meningkatkan pertumbuhan/ekspansi. 
Tujuan meningkatkan pertumbuhan ekspansi sangat berpengaruh pada perusahan antara lain: 
  1. Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan yang cepat, baik ukuran, pasar saham, maupun diversifikasi usaha dapat melakukan merger maupun akuisisi. Perusahaan tidak memiliki risiko adanya produk baru. 
  2. Menjaga kelangsungan hidup perusahaan dari ancaman pesaing potensial yang berasal dari berbagai dunia. 
Ada beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dalam pemasaran global: 
  1. Penghematan biaya produksi 
  2. Merupakan keleluasaan pemidahan produksi ke negara lain. 
  3. Tingkat kualitas produk semakin baik dan tinggi 
  4. Meningkatkan kualitas produksi sehingga terciptanya jumlah konsumen 
  5. Konsumen semankin meningkat 
  6. Ketersediaan kebutuhan konsumen secara global meningkat 
  7. Peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi kompetitor 
  8. Semakin besar pangsa pasar, maka semakin besar pula pesaing 
Salah satu cara pemasarannya adalah dengan membawa cita rasa lokal kedalam 
menu makanan nya.
Sumber :  
https://www.kompasiana.com

Ciri –ciri perusahaan global, yaitu :  
  1. Memiliki wilayah pemasaran yang lebih luas. 
  2. Menggunakan dasar strategi pemasaran dan fungsi-fungsi manajemen pemasaran yang lebih kompleks.  
  3. Menggunakan standarisasi global untuk produk-produk yang dihasilkan. 
  4. Fokus pada sumber daya (manusia, uang dan asset fisik). 
Syarat wirausaha dapat bersaing di Pasar Global sebagai berikut : 
  1. Quality.  Penilaian terhadap produk yang bebas dari kesalahan produksi dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh Pelanggan (customer). Oleh karena itu organisasi/ perusahaan perlu mengenal konsumen atau pelanggannya dan mengetahui kebutuhan dan keinginannya. 
  2. Cost. Biaya-biaya yang timbul dalam penanganan masalah kualitas (Mutu), baik dalam rangka meningkatkan Kualitas maupun biaya yang timbul akibat Kualitas yang buruk (Cost of Poor Quality). 
  3. Delivery. Ketepatan waktu dalam pengiriman hasil produksi kita. Di Zaman sekarang, kecepatan dalam pengiriman dapat menentukan keberhasilan suatu produk. Kesabaran tunggu pelanggan sangat terbatas, karena produk yang kita hasil belum tentu merupakan satu-satunya di dunia. 
  4. Safety. Perkembangan perusahaan dan industri mempunyai korelasi dengan pekerja, Banyak Industri yang prosesnya berdampak negatif terhadap keselamatan dan kesehatan pekerjanya seperti industri bahan kimia. Hal tersebut dapat berpengaruh pada meningkatnya biaya pekerja dan berpengaruh pada citra. Sejalan dengan hal ini maka industri-industri yang berdampak bagi pekerjanya harus mengelola lingkungan kerja nya agar dapat menurunkan dampak. 
  5. People. Layanan kita terhadap permintaan-permintaan pelanggan dengan respon yang cepat. Semua orang berharap dilayani dengan cepat agar kebutuhannya dapat dipenuhi dengan segera dan keluhan-keluhannya dapat ditangani dengan segera. 
Kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupan sehari-sehari. Sedangkan keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap barang ataupun jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. 

Coba kalian perhatikan tabel dibawah 
Disajikan Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan 

Berdasarkan tabel di atas, secara sederhana dapat kita simpulkan, jika kebutuhan adalah sesuatu yang harus dimiliki manusia karena tingkat keperluan atau urgensinya yang tinggi. Jika seseorang memiliki kebutuhan terhadap barang atau jasa, biasanya hal paling penting yang menjadi pertimbangan adalah manfaat yang dapat diambil dari barang atau jasa tersebut beserta fungsinya. 

Keinginan berada di sisi lain, biasanya bersifat subjektif, tidak terlalu berpengaruh pada kelangsungan hidup seseorang. Pemenuhan terhadap ‘keinginan’ biasanya bersifat kepuasan semata dan cenderung menyesuaikan terhadap selera individu. Keinginan bisa bersifat positif jika pemenuhannya memberi nilai tambah atau memberi dukungan terhadap pemenuhan kebutuhan yang telah tercapai. 

Sumber :  https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-kebutuhan-keinginan-danperbedaannya/ 

Perencanaan kerajinan harus sesuai dengan keinginan pasar global agar barang yg di buat dapat menarik perhatian konsumen agar dapat menjadi produk saingan di pasar dan di belih oleh konsumen.. Contohnya kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan adalah 
  1. Produk kerajinan dari bahan limbah akar kayu jati dari Situbondo, Jawa Timur yang berhasil menembus pasar ekspor terutama Prancis dan Jepang 
  2. Sepatu Tegep Boots dari Bandung sudah berhasil diekspor ke berbagai negara seperti Australia hingga Jerman. 
  3. Produk kain kerajinan tenun lidi dari Ciamis diekspor ke Belanda. Sumber : https://brainly.co.id/ 

C. Rangkuman 

  1. Produsen harus mampu mengambil kebijakan-kebijakan atau langkah dalam menarik minat konsumen melalui media. Hal ini karena media pada era saat ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat beli konsumen terhadap suatu produk atau jasa. 
  2. Wirausaha mempersiapkan diri untuk dapat masuk ke pasar global dengan memenuhi syarat quality, cost, safety dan people. 
  3. Wirausahawan harus fokus terhadap usaha dan produknya agar memenuhi standar . 
  4. Kerajinan kebutuhan adalah produk yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan sehari hari sedangan produk keinginan adalah produk yang tidak mengikat untuk kehidupan sehari-hari. 

D. Penugasan Mandiri 

Coba kalian cari refensi produk kerajinan disekitarmu kemudian kalian klasifikasikan produk tersebut berdasarkan kebutuhan dan keinginan, 

E. Latihan Soal 

Jawablah pertanyaan dibawah ini ! 
  1. Jelaskan pengertian pasar global ! 
  2. Sebutkan ciri-ciri wirausaha  global ! 
  3. Sebutkan manfaat wirausaha yang memasuki pasar global! 
  4. Jelaskan perbedaan  kebutuhan dan keinginan! 
  5. Sebutkan kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan! 

F. Penilaian Diri 

Berilah tanda (√) pada kolom dibawah ini! 


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional Meliputi Ide dan Peluang Usaha, Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengertian Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Fungsional File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh perencanaan usaha pengolahan makanan
    • contoh makanan fungsional
    • konsep makanan fungsional
    • karakteristik makanan fungsional
    • pengertian pengolahan bahan pangan
    • memulai usaha dibidang makanan fungsional dilakukan analisis terhadap produk tersebut
    • luna melakukan riset pasar mengenai makanan fungsional
    • rinto seorang wirausahawan sukses dibidang kuliner
    Post a Comment

    Post a Comment