ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Luar Biasa pendakian Gunung Lawu yang Memiliki keindahan menakjubkan

Diatas puncak gunung lawu

Keindahan Gunung Lawu Emang perlu di acungi Jempol. Disini penulis akan menceritakan Sebuah perjalan Penulis dan teman-teman Mendaki gunung lawu. mulai dari awal hingga akhir yaitu pulang. hahaha, sebelumnya penulis akan menceritakan tentang gunung lawu dan lokasi gunung lawu tersebut. :D

1. Seputar Gunung Lawu

Gunung lawu, itulah namanya. Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous. Gunung Lawu adalah sumber inspirasi dari nama kereta api Argo Lawu, kereta api eksekutif yang melayani Solo Balapan-Gambir.
Eksis dulu di belakang gunung lawu

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.

2. Keberangkatan dari Yogyakarta
Keberangkatan kami Dari jogja ke gunung lawu, sebelumnya kami mempersiapkan persiapan 2 minggu sebelum keberangkatan, kami Brangkat dari Jogja - Klaten - Solo - Karangnyer - Wonogiri Dan sampai di Basecamp. Ternyata di gunung lawu ada 2 jalur pendakian yaitu Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Untuk memulai awal keberangkatan kami melalui Basecamp Cemorosewu di Sarangan Jawa timur.

Sunset Gunung lawu

3.Memulai Pendakian kepuncak Gunung Lawu
Saatnya untuk memulai Pendakian gunung lawu, kami istirahat sejenak untuk makan di warung dekat basecamp gunung lawu. Isi perut yang keroncongan hehehe... Sekitar Setengah 6 kami mulai untuk berangkat ke gunung lawu. Dengan persiapan Berdoa akhirnya kami bergegas menuju puncak gunung lawu.
Dalam perjalanan menuju puncak kami berhenti di Pos pertama untuk melaksanakan kewajiban Shalat  Magrib dan Isya secara bergantian. 2 Ronde karena jumlah pendakian kami sekitar 8 orang.
Bunga Adelwes
Sekitar beberapa jam kemudian kami istirahat untuk memulai pasang tenda karena gunung lawu tidak memiliki Sabana yaitu tanah yang lapang. kami akhirnya membuat tenda biasa.

4. Istirahat Didalam Tenda

Istirahat di tenda karena semakin malam dengan mendekati subuh semakin dingin saja sekitar 9-14 derajat celcius. Penulis sendiri tidak bisa tidur karena dingin sekali. mencoba untuk mencari yang hangat-hangat , sekitar pukul 2 penulis membuat makanan yaitu POP Mie. akhirnya terasa hangat juga.. hehehe.. setelah itu penulis juga tidak bisa tidur. karena waktu pendakian ke puncak sudah dekat. akhirnya penulis membangunkan teman-teman yang tidur. ( dalam hati, kok mereka bisa yaah tidur dingin hingga ketulang ini?) hehehe.

5. Berangkat menuju puncak Gunung Lawu

Sekitar pukul setengah 4 kami memulai untuk  mendaki puncak yang ditunggu-tunggu. Jalan perjalanan kami sempat tersesat karena tidak tau arah dan kehilangan arah, kami mencoba mencari solusi bagaimana bisa menemukan arah yang sebenarnya. ketika mencari kesana kemari akhirnya kami menemukan arah yang sebenarnya.

Ditugu Gunung lawu

6. Ahkirnya sampai juga di Tugu Puncak Lawu
Dengan kebanggaan yang tiada tara, kami pun sudah menginjakan kaki kami di tugu lawu sebagai target puncaknya gunung lawu. Sesampai tugu kami harus mengambil bebapa Phoro agar tidak ketinggalan momen sunset pagi ini. hehehe.

Puncak tertinggi

7. Puncak tertinggi Lawu yaitu puncak Hargo Dumilah, :D
Akhiranya bisa memegang bendera di puncak tertinggi Lawu yaitu puncak Hargo Dumilah, :D Alhamdulillah, kami istirahat bebapa jam di puncak gunung lawu. di gunung lawu ternyata ada orang yang berjualan. waahh gak kefikiran juga yaah, kok masih ada orang yang berjualan di puncak ini. Padahal tinggi sekali, heheh, uniknya kan.

8. Keberangkatan pulang
Keberangkatan pulang kami melewati Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah jalannya itu memutar-mutar seperti usus, hehehe, lebih jauh dari Cemorosewu, di Sarangan, tapi gpp yang penting udahnya di target.

Terima kasih udah membaca Luar Biasa pendakian Gunung Lawu yang Memiliki keindahan yang menakjubkan , jangan lupa baca juga Traveling Ke Candi Sambisari, Unik Dan Layak Untuk Di Kunjungi.