Manfaat renang bagi kesehatan lengkap

 renang

Haloo gan?? Disini penulis akan membagikan ilmu tentang Manfaat renang bagi kesehatan lengkap. Pernahkah agan-agan berenang? Berenang merupakan olehraga yang  jarang sekali orang lain bisa, karena perlu kegiatan rutin untuk melakukan olahraga ini. olahraga ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. karena apa yang kita lakukan dalam renang maka semua otot didalam tubuh kita akan bekerja secara keseluruhan. ini yang membuat semua orang harus melakukan latihan rutin, agar bisa mengimbangi tubuh kita di dalam air. 

Menurut sejarah renang, Renang dilombakan pertama kali di Eropa pada tahun 1800. Sebagian besar perlombaan ini gaya yang pertama kali adalah menggunakan gaya dada.

 renang
Sahabat bukan.info disini penulis akan membagikan beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh, sebelumnya Penulis pernah mengikuti lomba dalam perlombaan renang tingkat Provinsi. Alhamdulillah penulis pernah menjadi pemenang. untuk itu penulis akan memberikan apa sih manfaat renang bagi kesehatan? naah nanti dibawah ini penulis akan mengulas semuanya.

  1. Membentuk otot. Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus "melawan" massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
  2. Membantu mengencangkan otot-otot yang kendur. Gerakan renang yang benar akan membantu Anda mengencangkan otot-otot tubuh Anda yang kendur. Otot-otot di bagian lengan, payudara, perut, paha, dan betis, akan menjadi lebih kencang dan badan menjadi lebih liat.
  3. Melangsingkan tubuh. Wanita-wanita dengan kelebihan berat badan biasanya menggunakan renang sebagai salah satu terapi rutin untuk membantu membakar lemak, selain senam. Ini dapat berlaku sebaliknya, bagi wanita yang terlampau kurus, renang juga bisa menjadi terapi untuk menaikkan berat badan.
  4. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru. Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
  5. Menambah tinggi badan. Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
  6. Melatih pernafasan. Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
  7. Membakar kalori lebih banyak. Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
  8. Self safety. Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut, dll).
  9. Merefreshkan pikiran dan menghilangkan stress. Anda mungkin lelah, capek, stress dengan semua pekerjaan Anda yang memforsir tenaga dan pikiran Anda. Nah, masuk ke dalam air akan membantu Anda merilekskan badan, merefreshkan pikiran Anda. Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.
  10. Memperlancar aliran darah bagi ibu hamil. Bagi ibu hamil, kegiatan berenang dapat membantu memperlancar aliran darah ibu kepada janinnya dan membantu menguatkan otot-otot. Juga dapat membantu pernapasan. Jadi, ketika persalinan, akan lebih mudah bagi ibu hamil untuk mengatur pernafasannya.
  11. Manfaat psikologis tambahan, melatih pengaturan waktu, mengembangkan jiwa spotif, dan meningkatkan rasa kepercayaan diri.


     Semoga dengan tulisan ini, Sahabat bukan.info mendapatkan manfaat dalam olahraga renang. serta bertambahnya pengetahuan tentang renang. baca juga Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih Bagi Kesehatan Serta Asal - Usulnya . Terima kasi sahabat. :D