Mengupas tuntas Sosmed livoop Full edit dari CMS Jcow

Sumbangan teknologi informasi digital kepada dunia adalah kemudahan kita untuk menyalin serta merubah informasi. Komputer menjanjikan untuk memudahkan hal tersebut untuk kita semua. Dalam sejarahnya, pertama kali program komputer dikembangkan adalah dengan budaya gotong royong. Program komputer tidak hanya diciptakan dan dikembangkan oleh satu perusahaan atau satu pencipta saja. Tetapi ada kerja sama dari berbagai perusahaan dan kampus-kampus. Unix adalah program komputer pertama yang dibuat oleh perusahaan AT&T, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi di Amerika.
Dewasa ini perkembangan software telah terjadi begitu pesatnya. Hal ini tidak lepas dari kemampuan komputasi dari hardware yang telah juga meningkat dengan pesat, dan perkembangan ilmu tentang komputer itu sendiri yang seakan tidak ada habisnya untuk dipelajari dan dikembangkan. Akibat dari perkembangan yang sangat pesat tersebut, pengguna menjadi sangat bebas untuk memilih paket software yang mereka butuhkan demi mencapai tujuan kerja, ataupun mengimplementasikan sistem informasi dari software yang telah mereka punyai. Pada gilirannya, perkembangan software kemudian terpecah menjadi dua kubu, yaitu propietary software (berbayar), dan open source software (sumber terbuka). Kedua alternatif tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, yang tentu pada gilirannya akan menjadi pertimbangan pengguna untuk memilih jenis software yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


1.      Aplikasi yang digunakan
a.      Linux/Windows
Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Kelompok kita menggunakan linux 13 karena bersifat open source.
b.      Xampp (Lampp)
XAMPP adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk membuat website yang dinamis. XAMPP sendiri mendukung dua system operasi yaitu windows dan Linux. Untuk linux dalam proses penginstalannya menggunakan command line sedangkan untuk windows dalam proses penginstalannya menggunakan interface grafis sehingga lebih mudah dalam penggunaaan XAMPP di Windows di banding dengan Linux. Namun setelah di instal di linux nama Xammp menljadi “Lampp”. Kita menggunakan Lampp karena fiturnya lebih unggul dibandingkan dengan server database yang lain.
c.       Cms
CMS kepanjangan dari Content Management System. CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
Dalam tugas ini kami menggunakan cms Jcow seri 4.1.3. Cms ini merupakan aplikasi yang menghubungkan orang-orang untuk saling berkomunikasi. Seperti facebook dan twitter. Kita menggunakan Jcow karena aplikasinya termasuk yang paling ringan dari jenis cms yang lain yaitu berukuran kurang dari 1Mb. Jcow ini mempunyai kecepatan lebih dari yang lain. Kami menggunakan Jcow versi gratis yang bisa digunakan semua orang.
d.      Google chrome
Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKitKami menggunakan google chrome karena lebih ringan dan lebih cepat dari browser yang lain.
Ini merupakan hasil dari kretifitas kami untuk Mengupas tuntas Sosmed livoop Full edit dari CMS Jcow
1.      Perancangan
Dalam perancangan website kelompok kami, terdapat beberapa perubahan yang dilakukan. Warna tampilan pada Jcow awal berwarna biru, lalu kita merubahnya menjadi dominan warna merah. Selain warna kita juga merubah logo, melakukan perubahan penambahan dan pengurangan pada aplikasi Jcow, diantaranya:
1.      Pada bagian Home
Pada tampilan diatas, tampilannya sangat sederhana, tidak terlalu menarik, dan warnanya kurang menarik (biru dan putih). Disini terdapat menu-menu yang terlalu banyak dan tampilannya kurang rapi.


Gambar di atas merupakan tampilan home sebelum dirubah dan detelah dirubah yang perbedaannya sangat mencolok. Warna dan background pada tampilan yang baru dirubah agar lebih hidup. Disini kita malakukan pengurangan pada tampilan menu-menu agar terlihat lebih simple dan mudah digunakan. Seangkan dalam segi penambahan, kita menambahkan keterangan tentang livoop.com dan gambar pengguna yang baru saja login.
2.      tampilan pendaftaran
Pada tampilan ini hanya terdapat kotak email, nama, password dank ode verifikasi.


Pada tampilan ini kita melakukan perubahan dan penambahan. Disini kita nenambahkan kotak nama lengkap, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Tata letaknya hamper sama dengan tampilan home. Di halaman ini juga terdapat menu iklan, mengkoneknkan ke facebook dan daftar orang yang baru saja mendaftar.
3.      Beranda
Pada tampilan beranda ini, terdapat kolom untuk melihat orang-orang yang telah kita ikuti. Selain itu terdapat kolom yang dapat digunakan untuk melihat orang-orang yang telah kita mentions, likes, dan orang-orang dalam group yang kita ikuti. 
Sedangkan perubahan dan penambahan yang akan kelompok kami lakukan yaitu menambahkan tampilan foto yang baru saja diunggah/diupload. Pada tampilan beranda ini kami juga menambahkan lambang Livoop.com yang sebelumnya merupakan lambang “Jcow”. Selain itu, ada penambahan kolom untuk mengelikes dan mengomentari apa-apa saja yang baru kita unggah. Di halaman ini juga terdapat keterangan mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang pernah kita gunakan atau mainkan.
4.      Wall


Pada tampilan wall awal hanya menampilkan beberapa informasi diantaranya orang-orang yang diikuti, pesan, penambahan teman, pilihan untuk perubahan profil, dan kolom untuk mengatur pengguna yang keterangan semua itu letaknya dibagian bawah sebelah kiri.


Penambahan dan perubahan yang dilakukan pada halaman ini yaitu merubah posisi letak keterangan perpesanan, penambahan teman, dan perubahan profil menjadi disebelah atas dari tampilan halaman wall/dinding ini. Selain itu terdapat tampilan yang menampilkan apa-apa saja perubahan yang telah kita lakukan seperti merubah foto profil, mengunggah foto, dan menambah setatus baru.



5.      Akun
Halaman akun ini memrupakan halaman untuk mengatur identitas dari akun kita. Berisi kolom informasi mengenai nama pengguna yang akan digunakan dalam akun ini. Selain itu terdapat keterangan jenis kelamin, tanggal dantahun lahir, keterangan dari daerah mana kita berasal, dan yang terakhir kolom mengenai informasi tambahan mengenai diri kita. Sementara kolom menu terletak disebah atas yang terdiri dari my informasi, avatar, privacy, dan password.


Penambahan dan perubahan yang dilakukan yaitu mengatur tata letak tampilan yang terlihat menjadi lebih menarik dan memudahkan pengguna. Meskipun kolom-kolom informasi yang ada tidak berbeda jauh, penambahan yang dilakukan yaitu menambah kolom informasi dikota mana sekarang kita tinggal. Dihalam ini juga ditambahkan bayak menu-menu yang letaknya disebelah kiri diantaranya menu pengaturan akun, menu untuk mengahubungan, menu untuk mengatur privasi, menu untuk mengelola iklan, dan  halaman forum.
6.      PencarianTeman
Pada tampilan awal Jcow, halaman pencarian teman dilakukan dengan adanya beberapa kolom pilihan yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil lebih spesifik dalam proses pencarian teman, seperti batasan umur teman yang akan dicari, jenis kelamin, dan lokasi. 


Sedangkan perubahan dan penambahan yang kami lakukan yaitu dengan menghilangkan kolom kriteria batasan teman yang hendak dicari/ditemukan. Kita membuat pencarian teman menjadi step per step, dimana step awal yaitu pencarian teman, selanjutnya penambahan teman, dan yang terakhir yaitu mengundang orang/meminta pertemanan. Halaman yang kami rubah ini menghasilkan tampilan yang lebih simple namun mudah dalam penggunaannya.
7.      Album foto
Pada tampilan album foto ini masuk ke dalam menu image. Keterangan album terdapat pada samping kiri foto yang di upload, lalu di bawahnya terdapat keterangan waktu foto tersebut di upload. Foto dapat di bagikan ke twitter, facebook, dig, dan channelor. 


Di tampilan yang baru ini kita selain merubah warna background juga merubah tata letak nemu. Disini kita menghilangkan menu video yang pada awalnya terdapat di bawah foto dan channelor.  Keterangan foto kita rubah menjadi di bawah foto. Kita meletekkan menu “jempol” untuk menyukai foto dan meletakkan kotak komen di bawah nemu jempol.
8.      Kelola Admin
Pada kelola admin terdapat kotak perintah dan di bawahnya berdapat data mengenai member yang bergabung dalam web ini. Lalu di bawahnya  berisi menu-menu untuk mengatur web tersebut yaitu site contiguration, modules, menu, themes, member fields, members, user roles, text, translate user permissions, stream monitor, cache controller, ad blocks. 


Di halaman ini kami melakukan perubahan pada tata lewat dan isi halaman. Kami penghilangkan kotak perintah dan data member yang telah bergabung. Lalu di sebelah kiri kami menambahkan icon-icon yang sama dengan yang ada pada tengah halaman. Pada icon ini kami menambahkan icon “daftar hitam”. Lalu di bawahnya kami juga menambahan beberapa “tools”.
9.      Teman
Pada tampilan ini hanya bersifat polos tanpa ada keterangan apa-apa. mungkin karena teman-teman pada kosong


Pada tampilan yang baru ini kita menambahkan “gambar” dan “daftar pertemanan”. Disebelah sisi kiri kami menampilkan foto profil si pemilik akun. Lalu di samping kanannya kami menambahkan daftar pertemanannya dan menu pesan dengan identitas nama, jenis kelamin, dan asal.
10.      Ganti foto profil
Pada tampilan ini yaitu ganti foto profil masuk kedalam menu avatar. Terdapat tida menu yaitu choose file (untuk memilih foto), save (untuk menyimpan pergantian foto), skip (untuk melewati atau membetalkan). Dalam hasilnya nanti foto yang ditampilkan bersifat seperti aslinya (tidak bisa di fokuskan atau di potong).


Ditampilan yang baru ini mengganti foto profil masuk ke dalam menu “Photo Profile” yang terdapat pada bagian sisi kiri halaman. Di sini kita melakukan perubahan pada tampilan tata letak dan menambahkan menu-menu yang akan mendukung dalam meningkatkan kualitas foto profil. Di bagian atas terdapat menu “choose foto” (untuk memilih foto yang akan di ungah), lalu di sebelah kirinya terdapat “kotak” yang nantinya akan menampilkan semetara foto yang telah dipilih. Untuk lebih memfokuskan lagi, kita menambahkan menu “update thumbnail”. Menu ini digunakan untuk memotong foto agar foto profil yang nantinya akan ditampilkan kebih focus.
Lalu di bagian bawah halaman, kita manmbahkan menu membuat foto profil lewat kamera “langsung” dari laptop atau hp kita. Jadi kita tidak memilih foto terlebih dahulu.
Hanya ini yang dapat bukan.info berikan, tunggu dan jangan lupa mampir lagi, karena bukan.info akan memberi semua trik tips jcow yang ada di livoop.com