10 Cara yang Bisa Kamu lakukan untuk Merawat Buku - bukan.info

Dunia praktisi, akademisi, dan lain sebagainya tidak bisa terlepas dengan benda yang memberikan berbagai macam informasi di dalamnya, sebut saja dengan buku. Anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun banyak yang mengisi hari-harinya dengan buku. Sebagai salah satu bahan referensi, buku dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting dan bermakna. Nah, kamu punya banyak buku dirumah ? tau kah kamu cara untuk merawat buku mu agar tidak rusak?



1. Memberi Sampul pada Buku

beri sampul pada buku
image source ranadikadayaekora.blogspot.com
Bagi kebanyakan orang, sampul dianggap sebagai suatu hal yang sangat sepele, padahal sampul memiliki banyak kegunaan dan manfaat yang sangat penting, yaitu untuk membuat buku menjadi rapi, melindungi buku dari tumpahan air, dan pastinya membuat buku kamu menjadi lebih aman.


2. Jangan Melipat Bagian Pada Buku

melipat bagian buku
image source dewiyan.wordpress.com
Ketika kamu membaca buku, jangan melipat bagian pada buku yang kamu baca untuk tanda, karena buku yang  dilipat akan mudah sobek. Lebih baik kamu memberi tanda pada bagian bukumu dengan sebuah benda, misal selembar kertas yang diselipkan pada bagian buku tersebut.


3. Jangan Makan ketika Kamu Membaca Buku


makan sambil membaca buku
image sourcewww.sofasandstuff.com

Makanan maupun cemilan memang sangat pas jika dijadikan sebagai pelengkap untuk mengisi waktu luangmu. Namun alangkah baiknya kalau kamu tidak makan sambil baca buku. Ketika kamu makan sambil baca buku maka serbuk-serbuk yang berasal dari makanan akan jatuh pada bagian buku yang sedang kamu baca, sehingga bukumu tidak akan bertahan lama akibat yang ditimbulkan dari makanan tersebut.


4.  Letakkan Buku didalam Rak

buku di dalam rak
image source gambarrumahideal.blogspot.com

Rak dapat dijadikan sebagai alat untuk menata buku agar terlihat rapi dan bersih. namun taukah kamu cara meletakkan Buku didalam Rak?
Buku yang kamu letakkan didalam rak jangan terlalu dekat dengan permukaan tanah, beri jarak sekitar 5-10 cm  antara rak dengan permukaan tanah, supaya bukumu tidak lembab dan berjamur.


5. Mengatur Suhu dan Kelembaban

mengatur suhu dan kelembaban
image source downloadsoal.gratis138.com

Suhu dan kelembaban ruangan yang kamu gunakan untuk menata buku harus diatur. Kamu harus menerapkan kondisi yang sesuai untuk menyimpan koleksi dengan suhu sekitar 16 derajat celcius sampai 20 derajat celcius dan kelembaban sekitar 40 sampai 60 % Rh.


6. Mengatur Pencahayaan.

atur pencahayaan
image source pixabay.com

Tingkat pencahayaan juga berpengaruh terhadap awetnya sebuah buku. Kamu dapat mengatur juga tingkat pencahayaan agar buku tidak terkena cahaya yang berlebihan. Jangan letakkan buku pada tempat yang terkena sinar matahari langsung dan hindarkan buku dari sinar ultraviolet agar buku tidak berubah warna.


7. Lindungi Buku dari Debu

membersihkan buku
image source www.gemalaananda.sch.id

Jika kamu ingin membaca buku dengan nyaman dan terhindar dari flu, maka jangan lupa untuk selalu membersihkan buku dari debu. selain buku yang harus kamu bersihkan. ruangan dan tempat juga perlu kamu bersihkan supaya ruangan terhindar dari debu dan kotoran.


8. Kamu dapat Menata Buku Sesuai dengan Warna

menata buku sesuai warna
image source villarumahbali.com

Berbagai cara dapat kamu lakukan untuk menata buku mu agar menarik dan tidak membosankan, salah satunya dengan menata buku di dalam rak sesuai dengan warna buku. Karena dengan penataan ini kamu akan lebih mudah menemukan buku yang sedang dicari.


9. Berilah Catatan pada Buku

memberi catatan
image source rousyan.wordpress.com

Walaupun cara ini  tidak terlalu menarik, namun ini dapat membantu untuk mencegah buku dari kerusakan. Dengan memberi catatan atau syarat pada halaman buku, maka ketika teman atau saudaramu meminjam buku, dia akan memperhatikan dan  melakukan beberapa catatan yang telah kamu tuliskan.


10.Jangan Biarkan Buku Berserakan

buku berserakan
image source wahidxfriendebataskota.blogspot.com

Buku yang sudah lepas dari sampulnya jangan dibiarkan dan dibuang begitu saja, kamu dapat melakukan penataan dan penjilidan ulang pada buku tersebut, sehingga buku tersebut menjadi rapi dan dapat kamu gunakan kembali.

Demikian 10 cara yang harus kamu lakukan untuk merawat buku. Jangan biarkan bukumu rusak hanya karena suatu hal yang sangat sepele, Buku akan memberikan banyak manfaat dalam hidupmu. karena  dengan buku maka kamu akan menhgetahui luasnya ilmu.